mamajokaa food blogger bandung

Resep Linzer Torte Original, Mudah Anti Ribet

Resep Linzer Torte Original, Mudah Anti Ribet

Berburu pastry di jajanan pasar atau toko kue dan roti selalu menyenangkan, karena pilihannya banyak banget. Semua jenis pastry, mostly ada sih ya seperti Eclair, Bomboloni dan Cumcum Vla, tapi juga tersedia kue mini pie isi buah atau selai strawberry.

One bite of happiness, begitulah istilah yang saya sematkan pada pastry-pastry di toko kue terutama mini pie. Tapi, saya juga penasaran dong dengan the real size of pie itu kayak gimana rasanya terlebih pastry pie khas Austria yaitu Linzer Torte.

Daripada penasaran, yuk bikin Linzer Torte asli yang disadur dari manuskrip Countess Anna Margarita Sagramosa tahun 1653 namun menggunakan bahan lokal yang mudah ditemukan di marketplace atau toko bahan kue.

Linzer Torte Itu Apa


Dikutip dari Wikipedia, Linzer Torte adalah pastry tradisional Austria yang termasuk pastry roti yang terbuat dari tepung, mentega tawar , kuning telur , kulit lemon, kayu manis, jus lemon, hazelnut/almond lalu ditutup dengan isian red currant , raspberry , atau selai aprikot dengan taburan buah-buahan dan irisan kacang dengan desain kisi di atasnya.

Nama Linzer Torte sendiri diambil dari nama sebuah kota di Austria yaitu kota Linz sementara torte berarti kue dalam bahasa Jerman. Linzer torte merupakan “kue lebaran”-nya Natal di Austria, Swedia, Jerman dan beberapa negara Eropa lainnya. 

linzer torte adalah
Linzer Torte, pastry khas Austria


Sejarah Linzer Torte


Torte Linzer adalah pastry tertua Austria yang resepnya tercatat sudah ada sejak tahun tahun 1653, dimana resep Linzer Torte ditemukan dalam manuskrip masakan Countess Anna Margarita Sagramosa di Austria.

Penemuan lain juga ditemukan pada buku resep di Vienna Stadt- und Landesbibliothek pada tahun 1696 milik seorang pembuat manisan asal Austria, Jindrak , yang terkenal dengan linzer torte nya, menelusuri kue tersebut hingga tahun 1696.

Kemunculan Linzer Torte memiliki banyak versi, salah satunya adalah bahwa Linzer Torte dibuat oleh seorang pembuat manisan dari Wina bernama Linzer seperti yang dinyatakan oleh Alfred Polgar dan pastry chef Franconian Johann Konrad Vogel (1796–1883), yang memulai produksi massal kue di Linz sekitar 1823.

Berikut timeline versi lengkap sejarah Linzer Torte yang dikutip dari situs linzertorte.jimdofree.com, yaitu : 
  • 1653 : Countess Anna Margarita Sagramosa dari Carniola, menikah di Verona, menuliskan empat resep Linzer Torte di buku masak tulisan tangannya. Dokumen tertua ini ditemukan di Perpustakaan Admont Abbey pada tahun 2005.
  • 1718 : Resep cetak pertama untuk “Lintzer-Taiges yang enak dan manis” muncul di “New Saltzburg Cookbook” oleh Conrad Hagger.
  • 1700 - 1850 : Masa kejayaan Linzer Torte. Banyak variasi yang berkembang, baik dari segi rasa maupun tampilannya. Resep disertakan di hampir semua cetakan buku masak awal di Eropa.
  • 1823 : Johann Conrad Vogel (1796 - 1883) menikah dengan seorang bisnis gula-gula di Linz dan berkontribusi pada distribusi kue yang luas dengan resep kue Linzer dan kecerdasan bisnisnya. Ia bahkan dianggap sebagai penemunya sejak lama.
  • 1842 : Linzer Torte disebutkan pertama kali dalam laporan perjalanan: oleh Johann Georg Kohl dalam "Journey from Linz to Vienna", yang diterbitkan di Dresden pada tahun 1842.
  • 1855 : Franz Hölzlhuber (1826 - 1898), pelukis, penyanyi dan penyair dari Steyr (Austria Hulu), memperkenalkan Linzer Torte ke Amerika (Milwaukee, Wisconsin).
  • 1900 : Ernst Wildenbruch (1845 - 1909) mengabadikan kue tersebut dalam "Lagu Pujian untuk Linzer Torte". 
  • 1927 : Satiris Wina Alfred Polgar (1873 - 1955) masih menimbulkan kebingungan hingga saat ini dengan pernyataannya bahwa Linzer Torte sebenarnya diciptakan oleh "tukang roti Wina bernama Linzer"
  • 1944 : Operet “Linzer Torte” akan tayang perdana pada 26 Mei di Linzer Landestheater. Musiknya dibuat oleh Ludwig Schmidseder, aktornya adalah Ignaz Brantner dan Hans Gustl Kernmayr.
  • 2009 : “Hari Linzer Torte” pertama berlangsung di Linz. Sejak saat itu, acara yang berisi kompetisi membuat kue, pertunjukan membuat kue, dan penampilan para pecinta kue ternama ini telah menjadi acara rutin di akhir musim gugur

sejarah linzer torte
Sejarah Linzer Torte

sejarah perkembangan linzer torte
Sejarah perkembangan Linzer Torte


Resep Linzer Torte Asli Austria


Resep Linzer Torte dalam artikel ini adalah resep yang disadur dari Taste Atlas yang menyatakan bahwa resep tersebut diadaptasi dari manuskrip Countess Anna Margarita Sagramosa tahun 1653 yang merupakan resep torte Linzer yang paling awal diketahui.

Resep asli Linzer Torte menggunakan bahan utama almond dan isian selain manis hanya dimasukkan ke dalam sepertiga adonan. Setelah dipanggang Linzer Torte harus dibiarkan matang selama dua hari.

Dalam resep ini, isian menggunakan selai quince yang merupakan selai buah Quince atau Cydonia oblonga .yang dimasak dengan kadar gula rendah atau madu rendah yang dibuat dengan Pektin. Sangat mudah menemukan selai quince di marketplace. Kita dapat membeli di marketplace orange, hijau atau biru dengan merek :
  • Dalmatia Quince Spread Jam 30 gram dengan harga Rp 16.900
  • Ottogi Honey Quince Tea 1Lt dengan harga Rp147.000
Jika ingin mengganti selai Quince dengan selain strawberry, tentu saja boleh namun untuk penggunaan selain yang sesuai dengan resep asli Linzer Torte memang selai quince. 

Bahan - Bahan

  • 140 gram almond segar yang diparut, dikupas atau tidak
  • 140 gram mentega tawar
  • 140 gram mentega
  • 140 gram gula
  • 2 butir telur
  • 2 kuning telur
  • 300 gram tepung terigu protein rendah
  • Bumbu halus (kayu manis, cengkeh), secukupnya
  • Selai quince atau peach, sesuai kebutuhan

Cara Membuat

  1. Mixer mentega tawar dan mentega biasa hingga berbuih dan lembut
  2. Tambahkan almond dan telur utuh lalu mixer kembali
  3. Tambahkan kuning telur satu per satu dan campurkan gula.
  4. Tambahkan tepung
  5. Mixer adonan hingga konsistensi sedang, tidak terlalu keras atau terlalu lunak.
  6. Siapkan loyang kue pie, olesi dengan mentega atau carlo
  7. Masukkan 2/3 adonan kedalam loyang dan lapisi dengan selai quince dan taburan almond
  8. Tambahkan bumbu ke dalam sisa adonan
  9. Gulung dan gilas sisa adonan lalu potong horizontal persegi panjang dengan lebar 2-3 cm
  10. Tutup bagian atas adonan yang sudah dimasukan quince dengan sisa adonan yang sudah potong dan dibentuk tadi
  11. Panggang torte dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya pada suhu 175°C selama satu jam.
  12. Setelah dipanggang, diamkan hingga dua hari.

resep linzer torte asli
Resep Linzer Torte asli


Kesimpulan


Membuat Lizer Torte menggunakan resep aslinya ternyata sangat mudah, gak pake ribet dan bisa langsung jadi. Gak ada teknik khusus ataupun pelik. Hanya mixer dan campur adonan gak perlu kalis tapi yang penting konsistensinya pas, gak lembek dan gak terlalu keras. Terus masukin isian selai Quince, tutup dengan sisa adonan yang sudah dibentuk persegi panjang dan susun seperti motif berlian layaknya topping kue pie pada umumnya.

Mudah banget kan? Gak ada yang susah semudah resep Knieküchle yang merupakan “gorengan”nya Austria. Waahh, saya penasaran juga nih dengan si Knieküchle, hehehe. Nex article ya saya share resepnya.

Referensi :
https://whatscookingamerica.net/history/cakes/linzertorte.htm
https://www.tasteatlas.com/linzer-torte/recipe/original-linzer-torte-from-1653
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Linzer_torte
https://bakefromscratch.com/baking-school-in-depth-linzer-torte/
https://repository.unika.ac.id/16591/5/13.70.0146%20VICKY%20WIDIA%20YUSRINA%20%289.36%25%29.BAB%20IV.pdf?__cf_chl_tk=m_yP.zxknj_jSNzG.RgeGfE.gl8oiEkzFCguVSoNfKQ-1723118516-0.0.1.1-3945
https://www.wsj.com/articles/a-torte-so-delicious-its-a-special-occasion-11603396092

Referensi gambar manuskrip :
https://impleo.ca/linzer-tart-and-linzer-cookies/
https://www.oeaw.ac.at/acdh/oebl/biographien-des-monats/2016/august
https://eat2explore.com/blogs/news/the-history-of-austrian-linzer-cookies-a-holiday-tradition
http://www.hoio.ch/index-id=3349.html
https://www.iberlibro.com/Neues-Saltzburgisches-Koch-Buch-Hochf%C3%BCrstliche-andere-vornehme/22736921016/bd
https://www.oeaw.ac.at/acdh/oebl/biographien-des-monats/2016/august
https://de.wikipedia.org/wiki/Johann_Georg_Kohl
https://www.amazon.com/Reise-Linz-Classic-Reprint-German/dp/0266698859
https://botstiberbiaas.org/holzlhuber-america/
https://steyrerpioniere.wordpress.com/2011/06/07/franz-holzlhuber/
https://www.discogs.com/es/artist/1128309-Alfred-Polgar
https://en.wikipedia.org/wiki/Linz_State_Theatre
https://www.kelocks-autogramme.de/Film-TV-Musik/Musik/Musik-Autogramme-verstorbene/Ludwig-Schmidseder-1971-Komponist-Musik-Autogrammkarte-original-signiert-oxid.html
https://jenikirbyhistory.getarchive.net/topics/theatre+actors+from+germany
https://www.filmaffinity.com/en/name.php?name-id=237132049
https://www.austriadirect.com/linzer-torte/

19 komentar

  1. Jadul juga makanan yg satu ini. Kayanya enak ini kalo dibuat. Pengen coba buat jadinya, hehehj

    BalasHapus
  2. Jujur aku jadi ngiler pengen coba si Linzer Torte ini, kayaknya pas banget buat temen minum teh sore-sore ya. Nice article kak Eka, lengkap ada sejarahnya.

    BalasHapus
  3. Baru tau ada makanan bernama Linzer Torte. Ternyata dari Austria ya. Omong-omong apakah sudah ada kafe yang menjual Linzer Torte? Liat foto-fotonya jadi kepo sama rasanya.

    BalasHapus
  4. Saya sering banget lihat cake ini di kartun Masha and The Bear yang ada adegan Masha cegukan. Si setiap kotak yang memperlihatkan isian selainya ditaruh stroberi segar. Nah, saat Masha makan stroberi paling besar, dia mulai cegukan. Hehe..

    Sangat familiar tapi tidak tahu namanya. Apa mungkin itu Linzer Torte juga ya? Saking sudah menyebar, soalnya sudah 4 abad silam, di tanah air Masha juga sudah ada.

    BalasHapus
  5. Kelihatan banget enaknya, dan ini termasuk pastry ya ternyata. Cara buatnya juga terbilang mudah daripada bikin pastry croissant yang prosesnya bisa berjam-jam. Hehehe... pingin bikin juga ih di rumah. :D

    BalasHapus
  6. wah baru tahu tentang linzer torte ini dan jadi pengen euy. mantap banget mbak ini informasinya lengkap banget sampai ke sejarah kuenya juga ada

    BalasHapus
  7. Mbak, aku ngiler banget lihat Linzer Torte ini. Walaupun baru denger namanya, tapi udh kebayang sih rasanya bakal seenak pastry2 ala Eropa lainnya. Mana ada isiannya ya. Yummy!

    BalasHapus
  8. Jadi kepingin cobain Linzer Torte dari Australia ini nih! kayaknya enak dan gurih manis gitu ya.. apalagi juga kayaknya isiannya bisa diganti sama macam-macam rasanya nih.. enak banget!

    BalasHapus
  9. Masya Allah, lengkap banget ulasannya, keren risetnya... Pengen nyoba bikin juga deh, kabita liat fotonya...

    BalasHapus
  10. Wah, resep Linzer Torte ini kelihatan gampang banget! Jadi pengen coba bikin deh, apalagi pakai selai quince, pasti rasanya autentik Austria banget! 😋

    BalasHapus
  11. Resepnya terlihat mudah ya mbak...tapi kendala saya tidak punya mixer...apa bisa diganti dengan blender hehe

    BalasHapus
  12. Wah, baru denger namanya. Walaupun termasuk kue jadul tapi tampilannya kayak kue-kue kekinian, ya.

    BalasHapus
  13. Wahhh aku suka banget artikel kue2 begini... ada pengetahuan baru tentang dunia kue...
    Kenapa ya kue2 di eropa tuh suka nembus layar enaknya hahaha..
    Mau nyoba resepnya tapi aku ga jago baking huhu

    BalasHapus
  14. Kalau di awal-awal mungkin susah membuatnya ya. Namun, kalau udah terbiasa bakal mudah, dan makin lihai. Terlebih udah punya resep cantik ini

    BalasHapus
  15. Ternyata Linzer Torte ini tebal dan pastinya mengenyangkan yaa..
    Sejarah panjang menyebutkan kalau pastry ini memiliki rasa manis, namun tetap rendah gula yang berasal dari Wina dan diciptakan pertama kali oleh Linzer.

    Sebenernya..
    Semisal kita menggunakan nama kita sebagai hak paten makanan tuh sampai sejauh apa? Hanya bentukannya yang berbeda walau bahan dan isiannya mirip-mirip, bisa menumbuhkan varietas baru di dunia baking kah?

    **uda kayak nanyain skripsi anak biologi, si akuuu...
    Maappp.. penasaraan..

    BalasHapus
  16. Wah, saya selama ini sering makan tapi nggak tahu namanya
    Ternyata namanya Linzer Torte ya
    Ini enak banget dimakan sambil ngeteh atau ngopi cantik

    BalasHapus
  17. Ternyata bikin kue Linzer Torte ini sangat mudah ya kak kalo lihat versi aslinya. Mkn yg beredar skrg ya adaptasi sehingga ada pengurangan dan penambahan bahan sesuai wilayah. Tapi kalo bikin kue ini pas lebaran di Indonesia, bakal auto dikerubungin kali ya krn bentuknya unik. Dijamin orang sekampung nggak ada yang bikin ini. Lha emg ini kue Austria.

    BalasHapus
  18. paling seneng baca blog yang kontennya tentang masak-masak gini kadang aku praktikin juga, thanks

    BalasHapus
  19. Aduh jadi pengen recook deh.. pasti anak-anak doi rumah pada doyan soalnya pada suka makanan manis hehehe

    BalasHapus