mamajokaa food blogger bandung

Resep Strudel Apel Asli dari Wina Yang Wajib Di Coba

resep strudel apel asli
Resep Strudel Apel Asli dari Wina


Strudel Malang merupakan produk Miliki Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar yang melejitkan Strudel hingga menjadi salah satu pastry viral di Indonesia. Strudel pun kian memperoleh singgasana popularitasnya dan tak berhenti hingga saat ini.

Strudel pun muncul di kota lain yang di klaim sebagai oleh - oleh khas kota tersebut, seperti Strudel Jumbo Bogor.

Youtube lantas menjadi media berbagi hasil uji coba resep strudel mulai dari resep strudel apel klasik, strudel coklat, strudel gurih dengan isian daging dan keju.

Namun, seperti apa sih resep Strudel Apel Klasik Asli dari Wina? Untuk itu yuk baca selengkapnya di bawah ini.

Strudel Adalah


Dikenal sebagai Apfelstrudel dalam bahasa Jerman, Strudel terbuat dari adonan tanpa ragi dengan teknik pembuatan adonan mirip adonan martabak yang di putar dan di lempar hingga tipis dan elastis. 

Strudel memiliki filling apel yang dipotong-potong dan ditambahkan bahan lainnya lalu di panggang. Setelah di panggang, Strudel matang lantas ditaburi gula halus, dan ditaburi saus vanila buatan.

Secara teknis, Strudel apel merupakan pastry viral dari Wina namun memiliki sejarah panjang mengenai bagaimana Strudel bisa menjadi pastry khas Wina.

Mengenal Strudel berarti mengenal asal - usulnya dan bagaimana Strudel tercipta hingga menjadi salah satu pastry yang masuk jajaran pastry viral tidak hanya di Indonesia tapi juga dunia.

strudel adalah
Definisi Strudel


Perbedaan Strudel dan Bolen


Strudel dan Bolen jelas sangat jauh berbeda, namun tidak jarang masyarakat memiliki kesan bahwa Strudel dan Bolen sama dikarenakan memiliki persamaan sebagai pastry yang memiliki isian. Padahal, dari segi bahan adonan yang digunakan hingga teknik pelipatan, kedua jenis pastry ini sangat berbeda.

Strudel menggunakan adonan dasar pastry yang tidak menggunakan ragi namun tanpa proses lipatan dan resting yang berkali - kali,hanya satu kali saja selama 3-4 jam atau semalam bahkan 3 hari untuk mendapatkan kulit yang sangat elastis. 

Sementara Bolen, menggunakan adonan Puff Pastry dan mengikuti semua kaidah dan aturan lipatan dan resting adonan pastry.

Apakah Strudel dan Martabak Sama


Jika dilihat dari teksturnya yang teramat tipis, berlayer, crunchy dan memiliki isian bisa jadi keduanya mirip. Namun, Strudel tidak digoreng melainkan dipanggang. Tetapi, kita bisa membuat modifikasi isian strudel dengan menggunakan isian martabak asin yaitu telur dan daging ayam atau sapi.

perbedaan strudel dengan bolen dan martabak
Perbedaan Strudel dengan Bolen dan Martabak


Resep Strudel Apel Asli dari Wina


Dengan banyaknya variasi isian Strudel yang tersedia di toko kue, tentunya kita ingin mengetahui dna mencicipi bagaimana Apfelstrudel (Classic Apple Strudel) yang sesungguhnya bukan?

Berikut saya share resep strudel klasik yang saya sadur dari channel Youtube milik Kristin melalui channel Youtubenya @BakeAcrossEurope dan blog pribadinya di bakeacrosseurope.com.

Siapakah Kristin? Tidak ada data pasti siapakah Kristin, asal negara mana atau apa yang melatarbelakangi beliau membuat aneka resep pastry dari eropa. Namun dari bio di channel Youtubenya, Kristin menyatakan bahwa beliau senang mengeksplorasi kuliner tradisional dari eropa.

Namun, setelah saya bandingkan antara resep Kristin dengan resep Food Blogger asli dari Austria yang lain, tidak jauh berbeda. Hanya takaran bahan saja yang berbeda. Yuk kita coba!

Bahan Adonan Kulit dan Isian Strudel


Bahan Adonan Kulit : 

400 g tepung tepung Cakra Kembar
1 sdt garam
1½ sdm minyak sayur
220 ml air

Bahan Isian : 

1 kg apel asam
100 gr gula pasir
¼ sdt bubuk kayu manis
65 g kismis
90 g mentega tawar
120 g tepung roti
65g kenari cincang halus ( bisa diganti dengan jenis kacang yang lain misal almond atau mete)
30 gr mentega tawar
gula halus, untuk taburan
krim kocok, crème anglaise, atau es krim vanilla

1. Cara Membuat Adonan Kulit Strudel

  • Untuk membuat kulit Strudel, kita bisa menggunakan mixer adonan. Tapi jika tidak ada, kita bisa menguleni menggunakan tangan tapi pastikan menggunakan sarung tangan plastik.
  • Siapkan mangkuk lalu masukan tepung terigu dan garam lalu nyalakan mixer dengan kecepatan rendah dan aduk . Jika menggunakan tangan, cukup diaduk saja.
  • Tambahkan minyak dan air, lalu uleni adonan hingga menyatu dan terlepas dari sisi mangkuk. Pastikan adonan tidak lengket atau kering.
  • Untuk menambah konsistensi, tambahkan air seperlunya
  • Uleni adonan selama 10-15 menit hingga adonan tidak sobek ketika diregangkan
  • Bentuk adonan menjadi bola padat dengan cara mencubit setiap bagian ujungnya lalu tarik dan satukan ke tengah.
  • Masukkan 1 sdt minyak sayur ke dalam mangkuk dan lumuri seluruh permukaan adonan dengan minyak.
  • Tutup adonan dengan bungkus plastik selama 1-4 jam di lemari es. Hal ini dilakukan agar gluten terbentuk dan adonan kuat ketika diregangkan.

resep kulit strudel
Cara membuat kulit Strudel yang renyah dan tipis



2. Menyiapkan Isian

  • Siapkan kismis dan rendam dalam 80ml atau ⅓ cangkir rum (boleh di skip jika ragu dengan nilai kehalalannya ). Sebagai gantinya rendam dalam susu atau air hangat biasa
  • Siapkan tepung roti lalu panggang hingga warna kecoklatan
  • Siapkan apel, bersihkan dan buang bagian tengahnya lalu potong kecil - kecil.
  • Masukan potongan apel ke dalam jus lemon agar apel tidak menghitam karena oksidasi

isian strudel apel
Isian Strudel apel Wina



3. Meregangkan Adonan

  • Letakkan selembar kain bersih di atas meja dapur, lalu taburi dengan tepung ke seluruh permukaan kain.
  • Keluarkan adonan dari lemari es dan mulailah meregangkannya menjadi persegi panjang, menipiskan bagian tengah adonan hingga ke tepi luar.
  • Boleh menggunakan penggilas adonan untuk meratakan adonan yang menggumpal
  • Cara meregangkan yang tepat adalah tangan kiri menempel di atas adonan sementara tangan kanan dikepalkan dan masukan ke dalam bagian dalam adonan lalu tarik perlahan hingga adonan melebar
  • Usahakan adonan diregangkan setipis mungkin hingga terlihat transparan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghasilkan kulit Strudel yang crunchy.
  • Olesi seluruh adonan dengan 3 sendok makan mentega cair lalu taburkan remah roti yang sudah diolesi mentega ke atas ¾ adonan dan biarkan beberapa inci terakhir adonan terbuka.
  • Taburkan kacang kenari atau almond
  • Siapkan isian yaitu mencampurkan apel, gula, kayu manis, dan kismis lalu taburkan di atas adonan yang terdapat tepung rotinya.
  • Selanjutnya adalah menggulung adonan hingga berbentuk silinder dengan cara tarik kain ke depan hingga menggulingkan adonan seperti menggulung karpet. lakukan hingga adonan menutupi isian
  • Pindahkan adonan ke atas loyang yang sudah dilapisi kertas roti
  • Panggang dalam oven dengan suhu 200℃ yang sudah dipanaskan sebelumnya selama 30-35 menit, sampai berwarna coklat keemasan dan renyah di atasnya.
  • Setelah matang, diamkan 30 menit sebelum diiris dan sajikan dengan taburan gula halus dengan tambahan krim kocok, custard, atau es krim vanila.
cara meregangkan kulit strudel
Cara meregangkan kulit Strudel


Kesimpulan


Untuk mendapatkan rasa Strudel asli dari Wina, maka langkah di atas harus dilakukan sama persis terutama membuat adonan kulit Strudel. Sama halnya dengan martabak yang memiliki kulit tipis dan renyah, begitu juga dengan Strudel.

Kulit Strudel yang tipis, berlayer dan renyah adalah perbedaan mendasar antara Strudel asli Wina dengan Strudel yang ada di toko kue di Indonesia.

Tapi jika kita ingin membuat Strudel praktis kita bisa menggunakan Puff Pastry Instan dengan resiko menghasilkan kulit Strudel yang agak tebal dan kurang renyah.

Jika Mom ingin membuat pastry simple dengan kerenyahan hampir sama, kita bisa membuat Pastry viral Cannoli yang proses pembuatannya lebih cepat tanpa perlu meregangkan adonan bahkan hanya perlu menggoreng. Mudah bukan? Tapi soal rasa, tentu saja berbeda dengan Strudel.

Referensi

https://www.bakeacrosseurope.com/2023/11/08/austrian-apple-strudel-apfelstrudel/
Channel Youtube @BakeAcrossEurope

Posting Komentar