mamajokaa food blogger bandung

Resep Topfenstrudel, Strudel Keju Austria Yang Enak Banget

Resep Topfenstrudel


Ngomongin keju gak akan ada habisnya sih karena saya cheese lover parah! Keju sudah menjadi moodbooster buat saya. Apalagi pastry dengan isian keju seperti Topfenstrudel.

Yes! Topfenstrudel adalah Strudel keju khas Austria dan dia  tuh pakai keju  khas Austria yaitu Quark.

Meski pada dasarnya Strudel memang berasal dari Austria. Namun, seperti halnya Bomboloni, Strudel juga merupakan pastry yang menyebar di daratan Eropa. Tidak hanya di Austria, Strudel juga memiliki ciri khas masing - masing di beberapa negara Eropa Lainnya.

Seperti apa sih Topfenstrudel Austria? Apa yang membedakannys dengan Strudel apel? Yuk baca selanjutnya resep Topfenstrudel Austria.


Topfenstrudel Adalah

fakta unik topfenstrudel
Fakta unik Topfenstrudel


Sebelum memahami apa itu Topfenstrudel, kenalan dulu dong dengan ibunya Topfenstrudel yaitu Strudel.

Dikutip dari Wikipedia, Strudel adalah pastry yang menjadi bagian dari kuliner khas Austria, Jerman dan negara Eropa tengah lainnya. Strudel terbuat dari phyllo pastry dengan isian apel yang sudah populer sejak abad ke-18.

Nama Strudel sendiri merupakan serapan dari bahasa Jerman yang berarti ' pusaran air ', namun strudel memiliki nama asli yaitu rétes.

Strudel diakui dunia dan para pakar makanan sebagai pastry dari Austria. Namun Strudel bukan makanan asli Austria melainkan berasal dari Arab Saudi yang menyebar ke wilayah Mesir, Palestina, Syria, hingga Turki.

Baklava ditengarai sebagai asal muasal Strudel yang merupakan pastry Turki dimana sejak tahun 1453 resep baklava Turki dibawa melalui selat Balkan ke Wina yang kemudian dimodifikasi menjadi Strudel.

Strudel paling terkenal diantaranya adalah Strudel apel (Apfelstrudel), Topfenstrudel (Austria ), Millirahmstrudel (strudel krim susu), Strudel ceri asam ( Weichselstrudel ), Strudel isi kacang (Nussstrudel ), strudel aprikot , strudel plum , strudel biji poppy ( Mohnstrudel ), Strudel Rhubarb, Strudel kismis dan lain sebagainya.

Resep Strudel tertua yaitu Millirahmstrudel dan strudel lobak ditemukan pada tahun 1696, dalam buku masak tulisan yang berada di Wienbibliothek im Rathaus dimana dalam buku tersebut dinyatakan bahwa strudel kemungkinan besar merupakan turunan dari börek dan baklava.

Jadi, sekarang sudah tahu kan Strudel itu apa? Dengan demikian kita akan lebih mudah memahami apa itu Topfenstrudel.

topfenstrudel adalah
Topfenstrudel, Strudel keju Quark khas Austria


Topfenstrudel adalah Quark strudel atau cheese strudel yang merupakan pastry khas Austria yang memiliki isian keju quark, gula, telur, dan vanila kemudian dibungkus dengan adonan pastry lembut dan dipanggang hingga berwarna coklat keemasan. Topfenstrudel kerap disajikan dengan saus vanila sebagai pendampingnya.

Bahan Utama Topfenstrudel

Lantas apa saja bahan utama Topfenstrudel? Apakah tersedia di marketplace, toko bahan kue atau supermarket di Indonesia? Berikut bahan utama Topfenstrudel yang harus ada namun jika tidak ada bisa di subtitusi dengan jenis serupa. 

1. Quark

Quark adalah jenis keju yang di Austria disebut Topfen. Maka tak heran jika Strudel Austria disebut Topfenstrudel.

Bagaimana Quark dibuat? Quark dibuat dengan cara susu sapi pasteurisasi dihangatkan perlahan dan ditambahkan sedikit rennet untuk memperkuat koagulasi susu dan menghilangkan lebih banyak whey, sehingga menghasilkan tekstur yang sedikit lebih kencang.

Susu kemudian dibiakkan dan didinginkan hingga suhu sekitar 21 °C selama 12 hingga 24 jam. Dadih susu hasil pembiakan di ambil perlahan dan dimasukan ke dalam saringan halus lalu ditiriskan selama 12-24 jam untuk menghasilkan keju Quark

Untuk membuat Topfenstrudel, kita bisa menggunakan quark yang tersedia di marketplace merek Elli plain quark. Namun sayangnya ketersediaan produk ini terbatas. Sehingga kita bisa menggantinya dengan keju Ricotta atau Mascarpone. Kedua jenis keju ini mudah ditemukan di marketplace.

2. Tepung Semolina


Setuju ya kita sama-sama baru mendengar jenis tepung Semolina. Ya, saya sendiri baru tahu loh ada jenis tepung Semolina. 

Berbeda dengan kebanyakan pastry atau bahkan Strudel itu sendiri, untuk resep Topfenstrudel didalamnya  menggunakan tepung Semolina.

Apa itu tepung semolina? Tepung semolina adalah tepung bergluten tinggi yang terbuat dari gandum durum keras dengan tekstur agak kasar dan berwarna kuning.

Penggunaan tepung semolina pada resep Topfenstrudel adalah untuk memberikan struktur yang lebih banyak pada isian topfenstrudel dan agar adonan isian mengental dan mengeras terlebih jika kita tidak menggunakan keju quark.

Tepung Semolina yang digunakan pada resep Topfenstrudel di artikel ini adalah 3 sdm, jadi kita bisa membeli tepung semolina di marketplace dengan gramasi ringan, seperti 100 gram atau 250 gram saja. Lebih hemat bukan? Tepung semolina tersedia di marketplace dengan berbagai merek seperti gambar dibawah ini.

3. Minyak Bunga Matahari


Minyak bunga matahari digunakan dalam resep Topfenstrudel sebagai campuran adonan kulit Topfenstrudel. Boleh diganti dengan jenis minyak lain? Boleh saja, tapi mungkin rasa akhirnya gak akan se-original Topfenstrudel Austria.

Selain itu, minyak bunga matahari ternyata punya fungsi luar biasa untuk membuat kue, bahkan digunakan dalam jumlah sedikit. 

Dikutip dari Bakerpedia, minyak bunga matahari adalah lemak cair dari biji bunga matahari yang diperas yang mampu memberikan kelembapan, kelembutan dan kelenturan serta membuat adonan elastis, mencegah basi dan memberikan rasa ringan tanpa mengganggu rasa pastry yang dipanggang.

Minyak bunga matahari tersedia di supermarket dengan berbagai merek seperti Mazola, Tropicana Slim, Borges, dan lain sebagainya.

4. Parutan kulit lemon organik


Parutan kulit keju unik sih, terlebih di beberapa resep pastry saya menemukan bahwa pastry Eropa mostly menggunakan parutan kulit jeruk lemon seperti Mille-Feuilles yang juga menggunakan parutan kulit jeruk.

Kegunaan parutan kulit lemon dalam resep Topfenstrudel adalah memberikan kesegaran aroma jeruk pada strudelnya. Oleh sebab itu maka memang sebaiknya menggunakan lemon organik mengingat yang digunakan adalah kulitnya. Lemon organik bebas dari pestisida sehingga kulit lemon aman digunakan sebagai bahan Topfenstrudel.

bahan topfenstrudel
Bahan utama untuk membuat Topfenstrudel Austria


Resep Topfenstrudel Menggunakan Bahan Lokal


Menurut tradisi Austria, Topfenstrudel paling nikmat dikonsumsi langsung. Namun jika situasi mengharuskan disimpan, maka Topfenstrudel dalam disimpan 1 hari setelah dibuat. Letakan Topfenstrudel dalam kondisi kering, suhu kamar dan dibungkus kertas alumunium. Jika ingin menghangatkan, gunakan oven bersuhu 180°C selama beberapa menit. Yuk simak, resep Topfenstrudel yang merupakan Strudel Austria

Bahan Adonan Phyllo

  • 150 gram Tepung serbaguna
  • sejumput garam
  • 3 sdm minyak bunga matahari
  • 80 ml air putih suhu kamar

Bahan Isian

  • 500 gram Keju Quark (jika tidak ada boleh di ganti Ricotta)
  • 2 Butir Telur
  • 80 gram Gula pasir
  • 3 sdm Tepung Semolina
  • ¼ sdt garam
  • Parutan kulit 1 buah lemon organik
  • ½ sdt ekstrak vanila
  • 75 gram kismis

Bahan Tambahan

  • 75 gram mentega tawar
  • Icing sugar secukupnya

Cara Membuat Isian

  • Campurkan telur, gula pasir, quark, garam, tepung semolina, dan parutan kulit lemon dalam mangkuk.
  • Aduk hingga semua bahan tercampur rata, lalu tambahkan kismis dan ekstrak vanila.

Cara Membuat Kulit Phyllo Topfenstrudel

  1. Siapkan mangkuk untuk membuat adonan kulit Phyllo
  2. Masukan tepung serbaguna, garam, dan minyak minyak lalu aduk
  3. Secara perlahan tambahkan air
  4. Ketika adonan sudah tercampur dan bersatu, pindahkan adonan ke atas meja kerja yang sudah di taburi sedikit tepung.
  5. Uleni adonan selama kurang lebih 10 menit hingga kalis
  6. Bentuk adonan menjadi bola lalu proofing selama 30 menit.
  7. Sambil menunggu, siapkan meja kerja dan alas kain atau lap dapur bersih berbahan linen atau katun ukuran 60 x 80 cm secara horizontal.
  8. Lapisi seluruh kain dengan sedikit tepung.
  9. Setelah proofing, letakkan adonan di tengah-tengah kain lalu gulung ke dua arah dengan rolling pin hingga adonan berukuran sekitar 25 x 33 cm
  10. Regangkan adonan dengan menggunakan telapak tangan yang diletakkan di bawah adonan.
  11. Regangkan perlahan dan hati-hati menggunakan jari
  12. Jika adonan tidak sengaja sobek, tekan kembali
  13. Hentikan peregangan ketika adonan berukuran 40 kali 60 cm dan cukup tipis hingga pola kain yang menjadi alas adonan terlihat
  14. Lelehkan mentega
  15. Oleskan tipis-tipis mentega cair ke seluruh adonan dengan menyisakan batas 5 cm di sebelah kiri,
  16. Letakkan isian di atas ¼ adonan
  17. Tutup isian dengan menarik perlahan sisi kiri ke atas dan melewatinya.
  18. Potong bagian tepi yang tebal menggunakan gunting dapur.
  19. Tarik bagian bawah dan atas di atas isian
  20. Gulung strudel menggunakan handuk sebagai gendongan.
  21. Pindahkan strudel ke loyang dan pastikan sambungan lipatan harus berada di bagian bawah strudel.
  22. Tarik kertas roti agar strudel mendekati tepi loyang
  23. Lelehkan mentega lagi dan olesi Strudel secara merata.
  24. Panggang strudel selama 15 menit, keluarkan lalu olesi dengan sedikit mentega dan panggang kembali selama 15 menit. 
  25. Lakukan terus setiap 15 menit hingga sisa mentega habis dan strudel berubah warna kecoklatan
  26. Setelah matang, keluarkan Strudel dari oven dan diamkan selama 30 menit dan setelah hangat taburi dengan icing sugar

Kesimpulan


Sebagai pecinta keju sejati, sesungguhnya saya beneran penasaran sih dengan rasa keju Quark apalagi Topfenstrudel yang isinya full keju Quark. Meski diganti dengan keju Ricotta seperti di resep Canolli, saya tetap penasaran juga karena belum pernah nyobain keju Ricotta, wkwkwk.

Bagi saya pribadi, keju Anchor dan Edam buat cheese cake aja udah luar biasa rasanya, kebayang gak si keju ini melted di mulut dalam pastry Topfenstrudel? Duh nikmat surgawi!!!

Next, pengen ngulik Linzer Torte juga dong. Pastry khas Austria yang terkenal banget. Penasaran kan? Wait for the next article yaa!!

Referensi :
https://www.wien.info/en/dine-drink/viennese-cuisine/recipes/sweets-desserts/cream-cheese-strudel-343748
https://www.thespruceeats.com/easy-semolina-flour-substitute-4142772
https://id.wikipedia.org/wiki/Quark_(keju)
https://www.thespruceeats.com/what-is-quark-cheese-5085860
https://www.tasteatlas.com/topfenstrudel/recipe
https://mission-food.com/topfenstrudel-quark-strudel-cheese-strudel/
https://culinarycreationss.com/posts/topfenstrudel
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Strudel
https://www.rctiplus.com/news/detail/travel/4034504/mengulik-sejarah-strudel-kuliner-legendaris-hidangan-para-raja-berusia-lebih-3-abad

Posting Komentar