mamajokaa food blogger bandung

Resep Krapfen, Bomboloni Khas Austria yang Mudah Dibuat

Resep Krapfen, Bomboloni Khas Austria


Pertama Kali melihat penampakan Bomboloni saya kira itu adalah donat bulat, tapi ternyata ada namanya yaitu Bomboloni. Tapi soal rasa dan tekstur memang tidak jauh berbeda dengan donat ya terlebih teknik membuatnya sama-sama di goreng.

Perbedaan Bomboloni dan donat tentu saja pada bentuk dan isian dimana donat berbentuk menyerupai ring sememtara Bomboloni bulat dengan isian coklat atau cream pastry.

Bomboloni, adalah pastry khas Eropa dimana semua negara Eropa memiliki ciri khas Bomboloni yang berbeda. Salah satunya adalah Krapfen yang merupakan The Mother of Bomboloni yang menjadi cikal bakal munculnya Bomboloni di seluruh daratan Eropa.

Austria sendiri memiliki jenis Krapfen yang unik dan khas yaitu Fasching Krapfen yang selalu hadir di acara festival di Austria setiap tahun. Penasarankah Mom dengan resep Fasching Krapfen? Yuk baca selanjutnya.

Asal Mula Krapfen


Menurut beberapa sumber, Krapfen berasal dari daerah Trentino Alto-Adige yang merupakan sebuah wilayah otonom di Italia utara yang awalnya masuk wilayah kekuasaan Austria. Maka tidak mengherankan jika Krapfen lahir dari kombinasi pastry Italia dengan pengaruh Austrian dan Bavarian yang muncul di Graz, Austria, tempat krapfen disiapkan secara tradisional dan dijual di jalanan selama karnaval sejak tahun 1600-an.

Namun, menurut German food guide, Krapfen berasal dari Romawi pada abad ke-2 SM yang berasal dari Krapfen berlapis madu. Krapfen kemudian ditemukan pada variasi menu biara pada abad ke 1200-an yang disebut "Craphun" yang disajikan selama masa Prapaskah.

Wikipedia berkata lain, Krapfen Austria berbeda dengan Krapfen Jerman dimana Krapfen Jerman disebut Berliners yang merupakan Krapfen berisi jeli.

Fasching Krapfen
Fasching Krapfen

Asal mula Berliners berawal pada tahun 1485 dimana terdapat sebuah buku masak berbahasa Jerman yang diterbitkan dalam bentuk cetakan Kuechenmeister dan diterbitkan di Nuremberg. Buku masak tersebut dicetak sampai tahun 1674 hingga mencapai 20 edisi dan diterjemahkan ke dalam bahasa Polandia pada tahun 1532.

Buku masak tersebut memuat berbagai macam resep kuliner dan pastry termasuk salah satunya adalah resep donat jeli yang disebut Gefüllte Krapfen. Namun versi cerita ini masih diragukan apakah memang sesuai sejarah atau inovasi dari penulis buku masak tersebut.

Kisah lain berkata berdasarkan legenda terkenal di Jerman pada tahun 1800-an dimana seorang pembuat roti patriotik dari Berlin yang merupakan seorang pembuat roti resimen, memanggang donat dengan cara kuno, yaitu menggorengnya di atas api terbuka.

Bahan Krapfen


Krapfen merupakan donat Eropa pertama yang muncul di dunia kemudian munculah inovasi berbagai macam jenis donat di negara lain.

Krapfen dibuat menggunakan bahan adonan beragi yang digoreng hingga berwarna keemasan dengan tekstur renyah di luar, namun lembut di dalam.

Karpfen memiliki isian coklat, selai, puding vanila dengan aneka variasi topping seperti taburan gula kasar atau coklat.

Toko Roti dan Kue Terbaik di Austria Dengan Krapfen terbaik Di Dunia ( Taste Atlas )

Menurut pakar makanan terbaik di dunia, Austria memiliki toko kue dan roti yang menyediakan Krapfen terbaik di dunia yaitu :
  • Groissböck - Vienna, Austria
  • Ströck - Vienna, Austria
  • Aida - Vienna, Austria
  • Demel - Vienna, Austria
  • Oberlaa - Vienna, Austria
  • Franz Felber & Co. - Vienna, Austria
  • Der Mann - Vienna, Austria
  • Jindrak - Linz, Austria
  • Brandalm - Ramsau am Dachstein
  • Szihn - Vienna, Austria
  • Holzofenbäckerei Gragger & Cie - Vienna, Austria

Jika Mom berkesempatan mengunjungi Austria, jangan sampai terlewat mengunjungi toko kue dan roti diatas ya dan berbagi pengalamannya di kolom komentar.

Toko kue di Austria yang terkenal dengan krapfen terbaik di dunia
Toko kue di Austria yang terkenal dengan krapfen terbaik di dunia


Resep Krapfen Original Khas Austria


Di Austria, Krapfen kerap hadir di acara festival tahunan. Krapfen Austria yang kerap hadir di acara festival adalah Fasching Krapfen yang memiliki karakter mirip dengan Berliners. 

Mengapa disebut Fasching Krapfen? Karena memang nama festivalnya adalah Faschingsdienstag, atau Shrove Tuesday yang kerap diselenggarakan di Austria, Jerman dan Switzerland pada bulan Februari setiap tahunnya.

Faschingsdienstag adalah sebuah karnaval dimana orang Austria mengenakan kostum yang penuh warna dan menonton parade dengan sajian pastry khas Austria yaitu Krapfen. dapat makan Krapfen, atau donat berisi selai sebanyak yang Anda inginkan.

Karnaval ini sebetulnya merupakan karnaval keagamaan Kristen dimana festival dilaksanakan pada hari sebelum Rabu Abu (hari Prapaskah pertama).

Resep ini saya kutip dari situs The Austrian National Tourist Office (austria.info) yang merupakan portal internet untuk promosi dan pengembangan pariwisata Austria.

Bahan - Bahan

  • 35 gram ragi
  • 85 ml susu dengan suhu kamar
  • 100 gram tepung serba guna atau bebas gluten untuk proses peragian
  • 3 butir kuning telur
  • 1 butir telur utuh
  • 45 gram gula putih
  • 2 sdm rum atau wiski
  • 1 sdt ekstrak vanilla
  • 1 buah kulit jeruk lemon
  • 290 gram cangkir tepung serba guna atau bebas gluten untuk adonan Krapfen
  • 80 gram mentega suhu kamar
  • 8 gram garam
  • Minyak untuk menggoreng
  • Selai aprikot
  • Gula icing

Cara Membuat

  1. Membuat adonan awal dengan mencampur ragi, susu, dan tepung serbaguna lalu bungkus dengan plastik lalu proofing selama 1-2 jam pada suhu ruang.
  2. Campur kuning telur, telur, gula, rum, vanilla bean, dan kulit lemon dan adonan awal
  3. Jika menggunakan mixer, gunakan kecepatan sedang
  4. Di tengah proses pencampuran, tambahkan mentega dan garam lalu aduk selama 4-5 menit hingga adonan kalis
  5. Setelah adonan kalis, potong adonan kecil - kecil seukuran 50 gram lalu bentuk bola-bola dan tekan rata
  6. Letakan semua adonan yang sudah dibentuk di atas nampan lalu taburi dengan terigu dan tutup dengan handuk atau lap.
  7. Proofing adonan selama 1-2 jam hingga ukurannya 2x lipat lebih besar
  8. Siapkan wajan dan minyak goreng, panaskan lalu goreng adonan satu per satu hingga berwarna coklat keemasan selama kurang lebih 3 menit di satu arah dan balik untuk menggoreng sisi satu lagi.
  9. Setelah di goreng, angkat dan dinginkan
  10. Setelah dingin, lubangi bagian tengah sisi Krapfen dan isi dengan isian apricot atau jika tidak ada boleh selai atau coklat
  11. Taburi bagian atas Krapfen dengan gula halus atau icing sugar
Catatan :
Penggunaan rhum atau whisky boleh di skip mengingat nilai ke non-halal nya.

resep krapfen austria
Resep Krapfen Austria Original

Kesimpulan


Ternyata, membuat Krapfen Austria tidak jauh berbeda dengan membuat Bomboloni ala Luvita Ho. Berbeda di penggunaan jenis tepung ya, dimana Bomboloni Luvita Ho menggunakan dua jenis tepung yaitu terigu protein tinggi dan sedang yang dicampur. Selain itu, Luvita Ho juga menggunakan susu dingin.

Begitu juga dengan Bomboloni Italia yang sama-sama menggunakan kulit jeruk dalam resepnya namun untuk Bomboloni Italia tidak menggunakan Rhum.

Saya kira, kulit jeruk memberikan aroma khas yang berbeda dengan Bomboloni lokal ya. Wahh layak di coba nih resep Fasching Krapfen Austria original ini. Caranya mudah ya hanya perlu sabar menunggu selama proses proofing. Tapi apakah semudah bikin Topfenstrudel Austria? Waahhhh perlu di cek and ricek ya Mom, hehe.

Referensi : 
https://www.tasteatlas.com/krapfen
https://en.wikipedia.org/wiki/Krapfen_(doughnut)
https://id.wikipedia.org/wiki/Selasa_Gemuk
https://www.thelocal.at/20160209/all-you-need-to-know-about-faschingskrapfen
https://www.austria.info/en/things-to-do/food-and-drink/recipes/faschingskrapfen
https://www.germanfoodguide.com/sweetdetail.cfm?sweet_nr=48
https://www.zeusiba.com

Referensi Foto :
https://rove.me/to/austria/fasching
https://ilovegraz.com/2020/02/24/carnival-parade-faschingszug-in-graz/
https://www.tv21.at/l/deutsch-wagram-25-faschingsumzug/

Posting Komentar