mamajokaa food blogger bandung

Pastry Austria yang Terkenal di Seluruh Dunia yang Wajib Dicoba



pastry austria yang terkenal apa saja

Austria, begitu mendengar nama negara yang satu ini auto kebayang negara bak negeri dongeng gak sih? Desa Hallstätter yang ikonik dan indah bak negeri dongeng yang berada di pinggir danau Hallstätt di Salzkammergut, Austria.

Bukan hanya itu, foto - foto desa Hallstätter see (Danau Hallstätter) banyak beredar di Google dan Pinterest, bahkan menjadi pilihan wallpaper di desktop window.

Namun, Austria tidak hanya terkenal karena Hallstätter See saja, tapi juga kuliner khasnya terutama pastry. Salah satu pastry terkenal dari Austria adalah Croissant.

Croissant, semua pasti mengenal pastry flaky berlayer dan unik yang satu ini. Croissant hanyalah salah satu pastry yang otentik dari Austria. Masih ada jenis pastry lain yang merupakan khas Austria. Yuk baca selanjutnya untuk mengetahui apa saja pastry Austria yang terkenal di dunia. 

Tentang Austria


Dikutip dari Wikipedia, Austria adalah sebuah negara republik di Eropa tengah yang tidak memiliki laut. Secara administratif, Austria memiliki sembilan negara bagian (Bundesländer) dengan pusat pemerintahan di Wina.

Austria adalah negara demokrasi yang menerapkan sistem parlementer dengan Presiden Federal yang dipilih langsung. Luas wilayah Austria seluas 83.879 kilometer persegi dan memiliki populasi hampir 9.000.000 jiwa.


negara austria
Tentang Negara Austria

Austria memiliki destinasi wisata terkenal selain Hallstätter, yaitu Original Sound of Music Tour. Wah asyik ya? Buat Mom yang pernah tumbuh dan berkembang dengan lagu - lagu Sound of Music pastinya relate ya Mom, hehe.

Paket wisata Original Sound of Music Tour merupakan paket wisata dimana kita akan berkeliling di wilayah Salzburg dan sekitarnya dan mengunjungi lokasi-lokasi syuting film Sound of Music. Salah satu perusahaan yang menyediakan tour ini adalah  Panorama Tours yang memiliki paket dua tur “Sound of Music” berdurasi empat jam sehari, setiap hari, sepanjang tahun.

Gimana? Asyik gak sih liburan di Austria apalagi mengunjungi Hallstätter terus ikutan Sound of Music Tour sambil mencicipi Croissant, Apfelstrudel dan semua jenis pastry khas Austria. Mmmm, Yummy!!!

Sound of Music tour di austria
Tour  Sound of Music di Austria

Sarapannya Orang Austria


Nasi kuning, bubur, kupat tahu dan lontong kari adalah menu sarapan khas orang Indonesia. Jadi laper gak sih Buuu? hihihi.

Tapi beda dengan orang Austria, mereka gak sarapan nasi kuning, ofkors lah yaaa….melainkan sarapan bertipe "kontinental" yang terdiri dari roti gulung dengan selai atau daging dingin dan keju, disertai kopi, teh, atau jus.

Jadi, tidak heran jika pasty adalah akar budaya Austria bahkan sejak sarapan, terkadang jadi cemilan pada waktu makan siang dan sore hari.

apa sarapannya orang austria
Sarapan orang Austria


Pastry Terkenal Dari Austria


Bicara soal kuliner khas Austria, masakan Austria memiliki banyak kuliner khas lokal dan regional yang berbeda yang memiliki akar kuliner yang dipengaruhi oleh kuliner Kekaisaran Austro-Hungaria pada masa lalu, termasuk pastry.

Tidak hanya itu, pastry Austria juga dipengaruhi oleh pastry dari negara-negara Eropa Lainnya seperti Italia, Hungaria, Jerman dan negara-negara Balkan.

Pastry, paling nikmat disantap sebagai cemilan di antara makan siang dan makan malam. Ditemani secangkir kopi atau teh hangat begitu juga pastry Austria berikut ini yang layak dicoba dan dinikmati bersama teman atau keluarga tersayang, yaitu :

1. Apfelstrudel


Apfelstrudel (apel strudel) adalah salah satu pastry terkenal di Austria hingga mancanegara bahkan di Indonesia yang terkenal dengan Strudel Malang.

Mirip dengan martabak, Apfelstrudel merupakan pastry yang terdiri dari lapisan tipis adonan Strudel yang diisi dengan isian apel dan rempah kayu manis dan kismis. Apfelstrudel memiliki kisah awal terinspirasi dari sajian baklava.

Apfelstrudel juga memiliki varian lain selain apel yaitu Topfen yang diisi dengan keju dadih manis , Weichsel Strudel yang diisi dengan ceri manis dan agak asam, serta Mohnstrudel yang merupakan strudel biji poppy.


Apfelstrudel adalah
Apfelstrudel, pastry Austria yang terkenal di dunia



2. Krapfen


Krapfen merupakan donat yang digoreng yang terkenal tidak hanya di Austria tapi juga Jerman dan terkadang orang lebih mengenal Krapfen sebagai donat Jerman. Di Jerman sendiri Krapfen memiliki nama Berliner.

Krapfen memang mirip Bomboloni Italia yang merupakan donat tanpa lubang yang di goreng dan di isi selain dan lapisan icing sugar. Kemiripan ini tidak mengherankan karena Bomboloni terinspirasi dari Krapfen.

Perbedaan Krapfen dan Bomboloni terletak pada ukurannya dimana Krapfen memiliki ukuran lebih kecil jika dibandingkan Bomboloni.

Krapfen adalah
Krapfen Austria

3. Topfenstrudel


Masih termasuk keluarga Strudel, Topfenstrudel adalah Strudel krim keju yang terbuat dari adonan strudel dan diisi dengan keju dadih atau krim asam. Topfenstrudel awalnya ditemukan sebagai bagian kuliner Wina melalui Hongaria.

Topfenstrudel dibuat dari keju quark yang lembut dan sedikit manis yang dilipat dengan adonan puff pastry dan hampir tembus pandang. Adonan Topfenstrudel dipanggang hingga terbentuk kerak yang renyah di atasnya.

Selain keju quark, Topfenstrudel juga ditambahkan buah - buahan seperti kismis, aprikot, dan buah persik ditambah vanila atau lemon.

topfenstrudel adalah



4. Linzer Torte


Linzer Torte adalah pastry yang termasuk bakery yaitu roti berukuran pendek dan rapuh dengan taburan buah-buahan dan irisan kacang . Nama Linzer Torte diambil dari nama sebuah kota di Austria yaitu kota Linz.

Linzer torte mirip pai atau kue tart yang memiliki cangkang pastry yang rapuh dan bermentega yang diberi hiasan lemon, kayu manis, dan almond, kenari, atau hazelnut. Di bagian atas Linzer Torte terdapat kisi-kisi kerak yang disusun saling bersilangan mirip pai.

Bahan utama Linzer Torte adalah tepung terigu , mentega tawar , kuning telur , kulit lemon , kayu manis , jus lemon, kacang tanah (biasanya hazelnut , kenari atau almond ), selai redcurrant.

lizer torte adalah
Linzer Torte 



5. Knieküchle / Bauernkrapfen


Masih keluarga Krapfen, Knieküchle atau disebut juga Bauernkrapfen adalah kue tradisional Austria yang sangat populer di wilayah Styria, Carinthia dan pegunungan di SalzburgerLand. Knieküchle disajikan dengan taburan gula icing dan diisi selai, atau dengan asinan kubis.

Seperti halnya Krapfen dan Bomboloni, Knieküchle terbuat dari adonan donat lalu dibentuk seperti wadah lalu digoreng hingga berwarna coklat keemasan lalu ditaburi gula halus atau icing sugar.

Knieküchle adalah.
Knieküchle, Bomboloni khas Austria


6. Kipferl

Kipferl adalah pastry jenis bakery yang terbuat dari adonan pastry brioche menggunakan ragi berbentuk bulan sabit seperti Croissant namun lebih padat dan tidak terlalu bersisik. Kipferl dipercaya sebagai cikal bakal Croissant yang terkenal saat ini.





7. Croissant


Terkenal sebagai pastry Perancis, namun sesungguhnya Croissant merupakan pastry asal Austria. Croissant adalah pastry berbentuk bulat sabit atau tapal kuda yang renyah dan berlayer terbuat dari adonan puff pastry.

croissant austria
Croissant Austria

Menurut sejarah Croissant, awal mula Croissant berasal dari abad ke-8 M dan merupakan salah satu varian dari kipferl, sejenis roti berbentuk bulan sabit dari Austria yang telah muncul sejak abad ke-13 M yang kemudian diadopsi menjadi Croissant oleh baker.

Dibalik kisah awalnya yang agak kompleks, namun para sejarawan kuliner sepakat bahwa Croissant modern terinspirasi oleh kipferl Austria.

Dikutip bakewithzing menyatakan bahwa, seorang sarjana independen dan penulis buku tentang sejarah croissant, August Zang dan French Croissant: How Viennoiserie Came to France menyebutkan bahwa :

Croissant awalnya bernama kipferl Austria, namun menjadi Prancis saat orang mulai membuatnya dengan puff pastry, yang merupakan inovasi Prancis [abad ke-17]

croissant berasal dari
Asal usul Croissant

Kesimpulan


Setelah mengetahui tujuh jenis pastry Austria diatas, saya berkesimpulan bahwa pastry di Austria sangat dipengaruhi budaya kuliner dari negara Eropa lainnya seperti pastry Jerman dan sisa-sisa penjajahan Turki Ottoman.

Diantara ketujuh pastry Austria diatas, mana yang pernah Mom coba? Atau coba membuat barangkali? Share dong pengalamannya di kolom komentar.

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Austria
https://id.wikipedia.org/wiki/Hidangan_Austria
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Austrian_cuisine
https://www.tasteatlas.com/best-rated-desserts-in-austria
https://www.farmholidays.com/en/magazine/Bauernkrapfen-Farmer-s-Doughnuts_bba_42022
https://www.simply-cookit.com/de/rezepte/ausgezogene-kniekuechlein-krapfen
https://en.wikipedia.org/wiki/Kniek%C3%BCchle
https://blog.bakewithzing.com/kipferl-to-croissant-history/
https://derbackprofi.at/rezept/kipferl-muerb
https://www.panoramatours.com/en/salzburg/tour/original-sound-of-music-tour-tour-1a-28/
https://tasteofschoenbrunn.at/the-breakfast-traditions-of-austria/
https://traveltriangle.com/blog/austrian-food/
https://eat.de/rezept/klassischer-topfenstrudel/


Posting Komentar