mamajokaa food blogger bandung

Pastry Jerman Terkenal di Dunia yang Wajib Dicoba

pastry jerman apa saja


Bicara soal Jerman, saya sih auto inget alm. BJ Habibie, ilmuwan Indonesia saat usia 28 tahun memperoleh gelar Doktor bidang teknologi pesawat terbang di Jerman.

Saya juga teringat influencer favorit saya, Gitasav alias Gita Savitri yang sekarang stay di Jerman yang bekerja di perusahaan kimia. Selain sebagai influencer, Gitasav juga memiliki produk skincare sendiri.

Jerman memang terkenal dengan produksi otomotif, mesin, dan bahan-bahan kimia juga terkenal dengan festival musiknya, seperti Oktoberfest di Munich.

Tidak hanya mesin, kimia dan festival musik, Jerman juga terkenal dengan pastry-nya loh. Salah satunya adalah Pastry viral Pretzel.

Selain Pretzel, masih ada pastry Jerman lainnya yang juga terkenal dan wajib dicoba, apa saja? Yuk baca selanjutnya.

Tentang Jerman


Dikutip dari Wikipedia, Jerman adalah negara yang memiliki posisi ekonomi dan politik yang sangat penting di Eropa dan di dunia yang memiliki luas 357.021 kilometer persegi dan jumlah penduduk sekitar 84 juta jiwa, negara dengan 16 negara bagian.

Jerman disebut negara apa? Republik Federasi Jerman atau Bundesrepublik Deutschland dengan Sistem Pemerintahan Demokrasi Parlementer dengan Dasar negara Demokrasi yang dituangkan dalam Konstitusi (Grundgesetz) tahun 1949.

Apa yang terkenal dari negara Jerman? Jerman terkenal dengan festival musiknya, seperti Oktoberfest dan negara yang identik dengan pendidikan, teknologi, hingga sepak bola. Tapi tidak hanya itu, Jerman juga terkenal dengan Pretzel, pastry khas Jerman. Selain Pretzel, masih ada jenis pastry jerman lainnya yang juga sama terkenalnya. Cek dibawah ya!


tentang jerman
Mengenal negara Jerman


Budaya Kuliner Jerman dan Pengaruhnya Terhadap Pastry Jerman


Budaya kuliner Jerman telah berkembang seiring dengan perubahan sosial dan politik selama berabad-abad dan sangat bervariasi tergantung dari kawasannya.

Misalnya, kawasan selatan Bayern dan Swabia, berbagi tradisi kuliner dengan Swiss dan Austria. Sementara itu di hampir semua kawasan jerman, daging dikonsumsi dalam bentuk sosis dan bir. Oktoberfest merupakan festival tahunan di Jerman yang sangat mendunia, penuh dengan hiburan, Pretzel dan bir.

Dikutip dari Wikipedia, Jerman memiliki banyak resep pembuatan kue-kue tradisional termasuk pastry. Pastry sudah menjadi bagian dari tradisi yang dinikmati dengan kopi atau teh selama berabad-abad.

Lalu pada abad ke 1800-an, tradisi ini berkembang pesat saat gula murah yang diproses dari bit gula dijual di pasaran. Sejak saat itu, setiap daerah di Jerman mengembangkan resep kue dan pastry-nya masing-masing dengan kombinasi rempah-rempah lokal.

budaya kuliner jerman
Budaya kuliner Jerman yang mempengaruhi pastry Jerman

Pastry Terkenal di Jerman yang Wajib Dicoba


Selain bir, kopi dan kue sudah menjadi tradisi umum di Jerman. Tradisi ini biasa dilakukan di sore hari ditemani pastry seperti franzbrötchen dan Berliner pfannkuchen. Selain kedua jenis pastry ini, berikut pastry Jerman lainnya yang terkenal di dunia, yaitu :

1. Bethmännchen


Bethmännchen adalah pastry Jerman yang terbuat dari marzipan dengan almond , gula halus , air mawar ,tepung dan telur. Bethmännchen biasanya hadir pada hari Natal dan banyak tersedia di pasar Natal Frankfurt yang merupakan pasar Natal tertua di Jerman yang berdiri sejak tahun 1393.


Bethmännchen adalah
Bethmännchen, pastry Jerman yang terbuat dari marzipan dengan almond 


2. Berliner Pfannkuchen (Krapfen)

Karena Jerman merupakan negara tetangga Austria, Berliner atau Krapfen nyatanya juga terkenal di Jerman. Meski Krapfen berasal dari Austria, nyatanya banyak orang yang menganggap jika Krapfen berasal dari Jerman, yaitu Pfannkuchen Berliner.

Mungkin agak mirip gudeg dimana di tanah Sunda gudeg juga merupakan masakan khas dengan cita rasa manis gurih. Sementara di Jogja, gudeg tersaji dengan dengan rasa manis.

Bicara soal Berliner atau Krapfen, pastry yang satu ini serupa dengan Bomboloni, yaitu donat selai tanpa lubang di tengahnya yang digoreng dan di isi dengan coklat atau jenis krim lain lalu dilapisi gula halus.

Tidak hanya di Austria, Berliner (Krapfen) juga memiliki nama lain di Swiss yaitu Pfannkuchen yang artinya "pancake". Sementara itu di Jerman Selatan Berliner disebut Palatschinken.

Berliner Pfannkuchen adalah
Berliner Pfannkuchen, krapfen versi pasrty Jerman 

3. Franzbrötchen


Meliihat penampakannya, Franzbrotchen mirip Croissant karena punya aksen melingkar. Tapi, Franzbrotchen bukanlah Croissant melainkan pastry yang memiliki bahan utama kayu manis.

Franzbrotchen dibuat dengan adonan pastry yang di dilipat beberapa kali, diisi dengan kayu manis dan gula serta diolesi mentega, sehingga permukaannya menjadi karamel yang lengket. Setelah adonan menjadi lapisan tipis, lalu dibasahi dengan sedikit air, ditaburi sedikit gula dan kayu manis, dan terakhir digulung.

Untuk menghasilkan gulungan adonan bentuk khas Franzbrötchen, maka adonan harus dipotong-potong sekitar empat sentimeter baru dipanggang.

Sesuai dengan namanya, Franzbrötchen yang artinya roti gulung Perancis memang terinspirasi oleh Croissant yang menjadi populer di Jerman setelah pasukan Napoleon menduduki Hamburg antara tahun 1806 dan 1814.

Menurut sejarah, seorang pembuat roti di Hamburg pernah membakar Franzbrot dalam wajan berisi lemak, yang dianggap sebagai asal muasal Franzbrötchen kontemporer.

Franzbrotchen adalah
Franzbrotchen, pastry Jerman yang terinspirasi Croissant


4. Friesentorte


Friesentorte merupakan pastry Jerman khas dari Frisia Utara Negara bagian schleswig-Holstein dan Frisia Timur (Lower Saxony).

Friesentorte adalah pastry berlapis yang terbuat dari shortcrust pastry, puff pastry, krim kocok, dan selai plum.

Penampakan Friesentorte sangat mirip Mille Feuille terlebih kedua jenis pastry ini terbuat dari puff pastry. Perbedaan keduanya adalah bentuk dan penggunaan jenis krim.

Friesentorte berbentuk bulat dengan dua hingga tiga lapis selai plum, krim kocok, dan alas puff pastry dilapis secara bergantian di atas alas shortcrust pastry. Berbeda dengan Mille Feuille yang memiliki toping krim dan buah - buahan, Friesentorte memiliki toping lapisan rim dengan potongan puff pastry berbentuk segitiga yang ditempatkan secara miring.

Friesentorte adalah
Friesentorte , pastry Jerman mirip Mille Feuille

5. Zwetschgenkuchen


Zwetschgenkuchen adalah pastry yang termasuk bakery yaitu roti yang dibuat dengan adonan ragi dan topping buah plum dengan rasa tidak terlalu manis lalu dipanggang dengan streusel (campuran mentega, gula, dan tepung),

Zwetschgenkuchen sangat populer di seluruh Jerman , Austria , Swiss , Alsace , Republik Ceko , dan Hongaria.

Sebuah klaim menyatakan bahwa Zwetschgenkuchen ditemukan di Augsburg dan dianggap sebagai hidangan khas kota tersebut.

Zwetschgenkuchen adalah pastry
Zwetschgenkuchen, pastry roti  plum Jerman

6. Profiterole


Profiterole adalah pastry choux khas Jerman yang diisi dengan isian krim kocok , custard dengan rasa manis di atasnya diberi gula bubuk atau ganache coklat. Profiterole juga terdapat varian gurih yang diisi dengan bubur daging, keju, dan sebagainya. Ini dulunya merupakan hiasan umum untuk sup. Profiterole sering hadir pada hari natal dan pernikahan dengan disusun ke atas (croquembouches).

Profiterol sudah ada sejak abad ke-17 yang diisi dengan campuran roti manis, truffle, dasar artichoke, jamur, potongan ayam hutan, burung pegar, atau aneka unggas, disertai hiasan. Bisa juga disajikan dalam sup.

Profiterole adalah
Profiterole adalah pastry choux khas Jerman 

Kesimpulan


Diantara semua pastry Jerman yang terkenal di dunia, saya paling penasaran dengan Zwetschgenkuchen dan Profiterole, karena saya sangat suka Mille Feuille dan pastry choux. Jadi penasaran kan, versi Jermannya seperti apa sih rasanya.

Tapi saya juga penasaran dengan Bethmännchen karena dia mirip dengan Pastry khas Hungaria yaitu Lekvaros bukta. Anyway, ada yang sudah pernah mencoba Pastry Jerman atau recook resepnya? Boleh spill dong di kolom komentar ya!

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Jerman
https://en.m.wikipedia.org/wiki/List_of_German_desserts
https://en.m.wikipedia.org/w/index.php?title=Krapfen_(doughnut)&diffonly=true
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Fasnacht_%28doughnut%29
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Franzbr%C3%B6tchen
https://de.wikipedia.org/wiki/Friesentorte
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Zwetschgenkuchen
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Profiterole
https://wildgrain.com/blogs/news/french-vs-italian-vs-german-vs-american-vs-british-pastry
https://dasfreuleinbackt.de/hamburg-und-diese-leckeren-franzbroetchen/
https://www.einfachbacken.de/rezepte/friesentorte-einfache-sahnetorte-mit-pflaumenmus?epik=dj0yJnU9VUJLZXFkZ1FCQThpczNNUnhiVEZfMWlUT050cEVoejAmcD0wJm49REQ0Tk1HU0E5bWNMcUdBZGxFZk1PUSZ0PUFBQUFBR2FWLWFr
https://www.einfachbacken.de/rezepte/friesentorte-einfache-sahnetorte-mit-pflaumenmus
https://www.egle.de/blog/rezept-zwetschgenkuchen

Posting Komentar