mamajokaa food blogger bandung

Tips Mencari Lowongan Kerja Untuk Ibu Rumah Tangga

Tips Mencari Lowongan Kerja Untuk Ibu Rumah Tangga


Halo Mombeb,
Untuk Mom yang seangkatan dengan saya atau lebih muda, pernahkah terbesit mencari lowongan pekerjaan di tengah - tengah menjalani usaha kuliner? Mengapa tidak? Terlebih bagi Mom dengan usia anak-anak yang sudah mulai bisa lepas tangan alias sudah masuk usia sekolah dan mandiri.

Merasa tidak percaya diri? Oh jangan dong! Masih banyak kok peluang mencari lowongan pekerjaan untuk ibu rumah tangga.

Namun, untuk mencari lowongan kerja yang tepat untuk ibu rumah tangga perlu memperhatikan beberapa hal, apa sajakah? Yuk baca selanjutnya.

Tips Mencari Lowongan Kerja Untuk IRT

Sebelum memutuskan kembali bekerja dan mencari lowongan pekerjaan, tentunya hal pertama yang terbesit adalah, "Ibu rumah tangga harus kerja apa?” atau "Pekerjaan apa yang cocok untuk ibu rumah tangga?"

Well, kalau sudah bertanya dalam diri seperti ini, bingung adalah hal yang akan dialami selanjutnya, benarkan? Gak perlu bingung Mom, coba ikuti tips berikut ini untuk menjawab pertanyaan dan mencari lowowongan kerja yabg cocok untuk IRT, yaitu :

1. Kenali Potensi dan Keterampilan Diri


Saya rasa, pertanyaan ini cukup krusial mengingat berkaitan dengan keahlian dan keterampilan kita dan ini gak hanya berlaku untuk kita para ibu rumah tangga tapi juga fresh graduated atau calon pencari kerja lainnya.

Untuk mom yang pernah bekerja sebelumnya tentu akan lebih mudah memilih bidang pekerjaan yang dicari. Mengingat mom sudah memiliki pengalaman dan ilmu terkait bidang tersebut. 

Namun akan berbeda tentunya untuk Mom yang belum pernah bekerja. Oleh sebab itu, ketrampilan dan kemampuan apa yang dimiliki akan menentukan pekerjaan di bidang apa yang akan kita lamar. Misalnya nih, karena Mom sudah punya usaha kuliner atau pernah menempuh pendidikan/kursus memasak dan membuat kue, maka melamar di perusahaan kuliner akan cocok bukan?

Untuk mom yang punya keahlian bahasa misalnya bahasa inggris atau korea juga bisa melamar pekerjaan dan bekerja di bidang pendidikan seperti kursus bahasa bahkan sekolah yang membutuhkan tenaga pengajar bahasa asing.

2. Kenali Hobi dan minat 


Bagaimana kalau saya merasa gak bisa apa - apa? Wah masih sih? Coba kenali diri dan tanya, hobi dan minat saya apa? Biasanya, keterampilan atau skill akan terasa ketika kita melakukan minat dan hobi.

Misalnya, Mom hobi berkebun. Tentunya mom akan belajar meski secara otodidak bagaimana cara menanam, pemeliharaan dan pemanenan. Sedikit banyak mom akan mempelajari semua hal tentang gardening dan tanaman.

Nah, mom bisa bekerja dibidang pertanian atau nursery. Namun untuk memperkuat portofolio dalam CV, mom bisa mengikuti pelatihan dan mendapat sertifikat pelatihan. Menarik bukan?

3. Pertimbangkan Jam Kerja 


Setelah memahami skill dan hobi, jam kerja bisa menjadi pertimbangan dalam mencari lowongan pekerjaan yang cocok untuk ibu rumah tangga. Misalnya Mom membutuhkan jam kerja ten to five or eight to four yang disesuaikan dengan kesibukan atau kewajiban sebagai ibu rumah tangga.

4. Pertimbangkan Upah dan Sesuaikan dengan Skill dan Pengalaman


Ofkors, upah merupakan motivasi terbesar dalam mencari lowongan pekerjaan bukan? Namun hal ini juga perlu disertai dengan kapabilitas seperti skill dan kemampuan lainnya. Memepertimbangkan peroleh upah dari lwongan pekerjaan dengan skill yang dimiliki dapat menjadi pertimbangan lain ya Mom.

Intinya, jika mom bingung dengan pekerjaan apa yang cocok untuk ibu rumah tangga, jawabannya adalah yang pertimbangkan  keterampilan atau skill dan penglaman lalu sesuaikan dengan upah yang ditawarkan.

tips mencari kerja untuk irt
Tips mencari lowongan kerja untuk IRT


Bagaimana agar mudah mendapatkan pekerjaan?


Bagi generasi milenial, saat mencari lowongan pekerjaan yang terbayang adalah mencari pekerjaan dengan cara konvensional. Masih ingat? Ya! Membuat surat lamaran kerja, menyiapkan fotocopy dokumen dan sertifikat pendukung keterampilan, membuat curriculum vitae, menyiapkan afdruk foto dan tentu saja, amplop coklat lantas berjuang menyodorkan lamaran door to door.

Namun sekarang sudah canggih loh, dunia sudah berkemabng begitui pesat dan cepat berkat hadirnya teknologi internet. Tidak hanya urusan belanja yang sudah pakai QRIS, tapi juga mencari lowongan kerja. Selain memanfaatkan platform mencari kerja, beriku cara agar mudah mendapat pekerjaan, yaitu :

1. Bertanya Kepada Ibu Bekerja


Ibu - ibu biasanya punya circle ibu - ibu di sekolah ata tetangga ya, coba deh tanya ibu bekerja tentang lowongan pekerjaan. Hal ini bisa menjadi referensi mencari lowongan pekerjaan yang cocok bukan?

2. Mengikuti Job Fair


Job fair, seperti namanya merupakan suatu acara pameran yang menyediakan lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan dan berbagai bidang.

3. Mempersiapkan Dokumen Lamaran


Untuk mom yang mencari lowongan kerja melalui platform, siapkan dokumen lamaran secara digital, seperti ‘CV yang Menarik, foto yang oke, surat lamaran yang proper dan lain sebagainya. Siapkan semuanya dalam satu folder khusus di laptop atau PC agar tidak tercecer.

Mengikuti kursus atau pelatihan. Biasanya, lembaga kursus atau pelatihan juga menyediakan informasi lowongan pekerjaan sih Mom, terlebih jika lembaga tersebut menyelenggarakan program bootcamp.

Cara mendapat pekerjaan paling mudah tentu dengan memanfaatkan platform. Namun pastikan platform yang dipilih trusted ya Mom, seperti OLX yang menyediakan peluang lowongan pekerjaan yang cocok untuk ibu rumah tangga.

cara agar mudah mendapat pekerjaan
Bagaimana cara agar mudah mendapat pekerjaan


Kesimpulan


Tidak perlu minder atau tidak percaya diri karena usia dan status ibu rumah tangga, kita sebagai IRT masih bisa produktif berkarya dan berdaya dengan mencari lowongan pekerjaan.

Mom bisa mengikuti tips di atas untuk mempermudah langkah dalam mencari lowongan pekerjaan. Selamat berjuang ya Mom!

Posting Komentar