mamajokaa food blogger bandung

Mengenal Lab Grown Diamond dan Nilai Investasinya

apa itu lab grown diamond


Sejak ratusan tahun lalu, berlian menjadi batu mulia yang diperhitungan atas nilai eksklusivitas. Berlian merupakan batu permata yang memiliki keindahan dengan kilau tiada tanding.

Tak heran jika berlian kerap menjadi simbol kemewahan, status sosial, keabadian, dan cinta sejak ratusan tahun yang lalu. Berlian tambang pun menjadi batu mulia dengan nilai investasi tinggi begitu juga dengan lab grown diamond yang mengalami peningkatan popularitas selama beberapa tahun terakhir.

Namun, apa sesungguhnya lab grown Diamond? Apakah Lab grown Diamond memiliki nilai investasi tinggi? Yuk baca selanjutnya

Mengenal Lab Grown Diamond


Seperti namanya, berlian Lab Grown Diamond dikembangkan di laboratorium melalui proses reaksi kimia dengan kondisi yang disesuaikan dengan pertumbuhan berlian tambang di alam.

Melalui teknologi canggih, Lab Grown Diamond diproses dengan hasil berlian yang sama persis dengan sifat kimia, karakter dan bentuk fisik berlian tambang.

Lab Grown Diamond dibuat dalam laboratorium menggunakan dua metode yaitu tekanan dan suhu tinggi (HPHT) dan juga deposisi uap kimia (CVD) yang mana kedua proses ini mengkristalkan benih berlian dengan karbon murni hingga terbentuk berlian.

apa itu lab grown diamond
Mengenal Lab grown diamond



Perbedaan Lab Grown Diamond dengan Berlian Tambang

Perbedaan antara lab grown diamond dengan berlian tambang terletak pada proses dan lokasi pembuatannya.

Lab grown diamond di proses dalam laboratorium dalam kurun waktu hitungan minggu. Sementara berlian tambang, merupakan batu mulia hasil karbonisasi karbon yang terkena tekanan dan suhu tinggi sehingga mengkristal dalam kerak bumi dalam waktu miliaran tahun.

Proses terbentuknya berlian tambang tentu saja membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga para produsen mengalami kesulitan dalam memenuhi permintaan pasar. Dengan demikian, tentu saja lab grown diamond memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan berlian tambang salah satunya adalah produksi berlian berkualitas tinggi setara berlian tambang dalam waktu singkat.

Perbedaan Lab Grown Diamond dengan Berlian Tambang
Perbedaan belian tambang dan Lab Grown Diamond

Kelebihan Lab Grown Diamond

Berikut kelebihan lain yang dimiliki lab grown Diamond dibandingkan berlian tambang, yaitu :

1. Harga Lebih Terjangkau


Lab grown Diamond memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan berlian tambang, yaitu 40% lebih murah dari berlian tambang.

2. Memiliki Tampilan Sempurna layaknya Berlian Tambang


Terdapat rumor yang mengatakan bahwa berlian sintetis atau lab grown diamond adalah palsu dan tidak asli. Itu tidaklah benar.

Meski dibuat di laboratorium lab grown diamond memiliki kemiripan hingga level molekul dengan berlian tambang. Hal ini pun didukung oleh pernyataan dari Federal Trade Commission di Amerika Serikat yang menyatakan bahwa lab grown diamond merupakan berlian asli yang memiliki karakteristik dan komposisi identik dengan berlian tambang.

Hal yang sama juga dinyatakan oleh GIA, bahwa lab grown diamond merupakan berlian yang memiliki karakteristik, sifat kimia dan fisik yang sama dengan berlian tambang.

3. Berlian Ramah Lingkungan


Lab grown diamond di bentuk dan di proses di dalam lab yang artinya, dalam prosesnya tidak membutuhkan proses penambangan sehingga dapat mengurangi dampak negatif industri berlian tambang.

Lab grown diamond dalam proses pembuatanya juga tidak memerlukan kebutuhan mesin tambang dan transportasi yang mana transportasi tambang memiliki nilai emisi karbon tinggi sehingga lab grown diamond turut dalam melestarikan bumi, mengurangi pengrusakan hutan dan habitat.

4. Memiliki Nilai Kemewahan, Elegan dan Style Tinggi


Mengingat lab grown diamond memiliki bentuk dan sifat sama dengan berlian tambang, sehingga lab grown diamond juga memiliki value kemewahan, elegan dan style yang sama tingginya dengan berlian tambang.

Anda dapat menggunakan lab grown diamond untuk segala occasion, seperti digunakan oleh diri sendiri, engagement, wedding hingga hadiah untuk orang terkasih.

5. Memiliki Nilai Investasi Tinggi


Sama halnya dengan berlian tambang, lab grown diamond juga memiliki nilai investasi tinggi karena permintaan pasar yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

kelebihan lab grown diamond
kelebihan lab grown diamond



Nilai Investasi Lab Grown Diamond


Dikutip dari International Grown Diamond Association (IGDA) yang merilis laporan bertajuk “The Diamond Choice 2019: Lab Grown Diamonds and The Future of the Diamond Industry,” mengungkapkan perkembangan dan nilai investasi yang cukup tinggi terhadap lab grown diamond dimana pada tahun 2018 peminat lab grown diamond meningkat secara signifikan sejak tahun 2010 yang awalnya hanya 5% menjadi 51% pada tahun 2018.

Nilai Investasi Lab Grown Diamond
Nilai investasi Lab Grown Diamond

Pertumbuhan Permintaan Pasar Lab Grown Diamond


Dikutip dari situs bain.com terkait global diamonds industry report tahun 2018 menyatakan bahwa penjualan lab grown diamond akan mengalami peningkatan yang stabil hingga 10 juta hingga 17 juta karat dengan angka pertumbuhan setiap tahunnya mencapai 15% - 20%.


Selain itu, di tengah ketidakpastian ekonomi lab grown diamond menunjukkan ketahanan dan stabilitas nilai pasar. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat kini sudah lebih aware dan mengapresiasi lab grown diamond sebagai pilihan investasi.

Apakah Lab Grown Diamonds memiliki nilai jual kembali?


Tentu saja! Lab grown diamonds tidak asal dibuat menyerupai berlian namun melalui proses yang dibuat di laboratorium dengan kondisi sesuai dengan kondisi alam pembuatan berlian tambang.

Lab grown diamond yang dihasilkan sudah melalui proses analisis dan penyusunan standar yang diakui secara global seperti metode analisa 4C yaitu karat, potongan, kejernihan, dan warna. Pengukuran tersebut kemudian akan diverifikasi oleh Gemological Institute of America (GIA) , atau International Gemological Institute (IGI) .

Tapi mengapa lab grown diamonds lebih murah dibanding berlian tambang? Lab grown diamonds lebih murah 40% dari berlian tambang bukan karena kualitas yang lebih rendah melainkan rantai pasokan yang lebih pendek, tanpa biaya produksi penambangan dan tanpa biaya transportasi penambangan.

Kesimpulan


Lab grown diamonds nyatanya merupakan alternatif pilihan diamond yang ramah lingkungan dengan harga lebih ekonomis dan bernilai investasi tinggi sembari menjaga kelestarian bumi seperti Sol et Terra, merek lab grown diamond berkualitas tinggi.

Ditumbuhkan dan diproses dalam berlian lab dengan kondisi yang sesuai dengan kondisi proses pembentukan berlian di alam, Sol et Terre merupakan merek lab grown diamond yang menghadirkan perhiasan mewah berkelanjutan dengan memegang prinsip sustainability.

diamond ring sol et terre
Radiant Diamond with Double Halo and Split Shank Band, Sol et Terre


Sol et Terre menawarkan Lab Grown Diamond dengan inskripsi laser sertifikat untuk setiap berlian, memberikan jaminan keaslian dan kualitas. Selain itu, produk berlian dari Sol et Terra telah disertifikasi oleh GIA (Gemological Institute of America) dan IGI (International Gemological Institute). Sehingga bagi anda yang mengidamkan berlian affordable dengan kualitas bernilai investasi tinggi, Sol Et Terra adalah jawaban yang tepat.

Posting Komentar