mamajokaa food blogger bandung

Pastry Khas Hungaria yang Terkenal, Salah Satunya Muncul di Film Wes Anderson

Pastry Khas Hungaria  yang Terkenal
Babos pogacsa, pastry khas Hungaria yang paling terkenal.


Reels Instagram sempat heboh beberapa waktu lalu dengan fyp reels ala-ala film karya Wes Anderson. Saya termasuk yang sangat menikmati sajian sinematografi video reels ala Wes Anderson di Instagram.

Wes Anderson memang kental dengan sinematografis film-filmnya yang memiliki warna pastel yang kontras, framing simetris dan scene menyerupai pertunjukan. Begitu juga dengan film The Grand Budapest Hotel yang berlatar belakang hotel dengan sajian inovasi pastry dari Choux Pastry khas Hungaria yaitu Courtesan au Chocolat.

Penampakan Bakery shop di film The Grand Budapest Hotel “Mendl's” dan pastry Courtesan au Chocolat Mendl pun tampak kontras dengan dominan pink dan menggoda lidah.


The Grand Budapest Hotel movie
Poster film The Grand Budapest Hotel

Mendl's the grand budapest hotel
Saoirse ronan di film The Grand Budapest Hotel

saoirse ronan Courtesan au Chocolat.
saoirse ronan membuat Courtesan au Chocolat


Pastry khas Hungaria memang se-menarik itu, yuk cek apa saja pastry hungaria yang terkenal di dunia selain Courtesan au Chocolat Mendl.

Tentang Hungaria


Bicara soal Hungaria pastinya kita semua penasaran, apa yang paling terkenal di Hungaria? Kalau saya sih terbesit Budapest, ibu kota Hungaria yang terkenal sebagai kota dengan landmark arsitektur klasik.

Negara Hungaria terkenal dengan apa? Hungaria merupakan negara yang terkenal memiliki lembaga matematika dengan peraih Nobel terbanyak di dunia.

Selain itu, Hungaria juga terkenal dengan kuliner khasnya yaitu foie gras dan Rögös túró ( keju cottage tradisional). Buat cheese lover pastinya mupeng banget nyobain jenis keju yang agak susah pelafalannya ini ya, hehe.

Berapa luas wilayah Hungaria sih? Dikutip dari Wikipedia, Hungaria memiliki luas wilayah 93.030 km2 dengan Populasi (2020) 9.749.763, terletak antara garis lintang 45°-49° Lintang Utara dan garis bujur 16°-23° Bujur Timur.

Negara - negara Eropa memang terkenal dengan lanskap cantik, indah, ala negeri dongeng dengan rumput hijau dan bukti serta gunung menjulang. Begitu juga dengan Hungaria yang memiliki lanskap cantik dan indah dengan bukit - bukit dan gunung yang terbentang dari Basin Karpatia hingga perbatasan Slovakia.

hungary city budapest
Budapest, Hungaria

danau baliton hungaria
Lanskap Danau Baliton, Hungaria (Britannica)

Hungaria juga memiliki Danau utama yaitu Danau Balaton, Danau hangat terbesar di dunia yaitu Danau Hévíz (Hévíz Spa), dan Danau Tisza (Tisza-tó). Jadi, worth it banget sih kalau mau holiday atau honeymoon ke Hungaria sambil healing menikmati keindahan lanskap alamnya sambil eksplorasi pastry khas Hungaria.


hungaria terkenal dengan
Tentang Negara Hungaria


Budaya Kuliner Hungaria


Melihat ke belakang, sejarah terbentuknya Hungaria kita bisa melihat bahwa pastry di Hungaria muncul, terbentuk dan berkembang seiring dengan perkembangan Hungaria sebagai sebuah negara,

Dimulai dari tahun 852 M dimana kerajaan Hungaria mulai didirikan hingga pada Pembentukan Diduduki oleh Kesultanan Utsmaniyah pada 1541 - 1699.

Jadi, masa pendudukan Utsmaniyah selama hampir 160 tahun sedikit banyak mempengaruhi perkembangan kuliner termasuk pastry, salah satunya Strudel yang merupakan pastry yang berakar dari Baklava, pastry tradisional Turki.

Meski demikian, kuliner khas Hungaria merupakan kuliner khas dari kelompok etnis Magyar yang sangat kental dengan kehidupan ala-ala pedesaan, peternakan dan gaya hidup nomaden. Namun kini, masakan Hungaria tidak hanya berakar dari etnis Magyar ataupun Tukri tapi juga negara Eropa lainnya.

Magyar adalah nama kuno masyarakat Hongaria. yang mana ada 7 marga Magyar yang bermigrasi bersama kavars Turki (kabars) dan menetap di Hongaria.

Tapi, mostly kuliner tradisional Hongaria tuh berbahan dasar daging, sayuran musiman, buah-buahan, roti, dan produk susu. Yaaaa typical kuliner Eropa memang yaaa yang serba roti, daging dan susu.

Jadi, terjawab sudah sih kalau ada pertanyaan dalam hati tentang darimana asal usul makanan Hongaria.

Nah yang menarik adalah, di antara semua negara Eropa, kuliner atau masakan Hungaria tuh merupakan masakan paling pedas di Eropa. Hal ini karena orang Hungaria gemar memasak menggunakan bumbu asli Hungaria yaitu paprika Hungaria. Tapi si paprika Hungaria ini lebih pedas dari cabe rawit atau cengek gendot gak ya? Hmmmm saya jadi penasaran, hehehe.

darimana asal usul makanan Hongaria
Budaya Kuliner dan darimana asal usul makanan Hongaria.



Pastry Khas Hungaria Terkenal di Dunia


Sudah kenal dengan Hungaria? Sudah ya pastinya. Lumayanlah ya kita jadi tahu budaya kuliner Hungaria tuh seperti apa sehingga kita bisa eksplor pastry khas Hungaria. yuk Lanjut!

1. Babos Pogacsa

Babos pogacsa, pastry khas Hungaria yang paling terkenal. Bentuknya bulat dan kecil dengan isian kacang goreng yang telah ditumbuk. Babos pogacsa dibuat dari adonan pastry ditambah krim asam, ragi, telur dan susu lalu dibentuk dan ditaburi keju parut dan wijen lalu dipanggang dalam oven.

Saya membayangkan, si Babos pogacsa ini pastry dengan tekstur churros bulat isian kacang tapi rasa agak asem - asem dikit karena pakai krim asam tapi gurih karena ada kacangnya, mirip gurihnya kue kacang lebaran.

Babos pogacsa, pastry khas Hungaria
Babos pogacsa, pastry khas Hungaria


2. Lekvaros Bukta

Next, pastry Hungaria yang terkenal selanjutnya adalah Lekvaros bukta yang merupakan roti manis khas Hungaria dengan isian selai buah, kacang kenari atau keju. Bahan membuat Lekvaros bukta sama persis dengan membuat Babos pogacsa. Bedanya, Lekvaros bukta ini roti yang ditaburi bubuk gula pada bagian atasnya.

roti khas Hungaria Lekvaros bukta
Lekvaros bukta roti manis khas Hungaria


3. Chimney cake (Kürtőskalács)

Kürtőskalács ini pastry yang unik banget. Bentuknya mirip cerobong asap yang bolong bagian tengahnya dengan lapisan luar seperti ulir atau kulit jeruk yang dikupas.

Cara bikinnya sih yang keren, adonan ragi berlapis gula lalu dibungkus di sekitar loyang dan dipanggang diatas api! mirip jagung bakar sih ya, di bulak balik bakar gitu. Tapi si kürtőskalács hasil endingnya dapet kerak karamel dengan bagian dalam kenyal dan lembut.

Cangkang pastry Kürtőskalács terbuat dari adonan ragi manis yang digulung dengan gula pasir, diolesi mentega cair, dan dipanggang diatas arang. Setelah di panggang diberi topping kenari bubuk atau bubuk kayu manis. Terkadang, bagian yang bolong atau lubang dari Kurtos ini diberi es krim atau krim kocok.

kurtos pastry hungaria
Kürtőskalács 


4. Esterházy Torte


Mom yang udah baca artikel tentang mille-feuille pasti relate sih dengan Torte Esterházy karena keduanya punya bentuk yang mirip. Bedanya, Esterházy torte terdiri dari lapisan buttercream vanilla dan rhum yang diapit diantara kacang kenari (atau almond) dan dibungkus dengan fondant putih dengan aksen coklat.

Torte Esterházy
Torte Esterházy


5. Krémes (Cremeschnitte)


Krémes disini bukan ayam kremes ya Mom, hehe, melainkan Cremeschnitte yang merupakan Napoleon cake-nya Hungaria yang menggunakan puff pastry, cream custard dan isian krim kocok, dan ditaburi gula halus.

kremes, Napoleon cake Hungaria
Kremes, Napoleon cake khas Hungaria

6. Farsangi Fánk


Yang namanya pastry Bomboloni, sepertinya memang ada di seluruh negara Eropa deh. Buktinya Bomboloni khas Jerman namanya Berliner Pfannkuchen, di Austria namanya Krapfen dan sementara di Hungaria, dia punya Bomboloni namanya Farsangi Fank. Di negara Eropa lain juga punya nama Bomboloni yang berbeda, seperti gambar di bawah ini :

bomboloni di berbagai negara eropa
Variasi nama Bomboloni diberbagai negara di Eropa



bomboloni khas hungaria
Farsangi Fank, Bomboloni khas Hungaria


7. Soproni Mandulás Rétes

Sama halnya dengan Bomboloni, Strudel juga sudah menjadi pastry daratan Eropa. Setiap negara Eropa punya ciri khas strudelnya masing - masing.

Seperti Soproni mandulás rétes yang merupakan variasi strudel tradisional Hongaria yang dianggap sebagai spesialisasi masakan Sopron. Soproni mandulás rétes terdiri dari adonan kue tipis yang diisi dengan buah atau selai dan krim almond sebelum dipanggang hingga renyah.

Strudel khas hungaria
Soproni mandulás rétes, Strudel khas hungaria



8. Képviselőfánk


Ini dia jawaranya!!! Pastry choux khas Hungaria yang muncul di film Wes Anderson, The Grand Budapest hotel yaitu Courtesan au Chocolat.

Courtesan au Chocolat merupakan inovasi Képviselőfánk yang dibuat bertingkat. Képviselőfánk sendiri merupakan choux pastry yang sama dengan choux pastry lainnya bedanya bentuknya seperti burger sih, custard atau krim diapit oleh kulit choux.

Courtesan au Chocolat
Courtesan au Chocolat, chooux pastry Hungaria di film The Grand Budapest Hotel



choux pastry hungaria
Képviselőfánk, choux pastry Hungaria


Kesimpulan


Udah nonton film The Grand Budapest hotel? Belum? Ya gpp, tapi bisa lah nyobain pastry hungaria lainnya seperti kürtőskalács atau disingkat Kurtos di Kurtoffie di Pakuwon Mall - Yogyakarta. Cuman ya itu, kudu ke Jogyakarta, hehehe.

Yo wis, nyobain Strudel dulu deh karena Strudel-nya Hungaria sama kok dengan Strudel Pastry khas Belanda atau Jerman. Strudel emang seperti Bomboloni sih, jadi pastry khas Eropa keknya.

Referensi : 
https://kincir.com/movie/cinema/6-ciri-khas-film-film-wes-anderson-sffnqvs0eoyzbx/
https://id.wikipedia.org/wiki/Hungaria_Utsmaniyah
https://hidayatullah.com/spesial/ragam/2022/09/14/236197/boszormeny-sejarah-muslim-hongaria-abad-pertengahan-yang-jarang-diketahui.html
https://www.offbeatbudapest.com/budapest-city-guide/best-traditional-hungarian-pastries-and-cakes/
https://www.tasteatlas.com/best-rated-pastries-in-hungary
https://en.wikipedia.org/wiki/Hungarian_cuisine
https://www.tasteatlas.com/babos-pogacsa
https://www.hungariantidbits.com/sweet-jam-filled-buns-lekvaros-bukta/
https://en.wikipedia.org/wiki/K%C3%BCrt%C5%91skal%C3%A1cs
https://kurtoskalacsinfo.hu/kurtoskalacs-teszta/
https://myurbantreats.com/desserts/traditional-esterhazy-cake/
https://www.wien.info/en/dine-drink/viennese-cuisine/recipes/sweets-desserts/esterhazytorte-345288
https://www.tripadvisor.com/LocationPhotoDirectLink-g274887-d1478658-i56053130-Auguszt_Cukraszda_Belvaros_downtown-Budapest_Central_Hungary.html
https://www.mindmegette.hu/hazi-kremes-egyszeruen-finoman.recept/
https://www.tasteatlas.com/soproni-mandulas-retes
https://zserbo.com/desserts/hungarian-cream-puffs-kepviselofank/


Posting Komentar