mamajokaa food blogger bandung

Resep Brownies Simple Untuk Pemula


Resep Brownies Simple Untuk Pemula
Resep Brownies Simple Untuk Pemula


Waktu masih sekolah di STM dulu, saya pernah berjualan di kelas. Mulai dari gorengan hingga kue brownies buatan sendiri. Lumayanlah uang lebihnya bisa untuk jajan tanpa minta sama ortu. Bikin sendiri? Brownies? Beneran bisa? Ofkors! Dengan resep yang saya minta dari kakak kelas yang punya usaha kue kering, saya membuat brownies dan ternyata enak.

Tapi setelah masuk kuliah lalu masuk dunia kerja, saya tidak pernah lagi membuat brownies. Musim lebaran pun berlalu begitu saja dengan membeli berbagai macam jenis kue kering yang sudah jadi. Masalah waktu selalu menjadi alasannya.

Hingga akhirnya terlupakan bahkan setelah menikah dan memiliki anak. Setelah 12 tahun sejak saya diberi hadiah pernikahan mixer oleh sahabat, akhirnya tahun ini saya mulai membuat kue lagi. Baik kue kering maupun kue bolu.

Kue Brownies menjadi kue pertama yang saya buat. Resep yang saya gunakan bukan resep yang dulu pernah saya gunakan waktu sekolah STM. Karena saya sudah lupa resepnya! Hahahaha.

Jadi saya menggunakan resep membuat kue brownies simple untuk pemula yang saya temukan di channel youtube Chalistaa Kitchen. 


Resep membuat kue brownies simple dari channel Youtube



Resep Brownies Simple Untuk Pemula


Berikut resep brownies yang dapat Mom coba ya. Bahan - bahannya mudah ditemukan di minimarket atau toko kue. Untuk merk bahan-bahan, mom bebas menggunakan merk apa saja ya. Tapi akan lebih baik jika terigu yang digunakan adalah tepung terigu Bogasari, coklat batangan napoli dan mentega blue band. Kalaupun tidak ada, tidak masalah namun memang rasanya akan agak berbeda.

Bahan - Bahan Membuat Kue Brownies Simple

    • 109 gram terigu (10 sdm) merk bebas
    • 35 gram coklat bubuk (4 sdm) , saya menggunakan susu sachet coklat Dancow
    • 50 gram margarin (2 sdm) merk Palmia
    • 150 gram dark coklat batangan
    • 40 ml minyak
    • 2 butir telur utuh
    • 135 gr gula pasir blender (9sdm)
    • Taburan Kacang Almond

    Cara Membuat Brownies Simple untuk Pemula

    1. Siapkan Bahan-bahan
    2. Siapkan loyang kue bolu
    3. Panaskan oven tangkringan kurang lebih 15 menit sebelum digunakan
    4. Aduk hingga rata tepung terigu dan coklat bubuk lalu sisihkan
    5. Lelehkan margarine di atas bowl kaca yang didihkan diatas panci berisi air panas diatas kompor, aduk bersama coklat batangan dan minyak goreng hingga meleleh
    6. Kocok telur dan gula pasir blender hingga larut. Kocokan telur dan gula pasir ditambahkan untuk membuat permukaan atas brownies memiliki lapisan shiny crust yang cantik
    7. Tambahkan lelehan coklat tadi dan kocokan telur serta margarin hingga tercampur rata
    8. Masukan bahan kering terigu dan susu buku tadi, lalu aduk sampai menyatu dan rata serta tidak menggumpal
    9. Jangan menunda adonan terlalu lama karena adonan akan cepat mengeras terutama coklatnya. Oleh sebab itu penting untuk memanaskan oven tangkringan 15 menit sebelum digunakan.
    10. Oleskan margarin di atas loyang dan lapisi dengan kertas roti
    11. Masukan adonan kedalam loyang kue brownies berbentuk persegi panjang ukuran 30 cm hingga rata dan taburkan kacang almond
    12. Masukan loyang di rak tengah dan panggang selama 45 menit, kecilkan api ke sedang cenderung kecil. Setelah matang biakan dingin di atas loyang sebelum pindahkan

    Resep Brownies Simple
    Resep Brownies Simple 


    Kesimpulan

    Bagaimana mom, mudahkan membuat kue brownies? Setelah mencoba membuat kue brownies dengan resep dari channel Youtube Chalista Kitchen, ternyata membuat kue brownies itu mudah sekali. Hanya mencampur dan mengaduk saja tanpa mixer. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue brownies juga tidak lama, hanya 2 jam hingga brownies jadi dan selesai membereskan semua peralatan membuat kue.

    Hasil kue brownies yang dibuat pun enak, empuk, basah di bagian bawah namun kering di bagian atas. Rasa manisnya pun pas. Bagian atasnya terdapat lapisan shiny crust yang cantik ditaburi kacang almond. Kurang dari enam jam, kue brownies perdana buatan saya habis dilahap anak-anak dan paksuami! Hehehe.

    Soal biaya membeli bahan - bahan membuat brownies simple ini cukup terjangkau. Saya hanya mengeluarkan budget sekitar 40 ribu saja dan mendapat brownies enak ukuran 30 cm x 10 cm. Cukup banyak bukan?

    Brownies paling enak di makan sebagai dessert setelah makan chicken teriyaki misalnya, kalau nasi goreng gimana ya? Yah enak-enak ajalah, hihihi


    Si Bungsu suka brownies
    Si Bungsu suka brownies 💓

     
    Memanggang brownies menggunakan oven tangkringan
    Memanggang brownies menggunakan oven tangkringan


    Brownies fresh from the oven
    Brownies simple  fresh from the oven


    Brownies shiny crust
    Brownies simple shiny crust


    Brownies shiny crust simple
    Brownies simple shiny crust simple buatan sendiri 💗

    3 komentar

    1. Awww brownies ini cake favorit ku, jadi ingat dulu aku juga pernah punya usaha brownies bareng teman tapi bentuknya cupcake gitu, karena udah yaa sibuk masing-masing usahanya sudah tidak jalan lagi. Duuuhh, jadi pengen buat sendiri lagi deh di rumah.

      BalasHapus
    2. Brownies bikin sendiri tuuh paling enak. Aku sukanya brownies yg engga terlalu manis. Kalau yg di toko, kayak yg terkenal itu...maniiiss... kurang cocok. Hehe... Bikin aaah...Pas nih di lemari es, ada telur 2 butir...

      BalasHapus
    3. Salah satu cemilan paling enak ini menurutku, kalau di toko kue pasti beli brownies ini. Gak susah-susah banget ya ternyata, coba ah nanti bikin sama istri, hehe

      BalasHapus