mamajokaa food blogger bandung

Resep Friesentorte, Pastry Kincir Angin Khas Jerman Yang Renyah dan Manis


Resep Friesentorte


Bicara soal pastry dengan cream, saya suka banget! Seperti Mille-feuille misalnya. Dia punya lapisan keras dari puff pastry yang berlayer dengan dengan sentuhan soft pada whipping Cream sebagai isiannya.

Saya kira, salah satu must have pada pastry isian sih ya, dengan isian coklat, pastry cream atau whipping Cream yang Fluffy, sweet dan gurih gitu gak sih?

Seperti Friesentorte yang merupakan Mille-feuille-nya Jerman dengan isian pastry cream/whipping Cream yang banyak banget! Duh belum apa-apa saya udah ngiler duluan, wkwkwkwk.

Yuk baca selanjutnya untuk mengetahui apa itu Friesentorte dan dua resep Friesentorte yang mudah dibuat menggunakan bahan - bahan lokal.

Apa Itu Friesentorte


Friesentorte adalah pastry dibuat dengan krim kocok, puff pastry, dan selai plum. Friesentorte merupakan pastry khas daerah Frisia Utara (Schleswig-Holstein) dan Frisia Timur (Lower Saxony) di Jerman.

Kerap dikenal sebagai windmill cake atau pastry Kincir angin, Friesentorte merupakan kue khas dari Frisia Utara dan Frisia Timur, yang kini juga tersebar luas di wilayah lain (bagian utara) Jerman Utara.

Friesentorte memiliki dua - tiga lapis selai plum, krim kocok, dan alas puff pastry dilapis secara bergantian di atas alas shortcrust pastry, diikuti dengan lapisan krim dimana potongan puff pastry berbentuk segitiga (satu per potong kue) ditempatkan secara miring.

Mirip banget dengan Mille-feuille bukan? Beberapa varian Friesentorte juga menambahkan bahan - bahan seperti gula vanila dan Sahnesteif, Kacang-kacangan, alkohol dan marzipan.


Friesentorte adalah
Friesentorte, pastry tart khas Jerman

Friesentorte pastry khas Jerman
Friesentorte, pastry khas Jerman (image : spoonfulsofgermany.com)

Bagaimana cara menyantap Friesentorte ? Mudah, kita bisa langsung menggigit menggunakan jari atau yang agak polite dan agak-agak fine-dining dengan menggunakan garpu dan sendok kue.

Friesentorte kerap disantap pada acara upacara minum teh Frisian pada hari Minggu dan perayaan. Terkadang Friesentorte juga disantap pagi dan sore hari ditemani kopi yang sangat terkenal di Kaffeeklatsch.

Resep Friesentorte Ala Yushka, yang Mudah Dibuat


Resep Friesentorte ini saya kutip dari youtube channel www.youtube.com/@sugarprincessy yang memiliki 111 rb subscriber dan 382 video dengan jumlah video sudah ditonton sebanyak 19.595.878 kali. Sugraprincessy sudah bergabung di Youtube sejak Januari tahun 2015.

Sugarprincessy adalah channel Youtube kuliner khas Jerman milik seorang ibu rumah tangga asli bernama Yushka yang memang asli orang Jerman. Yushka juga membagikan resep kuliner Jerman di blog pribadinya bertajuk sugarprincess.de.

Penggunaan Bahan dan Isian


Friesentorte memiliki isian yang terbuat dari campuran whipping cream dan pastry cream, tapi kita juga bisa menggunakan meringue buttercream.

Meringue buttercream adalah cream lembut yang terbuat dari sirup gula panas, putih telur dan mentega yang ditambahkan satu per satu dan di kocok secara bertahap. Meringue buttercream memiliki tekstur ringan dan halus seperti whipped cream namun dengan rasa tidak terlalu manis.

Terkait buah plum sebagai bahan utama Friesentorte , kita bisa memperoleh buah plum hitam atau merah segar yang tersedia di supermarket. Tersedia di supermarket terkenal di kota seperti Hypermart, Giant, Yogya Departemen Store, Lotte Mart dan lain sebagainya dengan harga mulai dari Rp. 4000 per 100 gram.

Tapi kalau dirasa plum terlalu mahal dan sulit ditemukan, kita bisa mengganti buah plum dengan buah denga rasa dan tekstur yang agak mirip seperti persika, prikot, cranberry, Irisan apel merah atau buah pear. 

Sebagai catatan, resep ini menggunakan rum sebagai bahan tambahan. Mengingat nilai kehalalan, kita bisa mengganti rum dengan molase, cuka apel atau sari atau jus nanas.

Untuk puff pastry, kita bisa menggunakan puff pastry instan yang tersedia di marketplace. Boleh merek apa saja namun pastikan di lelehkan atau biarkan di suhu ruang hingga elastis setelah dikeluarkan dari freezer.

Bahan - Bahan


750 gram buah plum
80 gram gula pasir
Kulit dan jus setengah lemon
1 batang kayu manis
adas bintang 
20 g bubuk puding vanila (atau tepung kanji ditambah rasa vanila)
2 sdm rum (atau jus)
375 gram puff pastry instan
sedikit air
sedikit gula halus

Bahan Isian

350 gram krim
150 gram yogurt
2 sachet gelatine
40 gram gula pasir
1 sdm gula vanila

Bahan Topping


200 gram Whipping krim cair
Pastry krim secukupnya
Gula sesuai keinginan
sedikit gula halus untuk taburan

Cara Membuat

  1. Masukan 750 gram buah plum yang sudah dipotong dadu ke dalam panci, tambahkan kayu manis, parutan kulit lemon, gula, perasan air lemon dan adas bintang.
  2. Aduk semua bahan dan panaskan diatas api sedang tanpa air. Untuk menghindari lengket, boleh menggunakan panci anti lengket.
  3. Siapkan mangkuk kecil dan masukan bubuk puding vanila dan rum lalu aduk rata hingga berbentuk pasta
  4. Tambahkan pasta bubuk puding ke dalam panci yang berisi bahan plum
  5. Aduk semua bahan hingga terkaramelisasi atau warna berubah agak merah gelap dan dinginkan
  6. Panaskan oven pada suhu 200 derajat celcius
  7. Siapkan lembaran puff pastry dan potong lingkaran menggunakan loyang bulat atau berdiameter sekitar 22 - 24 cm. Buat dua buah lingkaran.
  8. Adonan puff pastry yang sudah dibentuk lingkaran, dibagi menjadi 12 bagian menggunakan rolling cutter atau pisau tajam. Sementara adonan bulat satu lagi biarkan bulat jangan di potong.
  9. Olesi dengan air dan taburkan sedikit gula
  10. Panggang adonan pada suhu 200 derajat celcius selama 15 - 20 menit atau adonan mengembang dan berwarna coklat keemasan
  11. Membuat isian dengan cara siapkan whipping cream cair dan pastry cream lalu kocok menggunakan mixer.
  12. Tambahkan gelatine dan gula lalu mixer hingga mengembang
  13. Siapkan puff pastry yang berbentuk bulat utuh, tambahkan diatasnya adonan plum hingga rata menutupi puff pastry
  14. Lalu tambahkan isian cream hingga rata menutupi alas plum
  15. Dinginkan selama 1-4 jam dalam lemari es hingga agak keras
  16. Setelah dingin, semprotkan menggunakan spuit sisa isian cream mengelilingi adonan lalu letakan puff pastry yang sudah dipotong satu persatu diatas isian cream spuit secara miring hingga semua topping ditutupi potongan puff pastry.
  17. Beri aksen spuit cream di tengahnya.
  18. Taburi dengan gula halus.

Kesimpulan


Baru intip dan menulis resepnya saja saya sudah ngiler. Kebayang gak sih lumernya puff cream dan renyahnya pastry di mulut? Duuuh auto pengen cepet - cepet rebaking deh.

Pastry dengan isian cream memang sulit dihindari ya, apalagi menjadi hidangan istimewa ulang tahun atau perayaan istimewa lainnya seperti resep Zwetschgenkuchen misalnya.

Untuk mom yang memiliki usaha kuliner bisa banget menghadirkan Friesentorte  sebagai bagian dari menu list yang termasuk kue tart ulang tahun atau pernikahan. Pastinya menarik dan bakal banyak yang suka. 

Selamat mencoba!

Referensi :
https://de.wikipedia.org/wiki/Friesentorte
https://spoonfulsofgermany.com/2016/08/16/german-baking-in-america/olympus-digital-camera-70/
https://www.chefkoch.de/rezepte/456851138780085/Friesentorte-mit-Pflaumenmus.html
https://www.youtube.com/watch?v=_5iMUwmsGEg
https://www.youtube.com/watch?v=f8ogoQY7BwY

1 komentar