mamajokaa food blogger bandung

Mengenal Marzipan dan Resep Marzipan Asli Jerman

Resep Marzipan Asli Jerman


Marzipan muncul pada resep pastry khas Jerman Bethmannchen yang memang merupakan pastry marzipan.

Selain digunakan dalam resep Bethmannchen, marzipan juga kerap digunakan dalam resep pastry lainnya seperti Chocolate marzipan truffle, muffin, chocolate cookies, Banketstaaf dan lain sebagainya.

Penasaran dong dengan apa itu marzipan dan bagaimana membuat marzipan. Yuk baca selanjutnya untuk tahu lebih lanjut mengenai marzipan.

Marzipan Adalah


Dikutip dari daringgourmet.com, Marzipan adalah pasta manisan yang terbuat dari kacang almond dan gula yang ditambahkan ekstrak almond dan mawar untuk menguatkan rasa.

Marzipan memiliki tekstur halus dan lentur sehingga mudah dibentuk menjadi berbagai bentuk. Terdapat dua jenis marzipan, yaitu marzipan dan pasta almond. Apa perbedaan keduanya?

Meski keduanya terbuat dari kacang almond, namun baik marzipan maupun pasta almond keduanya berbeda.

Pasta almond memiliki tekstur lebih lembut yang dibuat dengan jumlah kacang almond dan gula tidak lebih tinggi dari membuat marzipan. Pasta almond biasanya digunakan sebagai isian pastry seperti kue tart dan kue kering yang dipanggang baik sebagai isian.

Sedangkan marzipan memiliki tekstur lebih keras dari pasta almond yang dibuat dengan perbandingan gula dan almond yang lebih tinggi, sehingga dapat dibentuk dan dicetak menjadi permen marzipan.

marzipan adalah
Marzipan, permen almond Jerman


Asal Usul Marzipan


Seperti halnya pastry yang lainnya, asal usul marzipan juga memiliki banyak versi sejarah dan mitos.

Namun untuk marzipan, jelas bahwa akarnya terletak pada budaya Arab yang kemudian masuk daratan Eropa sekitar tahun 1000 pada masa dominasi Islam di Sisilia.

Bahkan sumber lain menyatakan bahwa marzipan sudah ada di Eropa sejak tahun 850 ketika seorang dokter Persia bernama Rhazes memuji khasiat penggunaan almond untuk kesehatan. Resep marzipan lantas masuk Eropa pasca perang salib.

Kata marzipan dipercaya berasal dari bahasa Arab maw-thabán, sebuah istilah yang digunakan untuk menunjukkan koin perak Timur Tengah.

penemu marzipan
Ilustrasi Rhazes, seorang dokter Persia penemu Marzipan (sumber :niederegger.de)


Marzipan dipercaya muncul pertama kali di Toledo, Spanyol pada tahun 850-900 masehi dengan kemungkinan besar terjadi pada tahun 1150 pada masa pemerintahan Alfonso VII, yang saat itu marzipan dikenal dengan nama Postre Regio dan di Sisilia pada tahun 1193 marzipan dikenal sebagai panis martius atau marzapane, yaitu Roti Maret.

Terkait hal ini, resep marzipan masuk dalam kamus yang diterbitkan pada tahun 1521 yang menyebut marzipan sebagai panis Marcius. Beberapa orang percaya bahwa nama tersebut berasal dari Marzo, seorang penemu kue bolu Italia, sementara yang lain percaya bahwa istilah Marci panis berasal dari roti Marcus. Namun hal ini merupakan suatu kontradiksi karena marzipan sudah dieja dengan az dan bukan ac pada masa-masa awal, dan oleh karena itu tidak akan pernah dikenal sebagai roti Marcus tetapi sebagai roti Marzi.

Dalam kedua kasus tersebut, ada alasan untuk percaya bahwa ada pengaruh Arab yang jelas karena alasan sejarah dimana kedua wilayah tersebut berada di bawah kendali Muslim dan ada juga yang menyebutkan dalam Kitab Seribu Satu Malam tentang pasta almond yang dimakan selama Ramadhan dan sebagai afrodisiak.

asal usul marzipan
Ilustrasi crusader pasca perang salib yang membawa resep marzipan (sumber niederegger.de)


sejarah marzipan
Ilustrasi-marzipan di abad ke 13 dibawa ke venice dan sisilia ( sumber niederegger.de)



Sumber lain menyebutkan asal muasal marzipan di Cina, dari mana resepnya berpindah ke Timur Tengah dan kemudian ke Eropa melalui Al-Andalus. Di Toledo, Mazapán juga merupakan salah satu produk kota.

Namun versi sejarah lainnya menyatakan bahwa kemungkinan besar, marzipan berasal dari Italia yang diperkirakan dibawa melintasi pegunungan Alpen sekitar 500 tahun yang lalu oleh para pedagang.

Di Jerman, marzipan telah lama dibuat sejak abad ke-16 dan diperkenalkan ke Timur Tengah lewat Venesia. Hingga abad ke-18, marzipan digunakan untuk tujuan pengobatan sampai akhirnya menjadi penganan bagi orang kaya di awal abad ke-19.Mulai tahun 1950-an, marzipan menjadi penganan sehari-hari dan dijumpai pada perayaan penting seperti Paskah dan Natal.

Kota Lübeck di Jerman memiliki tradisi pembuatan marzipan yang disebut Lübecker Marzipan. Ada kepercayaan bahwa seorang koki Jerman mendapat kehormatan menjadi orang pertama yang memproduksi marzipan pada abad ke-17 bernama Franz Marcip yang diminta untuk membuatkan hidangan penutup yang lezat untuk hari raya yang istimewa.

Franz Marcip menyuruh para pembantu dapur untuk bekerja merebus dan memotong almond dalam jumlah besar, lalu Franz Marcip menambahkan sedikit gula untuk membuat sejenis adonan yang dipotong kecil-kecil dan adonan tersebut diberi nama seperti namanya, Franz Marcip. Pada usia senja, Franz Marcip kembali ke kampung halamannya di Lübeck dan mendirikan pabrik marzipan.

Memang banyak versi terkait asal usul marzipan dan beberapa negara mengklaim bahwa marzipan merupakan makanan leluhur nenek moyang mereka. Namun yang jelas, menurut niederegger.de menyatakan bahwa akar marzipan memang dari arab pasca perang salib.

Resep Marzipan Jerman yang Mudah dan Simple


Berdasarkan undang-undang UE, marzipan harus memiliki kandungan minyak almond minimal 14% dan kadar air maksimum 8,5%. Bahan tambahan opsional adalah air mawar, madu, pistachio, pengawet, dan terkadang kemiri.

Sementara di AS, marzipan umumnya dibuat dengan rasio gula terhadap almond yang lebih tinggi dibandingkan pasta almond. Namun, di Swedia dan Finlandia “pasta almond” mengacu pada marzipan yang mengandung 50% kacang almond, kualitas yang jauh lebih tinggi daripada marzipan biasa.

Lantas mana resep marzipan yang asli? Meski sejarah menyatakan marzipan berakar dari arab dan Spanyol, namun agak sulit menemukan resep asli dari kedua wilayah tersebut.

Sehingga, resep marzipan yang kini banyak bermunculan baik di internet maupun buku resep adalah resep marzipan khas Jerman yang memang marzipan saat ini diakui sebagai makanan khas Jerman.

Di Jerman, pasta almond atau marzipan yang menjadi bahan dasar confect marzipan halus disebut Marzipanrohmasse yang memiliki kandungan gula yang lebih rendah dibandingkan marzipan olahan sehingga lebih cocok untuk dipanggang karena bentuknya lebih baik.

Jerman memiliki pedoman yang sangat ketat mengenai rasio gula terhadap almond untuk resep marzipan. Menurut pedoman Jerman, pasta marzipan harus terdiri dari sekitar 48% almond dan 35% gula. Cairan tidak boleh lebih dari 17%.

Lübecker Marzipan memiliki setidaknya 70% kandungan almond, sedangkan Lübecker Edelmarzipan (Fine Marzipan) memiliki 90% kandungan almond. Kualitas marzipan sangat ditentukan oleh kualitas almond dan bahan lainnya. [Sumber: Lebensmittelklarheit.de].

Berikut resep marzipan asli Jerman yang saya kutip dari https://mydinner.co.uk/german-marzipan/ milik Marita Sinden, a self-taught home cook and food blogger.asli Jerman dan berasal dari keluarga pembuat roti terkenal di Jerman yaitu keluarga Bäckerei Jünemann di Bremen.

Mydinner adalah blog makanan yang menyajikan resep Jerman yang didedikasikan untuk mempromosikan resep Jerman di seluruh dunia.

Bahan - Bahan

  • 200 gram almond
  • 100 gram gula halus
  • 2 sendok teh ekstrak almond
  • 1 sendok teh ekstrak vanila
  • ½ sendok teh air mawar
  • air

Cara Membuat

  1. Masukkan almond ke dalam panci dan tambahkan air secukupnya hingga menutupi almond.
  2. Didihkan air tidak lebih dari 2 menit lalu segera saring almondnya hingga kulitnya terkelupas
  3. Keringkan almond di atas kertas dapur
  4. Tambahkan kacang almond ke dalam food processor Anda dan giling hingga halus.
  5. Tempatkan kacang almond dan gula halus di permukaan kerja Anda, lalu aduk.
  6. Tambahkan ekstrak almond dan vanilla serta air mawar lalu uleni.
  7. Tambahkan air dalam porsi kecil - sendok teh demi sendok teh sesuai kebutuhan. Jika pasta Anda terasa terlalu basah, Anda bisa menambahkan sedikit gula halus.
  8. Uleni semua bahan dengan tangan sampai mendapatkan adonan yang halus.
  9. Usahakan untuk tidak menguleni adonan terlalu lama, karena minyak dari almond akan keluar dan membuat marzipan terlalu kering.
  10. Marzipan siap disantap atau membungkusnya dengan cling film dan menyimpannya di lemari es.
  11. Menambahkan lebih banyak gula halus akan membuat adonan lebih elastis dan halus sehingga lebih mudah dibentuk dan dibentuk.
Simpan marzipan kedap udara dan membungkusnya dengan cling film lalu simpan di lemari es. Hangatkan di oven selama 30 detik untuk mendapatkan kembali marzipan yang empuk.

resep marzipan asli jerman
Resep marzipan asli Jerman (sumber mydinner)

Kesimpulan


Selain menambah rasa pada pastry, faktanya almond memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jadi mengkonsumsi marzipan atau menambahkan dalam pastry tentu akan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan selama porsi gula tidak berlebihan ya.

Resep marzipan diatas sangat mudah dibuat dan bahan yang digunakan juga cukup mudah diperoleh. Pastry Jerman memang khas terutama penggunaan marzipan atau kayu manis seperti pada resep Franzbrötchen.

Selamat mencoba!

Referensi :
https://mydinner.co.uk/german-marzipan/
https://www.thespruceeats.com/marzipan-521098
https://marzipanlove.com/history-of-marzipan/
https://id.wikipedia.org/wiki/Marzipan
https://www.odense-marcipan.com/about-odense/the-inventing-of-marzipan
https://www.gamberorossointernational.com/news/food-news/marzipan-history-recipes-and-variations-of-the-typical-sweet-pastry-of-sicily/
https://www.niederegger.de/marzipan/geschichte-des-marzipans/

Posting Komentar