mamajokaa food blogger bandung

Instrumen Investasi yang Cocok untuk Generasi Sandwich

Investasi Online


Pernahkah kamu mendengar tentang generasi sandwich? Generasi sandwich atau sandwich generation adalah sebutan bagi mereka yang berada dalam situasi terhimpit dengan kebutuhan orangtua, diri sendiri, dan juga anak. Situasi terhimpit yang digambarkan seperti halnya sebuah sandwich ini tentu berpengaruh besar pada kondisi keuangannya. Di mana mereka mungkin tak akan bisa menabung, apalagi berinvetasi baik investasi online maupun tidak. Namun, benarkan demikian kondisinya?

Generasi Sandwich Sulit Investasi, Benarkah?


Kalau kamu mendengar ada yang mengatakan generasi sandwich sulit berinvestasi, perkataan ini tidak sepenuhnya salah. Melihat keadaan yang ada, generasi sandwich memang sulit untuk melakukan investasi. Dengan pengeluaran yang signifikan untuk kebutuhan harian, pendidikan anak, dan perawatan orang tua, dana yang tersisa untuk investasi sering kali minim atau bahkan tidak ada.

Selain itu, generasi ini juga harus menghadapi tekanan emosional dan waktu yang terbatas, yang semakin mempersulit perencanaan keuangan jangka panjang. Akibatnya, potensi untuk mengembangkan kekayaan melalui investasi menjadi lebih kecil, dan mereka cenderung fokus pada kebutuhan langsung daripada memikirkan pertumbuhan aset di masa depan.

Namun, meskipun generasi sandwich menghadapi banyak tantangan maupun kesulitan, peluang untuk berinvestasi tetap ada jika mereka mampu mengelola keuangan dengan bijak. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah memprioritaskan alokasi dana dan mencari cara untuk mengurangi pengeluaran yang tidak esensial. Misalnya, dengan membuat anggaran yang ketat dan disiplin, mereka bisa menyisihkan sebagian kecil dari pendapatan untuk investasi, seperti reksa dana atau saham.

Instrumen Investasi untuk Generasi Sandwich


Oleh karena adanya tanggung jawab besar untuk merawat dua generasi yang berbeda, generasi sandwich mau tak mau harus cermat dalam mengelola keuangan. Termasuk memilih instrumen investasi yang sesuai dengan situasi mereka. Berikut adalah beberapa instrumen atau contoh investasi bisa menjadi pilihan cerdas bagi generasi sandwich yakni:

1. Reksa dana


contoh investasi
Contoh investasi untuk generasi sandwich


Reksa dana adalah salah satu instrumen investasi yang fleksibel dan relatif mudah diakses dan caranya mengumpulkan dana dari investor-investor lalu manajer investasi profesional akan mengelolanya dalam berbagai instrumen, bisa berupa saham, obligasi, atau pasar uang. Bagi generasi sandwich, reksa dana menawarkan kemudahan dalam diversifikasi dan potensi imbal hasil yang kompetitif tanpa harus secara aktif mengelola investasi mereka.

Keuntungan utama dari reksa dana adalah fleksibilitasnya. Generasi sandwich dapat memilih reksa dana yang sesuai dengan profil risikonya, apakah itu reksa dana pasar uang untuk keamanan lebih tinggi atau reksa dana saham untuk potensi pertumbuhan lebih besar. Dengan begitu, mereka dapat menyesuaikan investasi sesuai dengan kebutuhan keuangan jangka pendek dan jangka panjang.

2. Emas


Emas adalah instrumen investasi yang dikenal stabil dan tahan terhadap inflasi. Bagi kamu yang berada dalam posisi generasi sandwich yang mungkin cenderung menghindari risiko tinggi, emas bisa menjadi pilihan yang bijak. Nilai emas cenderung meningkat seiring waktu dan dapat menjadi pelindung nilai aset di tengah ketidakpastian ekonomi.

Selain itu, emas juga likuid, sehingga mudah dijual jika diperlukan dana darurat. Kamu dapat memanfaatkan emas dalam berbagai bentuk, seperti perhiasan, logam mulia, atau bahkan melalui produk investasi emas digital yang kini semakin populer. Secara umum tak hanya generasi sandwich saya yang bisa memanfaat investasi ini. Emas pun cocok untuk siapa saja yang mencari instrumen dengan risiko rendah dan berfungsi sebagai cadangan keuangan yang aman.

3. Surat Berharga Negara (SBN) Ritel


Surat Berharga Negara (SBN) Ritel, seperti Sukuk Ritel atau Obligasi Ritel Indonesia (ORI), adalah instrumen investasi yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia. SBN Ritel menawarkan keuntungan berupa imbal hasil yang kompetitif dan jaminan keamanan karena didukung oleh pemerintah. Bagi generasi sandwich, investasi dalam SBN Ritel dapat memberikan stabilitas dan kepastian pendapatan.

SBN Ritel juga menawarkan kemudahan dalam proses pembelian dan pencairan, serta dapat diakses dengan nominal investasi yang terjangkau. Imbal hasilnya yang tetap dan teratur menjadi keunggulan, terutama bagi generasi sandwich yang menginginkan pendapatan pasif untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga. Selain itu, berinvestasi dalam SBN Ritel juga berkontribusi pada pembangunan negara, sehingga ada nilai tambah dari segi sosial.

Satu hal yang paling penting adalah, bila berada dalam posisi generasi sandwich kamu harus memastikan punya tujuan investasi yang jelas sebelum terjun ke dunia investasi. Kamu juga mesti bisa menyesuaikan dengan jangka waktu serta keuntungan yang di dapat sesuai dengan tujuan keuanganmu.

Kesimpulan


Nah, supaya kamu bisa memilih dengan tepat instrumen investasi apa yang cocok untukmu, kamu bisa memanfaatkan investasi online yang aman untuk pemula, seperti Aplikasi digibank by DBS. Pasalnya digibank merupakan aplikasi yang cerdik yang membantumu menavigasi masa depan sehingga kamu bisa menjalani hidup dalam versi terbaikmu. Apalagi ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh dari berinvestasi di sini.

Kamu bisa melakukan personalisasi terhadap Alert Notifikasi sesuai dengan portofoliomu dan juga kondisi pasar terkini, baik lewat aplikasi digibank maupun email. Tak hanya itu saja, kamu juga bebas berdiskusi dengan digibank Advisor serta memperoleh rekomendasi strategi berinvestasi yang dipersonalisasi untuk kamu dan tentunya sesuai dengan profil risiko, tujuan investasi serta kondisi ekonomi saat ini.

Jika kamu ingin memperdalam ilmu investasi, manfaatkan Wealth 101 yang berisi lebih dari 100 artikel panduan berinvestasi, mulai dari tips mengawali investasi, edukasi prinsip berinvestasi yang baik, hingga pemaparan pandangan ekonomi dari pakar DBS untuk sinyal terkini.

Tersedia juga digibank Live & Learn, yaitu kelas-kelas investasi Bersama Pakar, yang terbuka untuk kamu sebagai nasabah maupun calon nasabah, memaparkan edukasi finansial maupun investasi terbaru.

Hadir dengan 150+ pilihan produk investasi terjangkau seperti Obligasi mulai dari 1 juta, Reksa dana mulai dari 100 ribu dan semuanya bisa dibeli, jual ataupun dialihkan dengan mudah hanya menggunakan 1 aplikasi.

So, gimana menurutmu? Jangan pusing dengan posisi terhimpitmu sebagai generasi sandwich ya, lebih baik segera mulai investasimu sekarang juga melalui investasi online Aplikasi digibank by DBS. Bila perlu informasi detail, kamu bisa cek langsung di sini!
Lebih lamaTerbaru

5 komentar

  1. Kak, aku awam soal ini. Di aplikasi digibank ini berarti tersedia banyak pilihan investasi yang langsung bisa dipilih dan diambil di situ, ya? Termasuk yang syariah juga?

    BalasHapus
  2. Kalo sudah dari DBS percaya banget kalo invest disini bakalan aman deh. Siap siap download dulu aplikasinya buat cari tau detailnya lagi

    BalasHapus
  3. Wah keren banget nih ada berbagai instrument investasi tersedia di satu pintu. Ini wajib invest

    BalasHapus
  4. Mindset kita sebenarnya sering keliru soal sandwich generation. Bagi saya, kondisi di mana kita harus menanggung adik dan ortu itu tidak bisa dihindari, karena memang sudah adanya bagitu.

    Lebih miris kalau orang tua tidak punya, tapi anak-anaknya juga tidak mampu secara finansial. Soalnya yang begitu juga banyak.

    Kalau kita ikhlas, jangankan investasi, rezeki tidak terduga bisa mengalir deras. Tidak hanya uang, tapi hal-hal non materi seperti kesehatan, kemudahan dalam mengurus anak-anak, kebahagiaan, dan lain-lain.

    BalasHapus
  5. Generasi sandwich memang lagi sering dibicarakan. Tugasnya nggak ringan. Jadi tumpuan keluarga. Maka perlu strategi tepat dalam hidupnya. Termasuk dalam hal investasi. Kalau aku sih tertarik emas karena salah satu sifatnya yang nggak terdampak inflasi (Mas Padil)

    BalasHapus