mamajokaa food blogger bandung

Mengenal Mille Feuille dan Sejarahnya, Pastry Unik Khas Perancis

mengenal mille feuille dan sejarahnya


Siapa yang tidak kenal Gordon Ramsay? Tidak kenal? Itu loh Chef yang terkenal menjadi juri paling galak di acara televisi Hell's Kitchen dan Master chef di negeri Ratu Elizabeth.

Tapi kali ini saya gak akan membicarakan Chef Ramsey, melainkan Mille feuille. Pertama kali saya mengenal Mille feuille adalah dari tayangan resep Mille feuille yang saya tonton di Youtube ketika explore resep - resep Chef Ramsey.

Mille feuille yang saya maksud adalah pastry khas Perancis ya bukan Mille Katsu atau Mille Feuille Nabe dari Jepang. Kedua jenis kuliner ini sangat jauh berbeda.

Saya pun penasaran, apa itu Mille feuille dan bagaimana sejarahnya? Yuk kita telusuri bersama.

Mille Feuille Adalah


Apa Itu mille feuille pastry? Mille feuille adalah hidangan penutup Perancis yang terbuat dari kue puff bertingkat yang setiap tingkatannya dilapisi krim.

Bagaimana menyebut Mille Feuille? Mille-feuille diucapkan meel-foy.

Mille Feuille terbuat dari lapisan puff pastry tipis dua tingkat yang tingkatannya di isi dengan isian krim dan diatasnya diberi topping krim dan buah berry - berry-an dan variasi topping lain diberikan ganache (isian yang terbuat dari lelehan cokelat )

Mille Feuille memiliki rasa plain untuk Puff pastrynya namun lekat dengan rasa isian krim dan topping yang digunakan.

Elemen tekstur Puff pastry yang renyah merupakan hal yang penting dalam pembuatan Mille Feuille, selain isian tentu saja. Lapisan Puff Pastry yang digunakan haruslah sangat tipis, renyah dan berlapis sesuai namanya, Mille Feuille yang dalam bahasa perancis artinya seribu daun.

Kerap disamakan, Mille-feuille sangat mirip dengan makanan penutup Italia, Napoleon. Namun nyatanya kedua jenis pastry ini berbeda. 

Mille feuille itu apa
Definisi Mille feuille


Seperti Apa The Original Mille Feuolle? 


Sebetulnya saya agak bingung sih dengan Mille feuille dan Napoleon, karena keduanya sama-sama merupakan pastry bertingkat dan memiliki isian. Variasi Mille feuille juga ada yang isiannya dibiarkan utuh membuat atau disebarkan lalu puff pastry ditekan hingga isian lumer dan menyerupai kue lapis.

Topping Mille feuille juga bervariasi namun yang paling terkenal adalah topping marmer dengan ganache dan krim dengan strawberry atau berry dan cherry. Goggle dan Canva, keduanya menyajikan image Mille feuille yang serupa yaitu Mille feuille dengan isian krim dan topping marmer. Tapi dengan mengetikan keyword Napoleon Cake, akan muncul Mille Feuille Napoleon yang menggunakan pasta almond. 

Jadi mana sih yang the original Mille feuille? 

Dikutip dari Wikipedia, Menurut La Varenne, Mille feuille disebut gâteau de mille-feuilles (kue seribu lembar) yang mendeskripsikan kue dengan banyak lapisan. Mille feuille dibuat menggunakan puff pastry tradisional dengan teknik melipat adonan pastry  enam lipatan sebanyak tiga kali.

Menurut deseret.com. pola zig-zag tradisional lapisan gula putih dan coklat yang dibuat di atas Mille feuille ditemukan oleh koki Denmark dan pertama kali disajikan pada acara kunjungan kenegaraan kaisar Prancis. Mille feuille pertama kali dibuat oleh koki Italia di Naples yang menamakannya "napoletano" sesuai nama kotanya, dan nama tersebut kemudian diubah menjadi "napoleon" dalam bahasa Inggris.

Tapi teori ini masih sebatas teori ya, karena tidak ada bukti kuat yang mendukung teori-teori ini. 

Mana yang the original Mille feuille? Menurut pendapat saya, kedua Mille feuille dengan topping berbeda ini sama-sama Mille feuille karena menggunakan isian krim. Mungkin soal topping hanya soal varian ya, karena pada intinya Mille feuille menggunakan lapisan puff pastry dan isian krim. 

Apa perbedaan antara Napoleon dan Mille-feuille?


Kokoreh atau ngubek - ngubel di mbah google resep Mille feuille gak sulit kok, tapi seringnya resep yang disajikan diberi judul hampir sama, yaitu Mille feuille (napoleon cake). Hal ini lantas menjadi ambigu, yang benar resep Mille feuille atau napoleon cake sih?

Setelah saya telurusi, Mille feuille dan Napoleon cake memang mirip tapi tak sama. Kemiripannya berada pada penggunaan puff pastry dan perbedaan utamanya pada isian.  Soal topping memang yang paling terkenal adalah Mille feuille dengan topping marmer. 

Napoleon dilapisi dengan pasta almond dan Napoleon Cake lebih berbeda lagi, selain menggunakan puff pastry juga lapisan luarnya diberikan taburan serpihan almond. 

Jadi kalau ada resep Mille feuille tapi dalam resepnya menggunakan pasta almond tapi judulnya Mille feuille, yaaa ofkors kurang tepat yaa. 

Mirip - mirip risoles dan kroket lah ya yang isinya sama-sama daging dan memiliki kulit terigu, namun bedanya isian kroket menggunakan kentang tumbuk bersama daging dan sayuran sementara risoles, kentangnya di potong dadu kecil - kecil. Emang beda - beda tipis sih ya. Tapi dari segi bentuk, risoles biasanya segitiga tidak hanya panjang lonjong.

Perbedaan lainnya, nama Napoleon ternyata diambil dari nama kota di Italia yaitu Napoli yang memang resep awal napoleon berasal dari mille foglie. Sementara Mille feuille, punya sejarah yang unik dan cukup rumit.

perbedaan Mille feuille dan napoleon
Perbedaan Mille feuille dan napoleon



Sejarah Mille Feuille


Asal muasal mille-feuille tidak diketahui secara pasti, apakah berasal dari Italia seperti Cannoli atau Perancis. 

Salah satu sumber menyatakan bahwa resep mille-feuille pertama yang diketahui muncul dalam buku masak Prancis seorang penulis gastronomi tahun 1651 yaitu François Pierre de la Varenne dalam karya bukunya berjudul Le Cuisinier François. Namun resep ini mengacu pada kue yang diisi dengan selai jeruk, bukan krim.

Seabad kemudian, yaitu pada akhir abad ke-18, koki terkenal Perancis Marie-Antoine Carême menginovasi resep mille feuille dan menyempurnakannya yang pada akhirnya mille feuille menjadi kuliner tradisi Prancis.

Dikutip dari Wikipedia, menurut Darra Goldstein dalam buku Oxford Companion to Sugar and Sweets , nama mille feuille pertama kali muncul pada tahun 1733 dalam sebuah buku masak berbahasa Inggris yang ditulis oleh koki Prancis Vincent La Chapelle. Mille-feuille pada abad ke-18 disajikan dengan isian selai dan marmalade, bukan krim.

Sementera menurut Alan Davidson dalam buku Oxford Companion to Food , penemuan bentuk mille feuille kerap dikaitkan dengan Szeged dari Hungaria dimana mille-feuille berlapis karamel disebut 'Szegediner Torte' .

Dalam bahasa Prancis, penyebutan pertama tentang mille feuille muncul pada tahun 1749 dalam sebuah buku masak The Menon Cookbook, 

"Untuk membuat kue mille-feuille, ambil puff pastry, buat lima kue dengan ukuran yang sama, & setebal dua koin, yang terakhir buat lubang di tengahnya berbentuk salib Ksatria , mengenai ukuran Anda akan mendasarkan diri pada piring yang akan Anda gunakan untuk servis, panggang dalam oven. Kalau sudah matang & dingin, susun satu di atas yang lain, yang berlubang di atasnya, & selai di antara setiap kue, & es di mana-mana dengan lapisan gula putih sehingga mereka tampak seperti satu kesatuan; Anda bisa menghiasinya dengan jeli kismis merah, manisan kulit lemon & pistachio, sajikan di piring."

Kata 'mille-feuille' untuk menyebut pastry sejenis sudah tidak digunakan lagi dalam buku resep abad ke-18. Namun, di bawah pemerintahan Napoleon Bonaparte, beberapa toko kue Paris yang paling mewah tampaknya telah menjual kue tersebut.

Pada tahun 1867 pastry chef terkenal asal Paris yaitu Adolphe Seugnot, menyatakan dirinya sebagai spesialis mille feuille dan banyak orang memuji Seugnot sebagai penciptanya, meski catatan sejarah dengan jelas mendokumentasikan mille-feuille yang berasal lebih awal dari masa Seugnot. Meskipun demikian, sebagai chef terkenal, Seugnot membantu mempopulerkan mille feuille.


sejarah  Mille feuille
Sejarah  Mille feuille 


Berbagai Nama Lain dan Variasi Mille Feuille

Dikutip dari Wikipedia, Mille-feuille memiliki nama yang berbeda-beda di berbagai daerah, serta variasi resep dan bahan yang juga berbeda-beda seperti :

  • Italia : Di Italia Mille feuille disebut mille foglie dengan lapisan kue bolu serta krim dan puff pastry. Jadi, lapisannya seperti ini, misalnya dari bawah ke atas, kue puff, kue bolu stroberi dan krim, lalu kue puff.
  • Inggris,  Australia & Selandia Baru: Mille feuille disebut vanilla, custard, atau irisan krim dan biasanya disajikan hanya dengan dua potong kue dengan satu lapisan krim.
  • Kanada : Di Kanada Mille feuille disebut gâteaux Napoléon atau irisan Napoleon dan diisi dengan pasta almond sebagai pengganti krim.
  • Swedia & Finlandia : Di Swedia & Finlandia, Mille feuille dan Napoleon digabungkan dalam makanan penutup yang disebut Napoleon Bakelse yang diisi dengan krim kocok, custard, dan selai, lalu dilapisi dengan lapisan gula dan jeli segar.
  • Argentina/Uruguay :  Mille feuille disebut Rogel yaitu kue populer dengan lapisan puff pastry dan lapisan dulce de leche dan bagian atasnya dilapisi meringue. Rogel dianggap klasik dan favorit kue pengantin.
  • Negara Balkan :  Mille feuille disebut Kremna rezina yang merupakan kue pastry mirip Mille feuille yang disebut krempita in Serbia, Bosnia dan Herzegovina. Sementara di Slovenia dan Croatia, Mille feuille disebut kremna rezina or kremšnita dan terakhir Mille feuille disebut krémeš di Slovakia.

nama lain Mille Feuille
Nama lain Mille Feuille


Di Indonesia sendiri Mille feuille lebih dikenal dengan Napoleon Cake sih. Karena kemiripan yang dijelaskan di atas ya. Bedanya emang di isian dan Napoleon cake biasanya punya topping krim atau fondant yang dihias seperti motif marmer yang cantik.

Makin kesini, Mille feuille punya banyak inovasi juga. Gak hannya isian tapi juga topping bahkan puff pastry yang digunakan. Bisa jadi ala-ala Mille feuille sih, karena ada yang membuat Mille feuille menggunakan cracker sebagai pengganti puff pastry. Lebih simple kali ya, hehe. 


Gimana Cara Makan Mille Feuille


Sama halnya dengan netizen, terlebih bagi yang belum pernah mencicipi Mille feuille seperti saya juga, bingung kan ini cara makannya gimana?

Dikutip dari Quora, cara makan Mille Feuille adalah dengan membongkarnya menggunakan jari. Sementara orang Perancis mencelupkan Mille Feuille ke dalam kopi.

Ada juga yang berpendapat menggunakan garpu lalu membelahnya lalu menyendoknya dengan sendok. Tapi kebanyakan orang adalah dengan mengangkat lapisannya dan memakannya satu per satu.

Ini hanya preferensi sih, Mille Feuille bisa dinikmati dengan cara apapun dan disandingkan dengan kopi, teh ataupun susu. Entah mau dibelah dan dipotong kecil-kecil atau dimakan sekaligus seperti melahap burger.

Kesimpulan


Masih bingung mana Mille Feuille dan Napoleon? Mille Feuille Perancis atau Italia? Sederhana saja, begini cara membedakannya : 
  1. Mille Feuille dengan motif marmer menggunakan pasta almond ya, dan itu jelaslah Mille Feuille Kanada. 
  2. Kalau ketemu resep Mille Feuille dengan motif marmer tapi isian krim, its obvoius Mille Feuille ya. 
  3. Kalau ketemu Mille Feuille terus ada lapisan bolu-nya, jelas lah kalau itu Mille Feuille Italia.
  4. Gimana dengan Mille feuille Perancis? Menggunakan puff pastry dan isian krim. Namanya tetaplah Mille feuille namun kadang diberi judul Mille feuille (Napoleon France). Ambigu ya? Tapi  yaaa begitulah mostly resep yang ada di internet, hehe

Setelah melihat tayangan Gordon Ramsay membuat Mille Feuille, saya malah semakin penasaran dan ingin membuat Resep mille feuille, terutama strawberry mille feuille. Meski saya lebih suka cheese mille feuille sementara anak - anak pastinya suka chocolate mille feuille.

Bagaimana dengan Mom? Ada yang sudah pernah mencicipi mille feuille? Bagaimana rasanya? Share dong di kolom komentar.


Referensi :
https://chefin.com.au/dictionary/mille-feuille/
https://www-cadburydessertscorner-com.translate.goog/articles/the-long-and-layered-story-of-frances-beloved-mille-feuille-and-its-muddled-relationship-with-the-napoleon?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
https://www.yukmakan.com/post/asal-usul-millefeuille-si-renyah-berlapis-seribu
https://en.wikipedia.org/wiki/Mille-feuille
https://www.deseret.com/1998/5/17/19380512/how-did-the-napoleon-get-its-name-well-there-are-several-theories/#:~:text=2)%20The%20pastry%20was%20invented,to%20%22napoleon%22%20in%20English.
https://thekitchenbachelor.com/raspberry-mille-feuille/

Posting Komentar