mamajokaa food blogger bandung

Granit Big Slab: 5 Permasalahan yang Sering Muncul dan Solusinya

permasalahan dan solusi pemasangan granit big slab


Setiap jenis keramik, tidak terkecuali granit big slab pasti memiliki kelebihan hingga kekurangannya sendiri. Dengan kondisi tersebut, tidak heran jika jenis keramik big slab bisa saja mengalami kerusakan atau permasalahan selama waktu pemakaiannya.

Secara umum, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan permasalahan pada granit berukuran besar ini bisa muncul, mulai dari kesalahan saat pemasangan hingga kesalahan tentang cara perawatannya.

Untuk Anda yang berencana menggunakan granit besar dengan ukuran 120 x 240 cm maupun 160 x 320 cm, artikel ini akan mencoba membahas tentang jenis permasalahan yang sering ditemukan ketika menggunakan keramik tersebut. Simak pembahasan lebih lanjutnya tentang topik tersebut pada poin-poin di bawah ini.

5 Masalah yang Sering Muncul pada Pemasangan Big Slab


Pemasangan keramik big slab perlu dilakukan dengan benar untuk meminimalisir terjadinya kerusakan dan juga permasalahan di kemudian hari. Meskipun demikian, munculnya permasalahan dalam penggunaan keramik terbilang wajar, terlebih jika jangka waktunya sudah lama. Ketika permasalahan tersebut muncul, Anda cukup mengatasinya dengan baik.

Beberapa masalah yang sering muncul pada pemasangan granit big slab antara lain yaitu sebagai berikut.

1. Permasalahan Granit yang Pecah


Granit yang pecah menjadi salah satu permasalahan pertama yang bisa Anda temukan dalam penggunaan keramik big slab.

Umumnya, granit pecah bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya tertimpa oleh barang dengan bobot yang berat, terdapatnya rongga di bawah keramik akibat kesalahan pemasangan, hingga metode pemasangan yang salah.

Setiap permasalahan pasti memiliki solusi. Untuk mengatasi masalah keramik granit yang pecah, maka tentunya Anda perlu melakukan pemasangan dengan hati-hati. Tidak hanya itu, sebaiknya Anda juga memasang granit dengan urutan pemasangan yang teratur.

Kemudian,untuk memastikan bahwa jenis keramik tersebut terpasang dengan sempurna, Anda bisa menggunakan perekat keramik big slab khusus.


granit big slab
Granit big slab



2. Permasalahan Granit yang Tidak Rata


Permasalahan berikutnya yang juga sering muncul dalam penggunaan big slab ialah permukaan granit yang tidak rata. Tentunya, hal ini bisa membuat Anda yang berjalan di atasnya menjadi tidak nyaman. Apabila kondisinya parah, pemasangan granit yang tidak rata ini juga bisa membuat Anda terjatuh.

Umumnya, permasalahan ini bisa muncul akibat kualitas dari granit itu sendiri yang tidak bagus. Tidak hanya itu, lapisan yang kurang rata juga bisa menyebabkan pemasangan granit ikut tidak rapi.

Untuk mencegah hal ini terjadi, sebelum pemasangan, Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa granit berukuran besar tersebut memiliki kualitas yang baik. Pastikan juga Anda melakukan tahapan pemasangan dengan tepat.

3. Permasalahan Nat yang Kotor


Nat yang kotor menjadi permasalahan berikutnya yang akan cukup sering ditemukan ketika menggunakan keramik big slab. Meskipun bukan sesuatu yang fatal, namun apabila didiamkan begitu saja, nat yang terlihat kotor akan membuat tampilan keramik menjadi terlihat tidak menarik dan juga menampilkan kesan yang tidak terawat.

Untuk mengatasi permasalahan ini, solusi yang bisa anda lakukan ialah dengan memilih produk untuk mengisi nat yang berkualitas. Kemudian supaya nat tidak cepat kotor, Anda perlu rajin membersihkannya.

Hindari juga pemakaian cairan pembersih lantai yang terlalu kuat, karena zat tersebut bisa mengikis produk yang mengisi nat dan membuat kotoran jadi menumpuk.

4. Permasalahan Granit yang Lepas


Meski kemungkinannya kecil, namun permasalahan keramik big slab yang lepas juga bisa saja ditemukan. Permasalahan ini bisa terjadi disebabkan karena teknik pemasangan yang salah, produk perekat keramik yang Anda gunakan kualitasnya buruk, hingga takaran campurannya yang kurang tepat.

Untuk mencegah permasalahan granit ini terjadi, maka Anda sebaiknya melakukan pemasangan keramik pada urutan terakhir. Hal ini dilakukan agar keramik granit big slab tidak rusak hingga lepas akibat pergerakan struktur.

Kemudian, pastikan Anda menggunakan produk perekat keramik yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan granit berukuran besar layaknya produk dari Sika.

5. Permasalahan Noda pada Granit


Satu lagi permasalahan ketika Anda menggunakan keramik big slab ialah munculnya noda maupun bercak. Beberapa hal yang mungkin menyebabkannya ialah terdapatnya pengendapan bahan kimia yang keras di permukaan granit.

Untuk mengatasinya, Anda perlu membersihkannya berulang kali. Namun, pastikan Anda tidak menggunakan cairan pembersih dengan kandungan kimia yang keras.

Kesimpulan


Ketika berencana menggunakan keramik granit dengan ukuran yang besar, pastikan Anda mempelajari segala sesuatunya dengan matang, termasuk teknik pemasangannya. Pasalnya, apabila tidak dilakukan dengan tepat, hal ini bisa saja memicu munculnya permasalahan.

Berdasarkan uraian di atas, beberapa permasalahan yang bisa saja muncul ketika Anda memutuskan untuk menggunakan keramik big slab ialah permasalahan granit yang pecah, granit yang tidak rata, nat yang kotor, granit yang lepas, hingga munculnya noda pada granit.

Salah satu solusi yang bisa mencegah permasalahan keramik tersebut ialah dengan menggunakan produk perekat keramik yang tepat. Apabila Anda berencana menggunakan keramik big slab dengan ukuran dengan ukuran 120 x 240 cm maupun 160 x 320 cm, produk yang bisa Anda andalkan yaitu SikaCeram®-255 Big Slab.

Dengan Anda menggunakan SikaCeram®-255 Big Slab, produk ini memiliki sifat deformabilitas, memiliki open time yang lebih panjang, aplikasinya mulus, dan bisa mengurangi selip vertikal. Hadir dalam kemasan 25 kg, produk Sika ini cocok digunakan untuk bangunan perumahan hingga komersial seperti hotel.

Sebagai bahan pertimbangan, Sika memiliki pengalaman selama 113 tahun. Selain berpengalaman untuk proyek dalam negeri layaknya MRT, Sika juga berperan dalam proyek internasional seperti salah satunya Mirador de Los Ocobos di Kolombia. Tidak hanya itu, Sika mencetuskan produk waterproofing semen pertama kali di Indonesia.

Jika Anda tertarik menggunakan granit big slab pada bangunan, maka Anda bisa mempercayakan perekat keramiknya dengan SikaCeram®-255 Big Slab. Informasi selengkapnya tentang produk-produk Sika bisa ditemukan di sini.

Posting Komentar