mamajokaa food blogger bandung

Resep Raspberry Millefeuille Ala Gordon Ramsay yang Mudah dan Cepat


Resep Raspberry Millefeuille Ala Gordon Ramsay


Sebagai chef, Gordon Ramsay memang terkenal kontroversi dan unik, galak dan “semau gue”. Tapi justru itu keunikan dan “branding” seorang Gordon Ramsay yang pada akhirnya menjadi idola tidak hanya chef tapi juga emak - emak chef wannabe seperti saya, hehe.

Tidak hanya masakan, Gordon Ramsay juga kerap membagikan resep pastry yang salah satunya adalah Mille Feuille. Yuk baca selanjutnya untuk mengetahui bagaiaman Gordin Ramsay membuat Mille Feuille yang mudah, cepat dan menggunakan bahan lokal.

Siapa Itu Gordon Ramsay

Mungkin sebagian dari kita mengena Gordon Ramsay (8 November 1966) sebagai salah satu juri di ajang pencarian bakat chef, MasterChef. Tapi lebih dari itu, Gordon Ramsay merupakan chef yang telah dianugerahi 17 bintang Michelin dan saat ini memegang gelar 7 bintang Michelin.

Sebagai seorang chef jelas Gordon Ramsay sukses, tapi kesuksesannya tidak berhenti disana. Sebagai pengusaha di bidang kuliner, Gordon Ramsay merupakan pendiri grup rrestoran global di beberapa negara seperti Inggris Raya, AS, Singapura, Prancis, Tiongkok, UEA, dan Qatar.

Karirnya sebagai chef berawal dari Awal karier Gordon dimulai ketika menjadi chef magang di bawah bimbingan para chef ternama seperti Marco Pierre White dan Albert Roux di London. Setelah Gordon pindah ke Prancis dan bekerja di dapur Guy Savoy dan Joël Robuchon, Gordon memperoleh keahliannya dalam hidangan Perancis klasik.

Lalu pada tahun 1993, Gordon menjadi Chef Kepala restoran di London, Aubergine yang dalam tiga tahun restoran tersebut dianugerahi dua bintang Michelin.

Gordon Ramsay lantas menjadi terkenal sebagai celebirty chef yang populer ketika menjadi juri di acara televisi, Boiling Point pada tahun 1999 disusul Hell's Kitchen (2004), Ramsay's Kitchen Nightmares (2004-2009), dan MasterChef hingga saat ini.

Meski dikenal sangar, gahar dan galak nyatanya resep yang selalu Gordon sajikan menggiurkan dan hasilnya memiliki penampakan yang satisfyiing, termasuk resep Mille feuille yang dishare di channel Youtube miliknya.

siapakah gordon ramsay
Profil Chef Gordon Ramsay


Mille feuille adalah


Mille feuille adalah pastry tradisional Perancis yang terbuat dari flaky pastry dengan isian dan topping krim pastry dengan additional topping buah - buahan atau ganache bermotif marmer.

Sejarah Mille feuille memang tidak pasti, dimana beberapa sumber menyatakan bahwa Mille feuille otentik Italia dan sumber lain menyatakan berasal dari Perancis. Namun yang pasti, Mille feuille yang kerap disamakan dengan Napoleon pastry nyatanya banyak disukai oleh warga dunia.

Apa yang membedakan antara Mille Feuille dengan Napoleon Pastry? Mudah saja, Mille feuille memiliki isian yang terbuat dari krim pastry (custard), sementara Napoleon memiliki isian pasta almond yang terkdang diberi topping slice biji almond.

Terkait topping dengan motif marmer atau bentuknya yang seperti sandwhich, memang kedua jenis pastry ini memiliki kesamaan. Oleh sebab itu tidka heran jika sebagian besar orang menyebut Mille feuille sebagai Napoleon.


Mille feuille itu apa
Pastry Mille feuille



Bahan Membuat Mille feuille Ala Gordon Ramsay

Sekadar melihat saja nampaknya mudah membuat Mille feuille ala Gordon Ramsay. Tapi sebetulnya, ada point penting dan krusial dalam membuat Mille feuille yaitu flaky pastry dan krim isian. Tapi dalam resep Mille feuille ala Gordon Ramsay, Gordon tidak menggunakan flaky pastry melainkan puff pastry untuk memperoleh “ratusan” layer yang sangat tepat untuk Mille feuille.

Pada resep Mille feuille ala Gordon Ramsay, hanya tiga bahan saja yang digunakan yaitu adonan Puff pastry, Isian krim menggunakan double cream dan topping Raspberry.

1. Adonan Puff Pastry


Puff pastry (pâte feuilletée) adalah pastry berlayer yang crunchy terbuat dari adonan berlapis yang terdiri dari adonan dan mentega korsvet yang dimasukkan ke dalam adonan, dilipat menggunakan metode Perancis secara berulang kali dilipat sebanyak empat kali.

Untuk mempermudah proses membuat Mille feuille ala Gordon Ramsay, kita bisa menggunakan puff pastry instan yang tersedia di marketplace. Mudah dan cepat bukan? 

2. Isian Krim


Isian krim untuk resep Mille feuille ala Gordon Ramsay adalah krim yang menggunakan bahan vanilla pod, double krim, serutan kulit jeruk, Orange Liqueur.

Krim yang digunakan adalah jenis Krim ganda (Double Cream) yang merupakan krim kental dan mengandung 48% lemak. Kita bisa menggunakan double cream merk Richs dan tersedia di marketplace.

3. Orange Liqueur 


Orange Liqueur adalah minuman keras non halal di mana kulit jeruk digunakan sebagai bahan dasar dalam proses penyulingan, jadi kita bisa menggantinya dengan Orange-Flavored Syrup Juice atau tidak menggunakan sama sekali.

4. Vanilla pod 


Vanilla pod adalah batang vanilla yang dalam pembuatan Mille feuille ala Gordon Ramsay yang digunakan adalah bagian dalamnya. Kita bisa menggunakan batang vanilla yang tersedia di marketplace dengan harga Rp.18.000/batang atau Rp.40.000/10 gram.

5. Topping Raspberry


Topping yang digunakan untuk membuat Mille feuille ala Gordon Ramsay adalah krim dan raspberry. Tidak sulit ya menemukan raspberry karena tersedia di supermarket.


bahan membuat mille feuille Gordon Ramsay
bahan membuat mille feuille Gordon Ramsay

Resep Mille Feuille ala Gordon Ramsay

Bahan - Bahan

  • 320–375g Lembar Puff Pastry Instan
  • 3 sdm icing sugar
  • 2 buah vanili pod (batang vanilla)
  • 600 ml double cream
  • Kulit jeruk
  • ½ sdm minuman keras rasa jeruk, mis. Grand Marnier
  • 200g raspberry segar

Cara Membuat :

1. Menyiapkan Puff Pastry

  • Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 220°C
  • Siapkan puff pastry instan lalu letakan diatas loyang anti lengket atau loyang biasa yang sudah diberi alas kertas roti
  • Taburi permukaan puff pastry instan dengan icing sugar lalu panggang selama 8 menit lalu turunkan suhu oven menjadi 200°C selama 12 menit hingga berwarna keemasan dan mengkilat
  • Angkat puff pastry dan biarkan hingga agak dingin

2. Membuat Isian Krim

  • Siapkan double cream dan simpan dalam bowl
  • Kerik vanilla pod dan campurkan ke dalam double cream
  • Tambahkan 3 sendok makan gula pasir
  • kocok adonan hingga membentuk soft peak.
  • Tambahkan parutan kulit jeruk lalu aduk
  • Memasukan kim ke dalam piping bag dan dinginkan hingga siap digunakan.

3. Menyiapkan Mille Feuille

  • Setelah puff pastry dingin, potong menjadi tiga bagian dengan ukuran yang sama
  • Siapkan krim yang sudah didinginkan dan semprotkan di atas potongan puff pastry dengan cara menyemprot krim secara vertikal seperti membuat garis di atas potongan puff pastry
  • Lakukan hingga semua permukaan puff pastry hampir tertutup krim
  • Tutup puff pastry dengan krim tersebut dengan potongan puff pastry yang lain lalu lapisi juga dengan krim dengan cara yang sama
  • Beri topping raspberry diatas topping krim
  • Tutup kembali dengan puff pastry dan beri topping yang sama dan taburi bagian topping dengan icing sugar dan Mille Feuille siap disajikan

Resep Raspberry Millefeuille Ala Gordon Ramsay Mudah
Resep Raspberry Millefeuille Ala Gordon Ramsay Mudah dan Cepat


Kesimpulan


Cara paling nikmat memakan Mille Feuille adalah dengan cara memotong menjadi beberapa bagian kecil atau melahap seperti melahap burger. Ditemani secangkir teh hangat atau kopi.

Mudah bukan membuat Mille Feuille ala Gordon Ramsay? Tentu saja bahan - bahan yang digunakan tersedia di marketplace. Sama mudahnya dengan membuat Cremeschnitte yang merupakan salah satu pastry khas Austria. Selamat mencoba!

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Gordon_Ramsay
https://www.gordonramsay.com/
https://www.instagram.com/gordongram/
https://www.youtube.com/channel/UCIEv3lZ_tNXHzL3ox-_uUGQ

Posting Komentar