mamajokaa food blogger bandung

Mengenal Eclair, Pastry viral yang Sering Dianggap Kue Soes

mengenal eclair


Eclair, merupakan salah satu pastry viral di dunia dan di Indonesia. Termasuk pastry klasik, Eclair sering disamakan dengan kue sus. Kue soes atau sus atau dalam bahasa Perancis disebut choux à la crème, sekilas tampak sama dengan kue Eclair. Padahal tahukah mom jika Eclair dan kue soes itu berbeda meski sama-sama merupakan pastry berongga?

Btw, Eclair tahukan Mom yang mana? Atau jangan-jangan begitu membaca diawal yang terbayang sudah kue soes duluan? Hihihi.

Jadi Eclair tuh seperti kue soes kering dengan isian cream dan topping coklat. Kalau kita mengunjungi jajanan pasar atau toko kue, biasanya Eclair hadir dengan bentuknya yang lonjong dan topping coklat.

Yuk kenalan lebih jauh dengan Eclair, asal usulnya dan perbedaanya dengan kue soes.

Eclair Adalah


Eclair adalah kue salah satu jenis pastry choux dengan bentuk lonjong, memiliki isian dan topping. Apakah Eclair termasuk pastry? Pastinya pertanyaan ini muncul di benak kita semua ya, termasuk saya ketika pertama kali melihat dan mencicipi Eclair, jawabannya adalah ya karena Eclair dibuat menggunakan bahan dasar kue sus, makanya tidak heran kalau Eclair sering disamakan dengan kue sus atau Choux.

Sejak kapan sih Eclair hadir di dunia per-pastry-an? Gimana asal usulnya? Yuk lanjut kita mendongeng, tapi sebelumnya beli dulu Eclair di toko kue sebentar. Kan seru mencicipi Eclair sambil membaca sejarah dan asal - usul Eclair.

eclair itu apa
Eclair adalah jenis pastry choux dari Perancis

Sejarah Eclair


Eclair lahir pada tahun 1850 melalui jemari ajaib milik celebrity chef pertama di dunia dari keluarga kerajaan Perancis, yaitu Marie-Antoine Carême. Ide membuat Eclair muncul ketika Cereme ingin menghias almond dengan dengan puding coklat atau kopi, dan menutupinya dengan gula fondant.

Jadi bisa dikatakan, siapa penemu Eclair? Marie-Antoine Carême jawabannya. Referensi terkait Eclair muncul pertama kalinya dalam sebuah artikel di Vanity Fair pada tahun 1861 dan Boston Cooking School Cookbook pada tahun 1884.

Siapa Marie-Antoine Carême


Cereme (8 Juni 1784 – 12 Januari 1833) adalah seorang juru masak Perancis yang dikenal sebagai "Raja para Juru Masak dan Juru Masak para Raja" yang terkenal dengan teknik dan gaya memasak ”grande cuisine” yang selain menjadi juru masak, Carême juga menulis beberapa buku kuliner.

Chef Carême juga merupakan pencipta croquembouche, Millefeuille, Vol-au-Vent, Soufflé aux Fraises dan Meringues.

Ibarat kisah Oliver Twist karya Charles Dickens, Cereme punya kisah sedih yang sama. Cereme kecil hidup di lingkungan kumuh dan miskin dengan 24 saudara dan ayah seorang buruh.

Karena kesulitan ekonomi, sang ayah meninggalkan Cereme di tengah jalan (udah mirip drakor gak sih? ) pada masa-masa penuh gejolak Revolusi Perancis. Untuk bertahan hidup, Cereme muda bekerja sebagai tukang dapur dan tak lama kemudian magang di Sylvain Bailly yang merupakan seorang seorang pâtissier terkenal. Bakat menjadi chef pastry seorang Cereme pun lahir dari sini.

penemu eclair adalah
Sejarah Eclair muncul pertama kali di dunia

Eclair apa artinya?

Nama Eclair dalam bahasa perancis yang berarti "kilatan petir" yang mana nama ini diambil dari warna mengkilap lapisan coklat Eclair. Seperti Halnya Pretzel yang memiliki hari nasional OktoberFest, Eclair juga memiliki Eclair’s National Day yang diperingati setiap tanggal 22 juni setiap tahunnya di Perancis.

Namun sayangnya, terkait asal usul peringatan hari Eclair national tidak memiliki rujukan referensi. Tapi yang jelas, Eclair’s National Day merupakan hari kita semua dapat menikmati pastry istimewa warisan budaya kuliner Perancis, so gak diet-diet club ya, hehe.

Bahan eclair

Adonan dasar Éclair adalah choux paste atau pâte à choux yang terbuat dari mentega dan air yang dimasak hingga mentega leleh. Adonan tersebut lalu ditambahkan tepung terigu dan diaduk hingga matang dan ditambahkan telur lantas diaduk hingga licin. Adonan Eclair yang sudah jadi disemprotkan di atas loyang dengan panjang sekitar 10 cm dan dipanggang hingga menggembang.

Teknik yang sama dengan membuat kue sus dan lidah kucing ya. Untuk membuat Eclair kita menggunakan loyang khusus seperti loyang lidah kucing untuk memudahkan mengukur dan membentuk Eclair.

Kok Eclair bisa kopong? Hal ini dikarenakan panas yang tinggi saat pemanggangan membuat rongga di bagian tengah Eclair. Bagian tengah Eclair yang kopong kemudian diisi dengan crème pâtissière, pastry cream atau custard.

Seiring dengan perkembangannya, Eclair memiliki berbagai varian lain terutama filling, tidak hanya pastry cream tapi juga ditambah kacang-kacangan, buah segar cincang atau buah kering dan whipped cream.

bahan eclair
Bahan - bahan yang digunakan membuat Eclair

Apa Perbedaan Choux dan Eclair?


Seperti kakak - adik, kue sus dan Eclair memiliki persamaan bahan dasar adonan dan filling. Namun perbedaan keduanya terlihat sangat jelas pada bentuk dan tekstur.

Kue choux atau sus memiliki bentuk seperti bunga kol, bulat dan berongga dengan tekstur kulit yang lembut. Kue sus biasanya memiliki isian whipped cream atau vla putih. Sedangkan Éclair memiliki bentuk persegi panjang lonjong sekitar 7 - 10 cm dengan tekstur keras dengan filling pastry cream, custard dan bahkan kini disi dengan aneka jenis cream lainnya dan topping yang lebih bervariasi.

bedanya eclair dan kue sus
Perbedaan Eclair dan kue Soes

Kesimpulan


Eclair, salah satu pastry viral di Indonesia yang banyak disukai orang - orang termasuk saya. Bentuknya yang menarik dengan topping coklat sering menggoda mata setiap kali saya mengunjungi toko kue dan jajanan pasar. Anak bungsu saya penggemar kue sus begitu juga saya, namun Eclair it's another level. Teksturnya yang crunchy dan topping coklat mengkilap dengan isian whipped cream, it's absolute mood booster sih buat saya.

Sayangnya, tidak semua Eclair di jajanan pasar adalah the real Eclair. Karena Eclair yang disediakan hanya Eclair kopong tanpa isian dan diberi topping fondant coklat saja. Jadi, jika ingin menikmati Eclair beneran, ofkors harus ke toko kue.

Resep Eclair Luvita Ho adalah resep dasar Eclair yang paling mudah di re-baking. Next artikel saya akan bahas ya. 

Referensi : 
https://id.wikipedia.org/wiki/Eklair
https://www.daysoftheyear.com/days/chocolate-eclair-day/
https://www.holidayinsights.com/moreholidays/june/chocolateeclair.htm
https://www.thespruceeats.com/what-is-an-eclair-995652
https://eclairatthebay.com/blogs/our-blog/a-short-history-of-eclairs
https://rmc.library.cornell.edu/food/gastronomy/Marie_Antonin_Careme_L.htm
https://parisfordreamers.com/2024/03/17/the-incredible-life-and-delicious-legacy-of-antonin-careme-the-original-parisian-celebrity-chef/

Posting Komentar