mamajokaa food blogger bandung

Resep Knieküchle, Donat Goreng Khas Austria Dengan Bentuk Unik

Resep Knieküchle, Donat Goreng Khas Austria


Percaya gak kalau saya bilang donat itu punya banyak varian bentuk dan rasa? Percaya lah ya, wong sudah ada Bomboloni, Krapfen, Chorus, dan gak kalah unik adalah donat khas Austria yaitu Knieküchle.

Pertama kali melihat bentuk Knieküchle, saya auto keinget kue kue apem selong sih. Tahu kan kue kue apem selong? Biasanya berwarna hijau dengan bentuk seperti gunung dengan kerak melingkar ke dalam di bagian dibawahnya.

Nah, si Knieküchle juga memiliki bentuk yang sama bedanya dia itu donat. Wah penasaran kan dengan gimana sih cara bikin Knieküchle? Yuk baca selanjutnya untuk tahu resep Knieküchle, donat goreng khas Austria!

Knieküchle Adalah


Dikutip dari Wikipedia, Knieküchle adalah Pastry khas Austria yang sangat populer di Old Bavaria , Franconia , Austria Barat , South Tyrol dan Thuringia .

Knieküchle sebenarnya adalah donat Eropa sama halnya dengan Bomboloni yang mempunyai beberapa nama lain bergantung pada wilayahnya, termasuk Auszogne ​​(atau Ausgezogene ), Krapfen , Küchl , Nudel , Rottnudel dan Schmalznudel. Di Austria sendiri Knieküchle juga memiliki nama lain yaitu Bauernkrapfen, Kiachl atau Auszogne.

Knieküchle Terbuat Dari Apa


Knieküchle biasanya dibuat dari adonan ragi tetapi yang pada beberapa resep ditambahkan kismis dan adonannya dibentuk sangat tipis di bagian tengah dan lebih tebal di bagian tepinya tapi ada juga yang dibuat seperti kue apem selong yang menggunung di bagian tengah, tetap tipis di pinggirannya dan melengkung ke dalam.

Pada resep aslinya, Knieküchle di goreng menggunakan lemak babi yang mendidih lalu ditaburi gula atau icing sugar dengan toping selai aprikot , selai lingonberry , atau asinan kubis.

Ofkors, kita gak bisa ya menggunakan lemak babi untuk menggoreng jadi untuk replace lemak babi kita bisa menggunakan minyak zaitun atau bunga matahari.

Knieküchle adalah
Donat goreng khas Austria, Knieküchle 



Asal Usul Knieküchle


Nama Knieküchle berarti "knee cake” atau kue lutut, aneh bukan? Hal ini dikarenakan dalam proses pembuatannya pada jaman dulu adonannya dibuat dengan cara meregangkan adonan hingga lutut.

Seperti yang diceritakan sebuah legenda terkait asal usul Knieküchle dimana Knieküchle diambil dari teknik membuat adonan goreng yang dilakukan oleh Franconia yang merupakan seorang pembuat roti yang meregangkan adonan hingga menutupi lutut agar adonan menjadi sangat tipis hingga hampir tembus pandang.

Pada resep aslinya, Knieküchle disebut Ausgezogene Krapfen (secara harfiah berarti donat yang ditarik ) dimana donan tidak memiliki topping apapun dan hanya hanya dibentuk.

Resep Knieküchle Asli Austria


Resep Knieküchle saya kutip dari copymethat.com dimana resepnya boleh di share ulang selama yang membagikan sudah menjadi member, dan saya sudah menjadi member. Jadi sah ya, hehehe.

Sebelum membuat adonan, pastikan untuk menyiapkan ragi instan dan diaktifkan hingga mengembang agar tekstur Knieküchle ringan dan lembut. Trik lainnya adalah mencampur minyak goreng dengan mentega agar minyak tidak menghitam atau berjelaga.

Bahan - Bahan

1 bungkus Ragi
3 sdt gula
3 sdt ragi aktif kering
4 cangkir tepung serbaguna
Sejumput Garam
4 sdm mentega lunak
2 butir telur
2 cangkir Susu
Minyak goreng

Cara Membuat

  1. Menyiapkan larutan ragi, yaitu panaskan susu lalu masukan kedalam mangkuk lalu tambahkan gula dan ragi, aduk perlahan dan tutup lalu diamkan selama 10-15 menit agar ragi aktif.
  2. Setelah 15 menit, tambahkan tepung, garam, mentega dan telur ke dalam campuran susu dan ragi.
  3. Uleni adonan hingga kalis lalu tutup dengan plastik wrap dan diamkan hingga mengembang dua kali lipat.
  4. Setelah adonan mengembang pindahkan ke permukaan yang bersih dan sudah ditaburi tepung.
  5. Bagi adonan menjadi dua, lalu masing-masing bagian menjadi dua lagi dan seterusnya hingga tersedia 16 bagian
  6. Bentuk bagian-bagian adonan menjadi bola-bola dan jajarkan diatas meja kerja lalu olesi dengan sedikit minyak agar tidak mengering.
  7. Tutup semua adonan yang sudah dibentuk dengan plastik dan handuk dan biarkan mengembang dan diamkan selama 20 menit hingga mengembang
  8. Panaskan minyak secukupnya
  9. Bentuk adonan menggunakan ibu jari, tekan bagian tengah hingga adonan terbentuk cekungan
  10. Goreng dengan bagian yang menjorok menghadap ke bawah terlebih dahulu, lalu balik untuk menggoreng bagian yang rata
  11. Goreng sampai berwarna coklat keemasan dan letakkan di atas tisu atau rak pendingin.
  12. Taburi dengan gula halus atau sebagai variasi bisa diberi topping selai, krim atau Nutella .

resep Knieküchle
Resep Knieküchle 


Kesimpulan


Ternyata, resep Knieküchle ini tidak jauh berbeda dengan resep Bomboloni dan bahkan memang mirip dengan resep donat goreng yang biasanya saya buat. Perbedaannya hanya terletak pada susu.

Kecuali dengan resep Krapfen ya, meski sama-sama donat di goreng tapi Krapfen menggunakan rum atau wiski, ekstrak vanilla dan kulit jeruk lemon yang membuatnya memiliki rasa khas yang berbeda dengan jenis donat Eropa lainnya.

Tidak sulit membayangkan bagaimana rasa Knieküchle ini ya, tapi unik juga bukan menikmati donat dengan bentuk unik? Seunik resep Kipferl yang digadang-gadang nenek moyangnya Croissant.

Selamat mencoba resep Knieküchle Austria kali ini ya!

Referensi :
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Kniek%C3%BCchle
https://www.craftbeering.com/bavarian-donuts-ausgezogene-krapfen/
https://www.copymethat.com/r/fSIRK7CoJ/kniekuchle-ausgezogne/
https://ilovegermanfood.com/recipes/kniekuechle/

Posting Komentar