mamajokaa food blogger bandung

Pastry Khas Belanda Terkenal di Dunia yang Wajib di Rebake!

Pastry Khas Belanda Terkenal di Dunia


Hiasan keramik kincir angin oleh - oleh almarhum paman sepulang dari Belanda selalu terpajang manis di dalam lemari buffet nenek saya di Cianjur. Terkadang saya memainkannya, memutar baling-balingnya sambil berkhayal, traveling ke Belanda.

Tak ayal, saya pun menggali lebih dalam soal Belanda sepulangnya ke Bandung setelah liburan sekolah di Cianjur. Belanda ternyata memang negara yang se-kincir angin itu Beb! Ensiklopedia yang saya baca menunjukan gambar-gambar kincir angin, tulip, bakiak dan lukisan karya pelukis terkenal yaitu Van Gogh dan Rembrandt.

Ya! Belanda merupakan negara yang terkenal sebagai “penghasil” seniman lukis dan sastra dunia.

Itulah sepenggal kenangan masa kecil saya di Cianjur yang terkadang menyeruak masuk dalam area mimpi. Tapi kini, hal yang paling saya suka dari Belanda adalah Appeltaart, pastry khas Belanda yang terkenal di dunia.

Saya Pun mengulik, apa saja pastry Belanda yang terkenal di Dunia yang bisa banget di rebake nih. Penasaran? Yuk baca selanjutnya.

Mengenal Belanda, Termasuk Daratan Terendah di Eropa


Penasaran gak sih kenapa Belanda disebut negara kincir angin? Tentu saja karena Belanda memiliki lebih dari 1.200 kincir angin. Kok banyak banget kincir angin? Buat apa?

Jadi, dikutip dari Kompas, Belanda tuh termasuk negara daratan terendah di Eropa selain Jerman, Belgia dan Luxemburg. Sekitar 26% wilayah Belanda berada di ketinggian yang lebih rendah dari permukaan air laut sehingga banyak lahan di Belanda yang sering mengalami banjir atau terendam air laut.

Dan, sekitar 2.500 mil persegi (6.500 km persegi) wilayah Belanda merupakan wilayah reklamasi tanah hasil dari pengelolaan air zaman abad pertengahan. Tentu saja, warga dan pemerintah Belanda jaman dulu berpikir keras gimana caranya nih biar bisa stay living dengan kondisi daratan yang demikian karena faktanya, hampir separuh wilayah negara Belanda berada kurang 1 meter dpl

Dibuatlah kincir angin untuk memompa air keluar dari dataran rendah kembali ke sungai. Secara technical, tenaga angin yang dihasilkan kincir angin mampu memompa air keluar dari lahan menuju sungai.

Teknologi berkembang begitu juga dengan teknologi kincir angin di belanda. Kini sebagian besar kincir angin menjadi situs sejarah yang menjadi destinasi wisata seperti kincir angin Molen de Otter yang merupakan kincir angin tertua di Belanda dan De Gooyer yang merupakan kincir angin kayu tertinggi di Amsterdam.

Maka tak heran jika Belanda juga dijuluki Netherland karena dikutip dari Babbel, Netherland terdiri dari dua kata yakni "nether" yang artinya rendah dan "land berarti negara atau tanah.

Cukup tentang kincir anginnya, yuk kita bahasa sejarah Belanda yang menjadi cikal bakal kemunculan kuliner dan pastry khas Belanda.

Dikutip dari Wikipedia, Belanda yang memiliki Luas 41.543 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 17.811.000 jiwa pada tahun 2023 memiliki sejarah awal sebagai bangsa maritim yang tumbuh dan berkembang di daerah tanah rendah delta sungai yang bermuara ke Laut Utara di kawasan barat laut benua Eropa.

Sejarah Negeri Belanda bermula dari Kekaisaran Romawi dan suku dari rumpun bangsa Jerman yang menguasai wilayah Belanda, yakni orang Frisia di sebelah utara serta kawasan pesisir, orang Saksen Hilir di sebelah timur laut, dan orang Franka di sebelah selatan.

Maka tak heran jika kuliner hingga pastry Belanda sangat dipengaruhi oleh kuliner budaya Jerman, Perancis dan Romawi.

kenapa Belanda disebut negara kincir angin
 kenapa Belanda disebut negara kincir angin

Budaya Kuliner Belanda

Keju, Akar Budaya Pastry Belanda

Bicara soal kuliner Belanda, selain Appeltaart Belanda sangat terkenal dengan kejunya. Setuju? Yang sering bikin kue kering pasti khatam ya soal perkejuan yang ideal untuk bikin kue kering seperti keju Gouda dan Edam misalnya.

Faktanya, Industri keju Belanda sudah ada sejak Zaman Keemasan tahun 1700-an, dan Belanda adalah negara eksportir keju terbesar di dunia yang mengekspor lebih dari 200 juta kilo keju per tahun.

Mengapa Belanda terkenal dengan keju? Karena Belanda merupakan negara penghasil susu terbaik dengan daya dukung ekosistem ideal untuk hewan ternak seperti sapi dan domba yang sehat dan produktif.

Hal ini tentu saja mendukung produksi susu yang menghasilkan keju terbaik dan puncaknya, pada tahun 1500-an, produksi keju di Belanda diatur oleh serikat dagang agar kualitas keju yang dihasilkan terjaga dengan baik hingga kini.

Pengaruh keju dan susu nyatanya mempengaruhi budaya kuliner Belanda dan pastry. Masyarakat Belanda sangat menyukai pastry manis sejak berabad-abad yang lalu dan dikombinasikan dengan kuliner tradisi negara Eropa lainnya.

Keju merupakan basic pastrynya Belanda tapi roti, ikan haring, daging, sosis dan kentang merupakan bahan utama kuliner Belanda sejak abad ke-18. Dan menurut sejarah, masakan Belanda berkaitan erat dengan masakan Perancis utara.

Wilayah Belanda yang Terkenal dengan Keju dan Pastry

1. Bagian timur dan utara Belanda


Daerah-daerah di utara dan timur Belanda, seperti provinsi Groningen, Friesland, Drenthe, Overijssel dan Gelderland membuat masakan timur laut Belanda merupakan wilayah yang kaya akan ikan, sosis asap tradisional, (Gelderse), rookworst (sosis asap Belanda) dan pastry dengan karakteristik bertekstur keras dan penggunaan jahe serta daging.

Berbagai pastry terkenal di wilayah ini diantaranya Kruidkoek (seperti Groninger koek), Fryske dúmkes ( di Indonesia di adopsi menjadi kue bangket ) dan spekdikken.

2. Bagian Barat Belanda


Bagian barat Belanda yang mencangkup Provinsi Holland Utara, Holland Selatan, Zeeland, Utrecht dan wilayah Gelderlandic di Betuwe adalah wilayah dimana produk susu seperti mayonaise, mustard, mentega dan keju berkembang.

Keju Gouda, Keju Leiden, Keju Edam (berbentuk bola kecil) serta Leerdammer dan Beemster merupakan keju berkualitas tinggi dan terkenal yang dihasilkan di wilayah ini.

Selain produk susu, wilayah ini juga kaya akan makanan laut seperti ikan haring , kerang hijau, belut, tiram dan udang.

Pastry terkenal dari wilayah ini adalah pastry dengan karakter mengandung banyak mentega dan gula, seperti Oliebol dan Zeeuwse.

3. Bagian Selatan Belanda


Bagian selatan Belanda mencangkup provinsi Brabant Utara, Limburg dan daerah Flandria di Belgia dan sangat terkenal sebagai wilayah penghasil Pastry dan sup sayur dengan daging.

Pastry sangat berlimpah di wilayah ini terutama pastry dengan krim yang kaya rasa seperti Vlaai dari Limburg, Moorkop dan Bossche Bol dari Brabant dan worstenbroodje.

wilayah belanda yang terkenal dengan keju
wilayah belanda yang terkenal dengan keju dan pastry


Pastry Belanda yang Wajib di Rebake!!

Berikut sembilan (9) pastry khas Belanda yang bisa banget di rebake menggunakan bahan yang mudah ditemukan di Indonesia. Apa saja? Yuk cek!

1. Oliebollen


Bomboloni, lagi - lagi memang ada di mana-mana di hampir seluruh negara Eropa ya. Seperti Oliebollen yang merupakan Bomboloni khas Belanda yang sudah ada sejak berabad-abad lalu.
Oliebollen berisi kismis atau potongan apel dengan rasa mirip donat yang dibuat dengan cara menggoreng adonan di dalam minyak panas sampai berwarna kecoklatan. 

bomboloni belanda Oliebollen
Bomboloni Belanda Oliebollen 


2. Appeltaart


pie apel belanda appletaart
pie apel Belanda appletaart

Ini favorit saya! Appeltaart yang merupakan pai apel tradisional khas Belanda yang dibuat dari potongan besar apel Elstar berkaramel yang dibumbui dengan Speculaaskruiden ( kayu manis, cengkeh, jahe, kapulaga, adas manis, dll.), gula dan jus lemon, kismis dan almond lalu dilapisi dengan butiran gula di atasnya.

3. Tompouce


Tompouce adalah pastry mille-feuille ( Napoleon)-nya belanda dengan isian puding vanila dan lapisan glasir berwarna merah muda atau putih, dengan krim kocok di atasnya.


napoleon cake belanda Tompouce
Napoleon cake Belanda, Tompouce 


4. Bossche Bollen (Sjekladebollen)


Bossche Bollen merupakan profiterole-nya Belanda yang sangat khas di Den Bosch berbentuk bola seukuran bola tenis yang diisi dengan krim kocok dan dilapisi coklat mengkilap dan renyah.


choux pastry belanda bossche
choux pastry Belanda bossche

5. Limburgse Vlaai


Limburgse Vlaai sangat terkenal di provinsi Limburg di Belanda dan Belgia merupakan pastry jenis pai (tart) tradisional khas Belanda berdiameter 30 cm terdiri dengan isian buah (aprikot, plum, stroberi atau ceri) dan ada juga berisi campuran mentega dan gula yang dihancurkan ("greumellevlaai" atau "kruimelvlaai") dan custard ("rijstevlaai"). Vlaai dipanggang menghasilkan kerak yang kenyal dengan topping butiran gula renyah yang renyah.

Limburgse Vlaai
Limburgse Vlaai


6. Zeeuwse bolus


Zeeuwse bolus adalah pastry yang dibuat oleh bangsa Yahudi dari provinsi Zeeland, Belanda yang dibuat dengan memanggang adonan roti putih yang digulung dengan gula merah tua dalam bentuk spiral, kulit lemon dan kayu manis.

Zeeuwse bolus
Zeeuwse bolus


7. Banketstaaf


Banket atau banketstaaf adalah kue tradisional Belanda yang terdiri dari puff pastry yang diisi pasta almond dan diolesi selai buah lalu dihias dengan ceri atau almond di atasnya atau dengan gula halus.

banketstaaf
Banketstaaf 


8. Moorkop Ice Cream


Moorkop merupakan choux pastry-nya Belanda yaitu Bossche Bollen yang diberi topping es krim. Moorkop pada dasarnya memang Bossche Bollen yang diisi dengan krim kocok dan dilapisi dengan coklat. 

Seperti halnya choux pastry pada umumnya, Moorkop dibuat menggunakan adonan choux pastry. Nama moorkop sendiri memiliki arti "kepala tegalan", karena dinilai kurang etis moorkop sering dijual dengan nama chocoladebol.


choux pastry belanda, moorkop
Choux pastry Belanda dengan topping es krim, Moorkop

9. Gemberbolus


Gemberbolus adalah pastry tradisional Belanda yang disebut juga roti gulung Jahe Belanda yang ditaburi jahe dengan menggunakan bahan utama susu, ragi, tepung, garam, gula, kayu manis, telur, vanili, dan mentega lalu dipanggang.

roti jahe belanda, gemberbolus
roti jahe Belanda, Gemberbolus


Kesimpulan

Belanda dengan segala keunikan dan kekhasannya, memang membuat hati rasanya ingin segera traveling kesana. Mengunjungi kincir angin, melihat tulip dan menikmati pastry khas Belanda.

Tapi bentar dulu, sebelum beneran traveling ke Belanda bisa banget dong rebake resep Bossche Bollen atau rebake resep Moorkop yang keduanya adalah choux pastry (which is gak bosen aku bilang, choux pastry itu favorit aku!wkwkwk)


Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Belanda
https://id.wikipedia.org/wiki/Belanda
https://salomeartventure.com/product/tjalf-sparnaay-moorkop/
https://www.gpsmycity.com/articles/192-dutch-sweets-and-pastries.html
https://www.tasteatlas.com/best-rated-sweet-pastries-in-netherlands
https://id.wikipedia.org/wiki/Hidangan_Belanda
https://www.kompas.com/sains/read/2022/05/07/173200323/alasan-kenapa-belanda-disebut-negara-kincir-angin

Posting Komentar