mamajokaa food blogger bandung

Apa Itu Profiterole dan Resep Profiterole Es Krim yang Mudah Dibuat

Apa Itu Profiterole dan Resep Profiterole Es Krim


Asyik nih membahas lagi choux pastry alias kue sus, tapi kali ini saya ingin tahu lebih jauh tentang Profiterole yang merupakan chou à la crème dari Perancis:

Terbayang sudah lembutnya kulit Profiterole dengan isian krim pastry yang lembut terlebih jika ditambah es krim, segar bukan? Yuk baca selanjutnya untuk tahu apa itu Profiterole dan resep Profiterole yang mudah dibuat.

Profiterole Itu Apa


Jadi, Profiterole termasuk jenis choux pastry atau kue sus yang juga dikenal sebagai krim puff di Amerika serikat. Profiterole adalah bola kue choux Prancis berisi isian yang biasanya manis dan lembab seperti krim kocok, puding, krim kue, atau es krim.

Profiterole adalah
Profiterole 

Apakah profiteroles dan cream puff itu sama?


Sama karena merupakan choux pastry namun berbeda karena Profiterole memiliki puff yang bisa dihias atau dibiarkan polos atau diberi hiasan dengan saus coklat, karamel, atau taburan gula halus.

Beberapa inovasi Profiterole bahkan terasa gurih dengan menambah isian daging dan keju. Inovasi Profiteroles manis bahkan memiliki isian es krim yang disajikan dengan taburan coklat ganache.

Sementara Cream puff memiliki isian krim (whipped cream atau pastry cream). Perbedaan lainnya adalah bentuk dimana Meskipun kadang-kadang disebut secara bergantian, ada perbedaan antara kedua kue tersebut.

Meskipun isiannya merupakan perbedaan terbesar keduanya, ada juga perbedaan antara krim puff dan profiterole dalam hal bentuk dan penyajiannya.

Puff krim biasanya berbentuk bulat dan montok, menyerupai awan kecil berwarna keemasan, dan isian krim pastry yang lezat membuatnya sedikit lebih berat di tangan. Ukurannya bisa sangat bervariasi tergantung pembuat rotinya. Puff krim yang lebih besar dari telapak tangan bukanlah hal yang aneh akhir-akhir ini.

Profiterol, berbentuk bulat dan cenderung sedikit lebih kecil dan ukurannya lebih seragam. Profiterol memiliki “wadah” yang memang dirancang agar bisa menampung es krim atau isian lainnya dalam jumlah yang cukup berat.

Profiterol juga kerap dijadikan tower (croquembouche) sebagai hidangan istimewa pada perayaan keagamaan dan pernikahan.

bedanya Profiterole  dengan kue sus
Bedanya Profiterole  dengan kue sus/Choux

Mengapa disebut profiterole?

Profiterole (dibaca : pro·​fit·​er·​ole prə-ˈfi-tə-ˌrōl) memiliki arti hadiah kecil (profit) dan menurut akar sejarahnya Profiterole kerap diberikan sebagai hadiah balasan ketika seseorang memberikan hadiah kepada kita.

Sejarah Profiterole


Membahas sejarah Profiterole tak akan lepas dari sejarah choux pastry itu sendiri dimana Kue sus krim pertama kali dibawa ke Prancis pada tahun 1500-an oleh koki pastry wanita bangsawan Italia Catherine de' Medici saat ia menikah dengan Raja Henry II.

Resepnya lantas disempurnakan pada awal tahun 1700-an oleh koki pastry Prancis Antoine Carême yang pada masa itu profiterole lebih dikenal dengan roti gulung kecil berongga yang diisi dengan campuran roti manis, truffle, dasar artichoke, jamur, potongan ayam hutan, burung pegar, atau aneka unggas, disertai hiasan.

Dikutip dari Wikipedia, François Massialot dalam Le Cuisinier royal et bourgeois (1698) memberikan beberapa resep sup profiterole, dengan isian ham cincang dan unggas di atas rebusan jamur, asparagus, dasar artichoke, jambul ayam, roti manis, dan truffle. Profiterole terbuat dari adonan roti.

Dan ternyata, Profiterole yang kita kenal sekarang yaitu menggunakan kue choux, dibuat pada abad ke-19.

Jules Gouffé dalam bukunya Livre de cuisine (1870) menjelaskan bahwa profiterole adalah kue choux berukuran kecil. Gustave Garlin dalam Le Cuisinier moderne (1887) juga menyebutkan profiterole yang diisi krim dan dilapisi coklat atau kopi, dikerjakan hingga halus dan mengkilat.

Resep Profiterole Es Krim yang Mudah Dibuat


Profiterole ice cream
Profiterole ice cream

Bahan utama untuk membuat Profiterole adalah bahan untuk membuat choux yaitu tepung, gula, garam, air, mentega, dan telur.

Begitu juga dengan cara membuat Profiterole yaitu dengan cara mengaduk adonan lalu dibentuk dengan cara memasukan adonan ke dalam piping bag dan dipanggang. setelah dingin diisi dengan aneka isian.

Penyajian paling umum dari Profiterole adalah menggunakan isian krim kue, krim kocok, atau isian es krim yang di atasnya diberi gula bubuk atau ganache coklat. Terkadang juga diberikan additional krim kocok dan buah.

Bahan - Bahan

  • 100 g mentega tawar
  • 1/2 cangkir susu krim penuh
  • 1 cangkir tepung terigu
  • 4 butir telur ayam 
  • 100g coklat hitam meleleh
  • 100 gr coklat susu meleleh
  • 100g coklat putih meleleh

Isi puding

  • 350 ml Es krim Neapolitan (Merk Campina atau Walls)
  • 1 1/2 cangkir krim kental
  • 900g Pauls French Vanilla Custard kental ganda

Cara Membuat

  1. Panaskan oven hingga 200°C
  2. Lapisi dua loyang besar dengan kertas roti.
  3. Lelehkan mentega dalam panci sedang dengan api sedang. Tambahkan susu dan air lalu didihkan
  4. Tambahkan tepung terigu, lalu aduk hingga adonan membentuk bola.
  5. Aduk terus menerus selama 3-4 menit atau hingga adonan terlepas dari sisi loyang dan terbentuk kerak tipis di dasar loyang. Kurangi suhu jika mulai berwarna coklat.
  6. Pindahkan adonan ke stand mixer listrik yang dilengkapi dengan paddle attachment. Atau uleni menggunakan tangan juga bisa.Uleni selama 5 menit dengan kecepatan rendah atau sampai campuran mendingin dan uap keluar. Tingkatkan kecepatan menjadi sedang dan tambahkan telur satu per satu, kocok rata di sela-sela penambahan, hingga adonan menyatu kembali. Lanjutkan mengocok selama 3-5 menit atau hingga adonan kental dan mengkilat.
  7. Jika menguleni menggunakan tangan, pastikan adonan sudah tidak lagi lengket
  8. Masukkan campuran ke dalam piping bag
  9. Basahi jari dengan air dan tepuk-tepuk bagian puncaknya dengan lembut hingga halus dan dibentuk menjadi bola.
  10. Masukkan kedua nampan ke dalam oven dan panggang selama 20 menit atau sampai berwarna keemasan.
  11. Keluarkan loyang dari oven dan turunkan suhu oven hingga 180°C/160°C.
  12. Dengan menggunakan tusuk sate, buat lubang kecil di bagian bawah setiap profiterole agar uap dapat keluar. Kembali ke oven dan panggang lagi selama 5 menit atau sampai kering dan keras saat disentuh. Biarkan hingga benar-benar dingin.
  13. Untuk membuat isian puding, kocok krim hingga kaku. Lipat melalui custard dan pindahkan campuran ke dalam piping bag bersih yang dilengkapi dengan nosel biasa 5 mm.
  14. Masukkan campuran custard ke dasar setiap profiterole untuk diisi.
  15. Tempatkan lelehan coklat ke dalam 3 mangkuk terpisah. Panaskan setiap mangkuk dalam microwave dengan suhu tinggi selama 1 menit, aduk setengahnya, hingga meleleh.
  16. Bagilah profiterole menjadi 3 bagian. Celupkan bagian atas setiap profiterole ke dalam coklat hitam leleh untuk melapisi, lalu ambil scoop es krim dan letakan es krim diatasnya. Bisa juga menggunakan sendok.
  17. Kembalikan ke loyang loyang dan dinginkan selama 5-10 menit atau sampai coklat mulai mengeras.
  18. Cara penyajian lain : Ganti isian krim dengan is krim lalu beli gouache coklat diatas profiterole

Kesimpulan


Terbayang ya segar, manis dan lezatnya profiterole. Terlebih menggunakan es krim Neapolitan yang beraneka rasa. Sangat cocok dihidangkan untuk keluarga,kerabat dan sahabat. Cara membuatnya juga mudah bukan? Ofkors bisa banget di rebake ya. Selamat mencoba!

Referensi : 
https://www.facebook.com/media/set/?set=a.728657587269910&type=3&comment_id=728910803911255&_rdr
https://endeus.tv/artikel/mengenal-profiterole-dan-cara-membuatnya-simak-di-sini
https://en.wikipedia.org/wiki/Profiterole
https://www.taste.com.au/recipes/profiteroles/9eac530f-0a1d-42cc-aba4-b38efb1926c7?nk=c4726b2b016a484bb9449bd2f096b497-1728155300
https://www.tastingtable.com/1420303/profiteroles-cream-puffs-difference/
https://www.rochambeauboston.com/news-item/the-history-of-profiteroles/
https://www.woolworths.com.au/shop/recipes/profiterole-tower?srsltid=AfmBOoqpSVmG3V-W8zkGCBo6uveKFg9My35YBjXYCZ-WgOxCiEZfIcg7

Posting Komentar