mamajokaa food blogger bandung

Resep Bethmännchen, Brioche Pastry Jerman Dengan Sejarah Unik

Resep Bethmännchen Jerman
Image : daringgourmet.com


Kita bahas lagi Brioche pastry yuk! Hehehe, Kali ini aku penasaran banget dengan Brioche khas Jerman yaitu Bethmännchen (dibaca “betmenceun).

Mengapa? Karena selain rasanya yang unik terbuat dari marzipan, juga sejarahnya yang gak kalah unik. Penasaran kan?

Yuk baca selanjutnya untuk tahu apa itu Bethmännchen, apa itu marzipan dan gimana asal usul pastry Jerman Bethmännchen yang satu ini.

Bethmännchen Adalah


Dikutip dari Wikipedia, Bethmännchen adalah pastry Jerman yang terbuat dari marzipan dengan almond, gula halus , air mawar , tepung dan telur. Bethmännchen merupakan pastry tradisional hari Natal dan banyak tersedia di toko coklat di sekitar Frankfurt.

Bethmännchen adalah
Bethmännchen, pastry khas Jerman


Sejarah Unik Bethmännchen


Sepertinya jarang banget sih pastry yang dikasih nama penemunya, misalnya resep Eclair yang terkenal diciptakan oleh Marie-Antoine Carême, kan gak jadi pastry cereme misalnya. Tapi berbeda dengan Bethmännchen yang namanya diambil dari nama keluarga Bethmann.

Siapa sih keluarga Bethmänn itu?

Jadi, Bethmann adalah marga keluarga kaya raya di Jerman. Dikutip dari Wikipedia, Keluarga Bethmann terkenal karena sukses dalam usaha dagang dan keuangan.

Keluarga Bethmann sudah ada sejak awal abad ke-18 dan nenek moyang mereka (Konrad Bethmann) berasal dari kota Goslar di Jerman utara yang merupakan seorang bangsawan feodal yang bahkan memiliki lambang lambang keluarga bangsawan.

lambang keluarga bethmann
Lambang keluarga Bethmann (Image : Wikipedia)


Bank Bethmann (Gebrüder Bethmann) didirikan oleh Johann Philipp Bethmann (1715–1793) dan Simon Moritz Bethmann (1721–1782) pada tahun 1748 dan industri perbankan menyebar luas di Eropa sejak saat itu.

Bahkan masih ada keluarga Bethmann yang bergerak di bidang real estate komersial dan kehutanan di abad ke-21.

Hal yang unik dari keluarga Bethmann adalah, dari setiap generasi pasti ada anggota keluarga (keturunan) yang bernama Simon Moritz. Nah yang membingungkan, Simon Moritz yang mana nih yang menjadi inspirasi nama pastry Bethmännchen? Yuk kita telusuri!

Konrad Bethmann meninggalkan kampung halamannya untuk magang di Eisleben dan menjabat Münzwardein di Dömitz (Mecklenburg) kemudian menjabat sebagai Münzmeister (pengawas logam mulia dan uang)  sepanjang tahun 1683 - 1692.

Setelah meninggal, Konrad Bethmann mewariskan kekayaan besar kepada jandanya, Anna Elisabeth (1654–1727) yang merupakan penduduk asli kota Minden di Jerman utara di mana gereja St Simeon, Protestan sudah ada sejak tahun 1529, dan biara Katolik Roma St Maurice berdiri berdampingan hingga hari ini. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa pada generasi berikutnya, selalu ada satu anak laki-laki bernama "Simon Moritz".

Anna Elisabeth dan Konrad Bethmann memiliki tiga putri dan seorang putra bernama Simon Moritz Bethmann (1687–1725) yang bertugas di Rumah Nassau-Weilburg sebagai Amtmann atau hakim juru sita, di Bergnassau di sungai Lahn.
 
Simon Moritz Bethmann (1687–1725) memiliki tiga putra yaitu : 
  • Johann Philipp Bethmann (1715–1793),
  • Johann Jakob Bethmann (1717–1792) dan
  • Simon Moritz Bethmann (1721–1782).

Diantara semua Simon Moritz dikeluarga Bethmann, yang paling terkenal adalah Simon Moritz (1721–1782) yang merupakan seorang bankir, diplomat, politikus, dermawan, dan penyuka seni. 


Simon Moritz (1721–1782)
Simon Moritz (1721–1782) (Image wikipedia)


Adiknya Maria Elisabeth adalah ibu dari Marie d'Agoult dan nenek dari Cosima Wagner; saudara perempuannya Susanne Elisabeth adalah nenek buyut Theobald von Bethmann Hollweg, yang menjadi kanselir Jerman dari tahun 1909 hingga 1917. Saking kaya rayanya, Bethmann banyak menjadi investor pembangunan Eiffel Tower di Paris ( 1887–1889).

Dengan latar belakang yang wow banget dan gak main-main, nampaknya gak heran kalau Bethmann dijadikan nama sebuah pastry yang mewakili negaranya karena kontribusinya yang begitu besar terhadap perekonomian negara.

Lantas, apa korelasi antara pastry jerman Bethmännchen dengan keluarga Bethmann?

Sebetulnya pastry serupa Bethmännchen sudah ada sejak tahun 1581 dalam sebuah buku resep “New Kochbuch” (Buku Masakan Baru) karya Max Rumpolt yang menyebutkan resep pastry yang terbuat dari marzipan bernama “Brentenmasse”.

buku resep New Kochbuch karya Max Rumpolt
Buku resep New Kochbuch karya Max Rumpolt (sumber wikipedia)

Pada tahun 1838, Brentenmasse kemudian diadopsi oleh koki pribadi Simon Moritz von Bethmann menyajikan Brenten dalam bentuk lebih kecil untuk keluarga Bethmann.

Sejak saat itu, Brenten karya sang koki menjadi terkenal dan tersedia di hotel-hotel besar menggunakan resep sang koki. Resep Bethmännchen pertama kali dicatat oleh ahli pembuat manisan Hahn dalam buku masaknya pada tahun 1840 yang hingga saat ini menjadi resep dasar untuk Bethmännchen.

Tapi, kan Simon Moritz Bethman yang seorang bankir meninggal bahkan sebelum masuk abad 18, jadi ada kemungkinan pastry yang dimaksud dipersembahkan untuk anggota keluarga Bethmann yang lain yaitu Theobald Theodor Friedrich Alfred von Bethmann Hollweg (29 November 1856 – 1 Januari 1921) adalah seorang politikus Jerman yang menjadi kanselir Kekaisaran Jerman dari tahun 1909 hingga 1917 yang seorang kanselir Jerman.  

bank bethmann
Bahasa Inggris: Bethmann-Bank di Bethmannstrasse di Frankfurt am Main-Altstadt


Anyway, dikurtip dari visitfrankfurt.travel, versi legendanya hampir sama dengan kebanyakan legenda yaitu biskuit marzipan kecil yang dihias dengan almond, berakar kuat dalam budaya Frankfurt yang di buat di House of Bethmann dengan cerita Bethmännchen yang memiliki empat bagian almond mewakili empat putra keluarga bankir Bethmann yang terkenal. 

Namun, pada tahun 1845, almond yang terdapat di Bethmännchen dikurangi satu karena salah satu anak laki-laki Bethmann bernama Heinrich meninggal. Sejak saat itu Bethmännchen hadir dengan tiga buah kepingan almond di sisinya hingga saat ini dan tak pernah berubah.

adonan bethmannchen siap dipanggang
Adonan bethmannchen siap dipanggang (sumber : daringgourmet.com)


Memang agak membingungkan sih, yang benar yang mana  namun fakta Bethmännchen merupakan apreasiasi kepada keluarga Bethmann benar adanya. Duh aku mau juga dong punya pastry dengan nama sendiri, tapi siapa aku ya? Hehehe.

Resep Bethmännchen Asli Jerman


Salah satu bahan penting dalam membuat Bethmännchen adalah Marzipan. Apa itu Marzipan?

Marzipan merupakan manisan yang terdiri dari gula dan tepung almond (almond bubuk), kadang-kadang ditambah dengan minyak atau ekstrak almond (wikipedia).

Dimana beli Marzipan? Di marketplace tersedia ya Mom, terutama di toko hijau. Harganya bervariasi mulai dari Rp.140.000 per 250 gram. Cukup mahal ya? Wkwkwkw. Tenang kita bisa kok bikin marzipan sendiri, resepnya saya share di next artikel ya.

Selain marzipan, Bethmännchen juga menggunakan air mawar untuk masak. Emang ada air mawar untuk masakan? Ofkors! Tersedia di toko hijau dengan merek Thurga's air mawar asli 300ML Rp.36.000.

air mawar untuk memasak
Thurga's, merek ar mawar untuk memasak

marzipan

Marzipan (sumber daringgourmet.com)



Bahan-bahan

8 ons marzipan
93 gram gula bubuk
93 gram cangkir kacang almond/tepung almond yang sudah direbus
79 gram cangkir tepung serbaguna
1 putih telur ukuran sedang
2 sendok teh air mawar
1 kuning telur ukuran sedang , campur dengan 1 sendok teh air
93 gram cangkir kacang almond utuh yang sudah direbus, dibelah dua

Cara Membuat

  1. Siapkan marzipan dan pecahkan menjadi potongan-potongan kecil dalam mangkuk pencampur.
  2. Ayak gula halus di atas marzipan dan tambahkan kacang almond, tepung, air mawar, dan putih telur. Adonannya akan lengket tetapi akan mengeras setelah dimasukkan ke dalam lemari es. Jika terlalu lengket, tambahkan lagi almond bubuk dan gula halus.
  3. Bungkus adonan kue dengan bungkus plastik dan dinginkan setidaknya selama satu jam.
  4. Gulung adonan menjadi bola-bola kecil, diameternya tidak lebih dari 2,5 cm.
  5. Tempatkan bola-bola di atas loyang yang sudah dilapisi kue dan tempelkan 3 bagian almond secara merata di sekitar setiap kue, dengan sisi runcing menghadap ke atas.
  6. Olesi setiap kue dengan campuran kuning telur dan panggang dengan oven suhu 170 derajat celcius selama kurang lebih 15 menit hingga olesan telur berubah warna menjadi keemasan.
  7. Pindahkan kue ke rak kawat hingga benar-benar dingin. Simpan dalam wadah kedap udara hingga beberapa minggu.
Resep Bethmännchen Asli Jerman
Resep Bethmännchen Asli Jerman

Kesimpulan


Sejarah Bethmännchen ini unik juga ya dan punya sisi sejarah yang menarik. Dari sebuah pastry Bethmännchen kita mengenal salah satu tokoh paling berpengaruh di Jerman yaitu keluarga Bethmann yang emang udah dari nenek moyangnya punya privilege beunghar alias kaya raya.

Tapi bicara soal resep Bethmännchen, mudah banget kann bikin Bethmännchen? Yang suka kacang almond udah pasti suka Bethmännchen sih. Penasaran banget dengan rasa Bethmännchen ini. Auto rebaking sih barengan dengan resep Franzbrötchen deh biar sekalian nyari bahannya yaitu kayu manis, hehe.

Referensi :
https://www.daringgourmet.com/traditional-german-bethmannchen-marzipan-cookies/
https://www.konditorei-cafe-altes-rathaus.de/frankfurter-bethmaennchen/the-history-of-frankfurts-bethmaennchen/
https://en.wikipedia.org/wiki/Bethmann_family
https://www.visitfrankfurt.travel/en/experience/cuisine/frankfurt-specialities

Posting Komentar