mamajokaa food blogger bandung

Operasi Lasik, Solusi Mengatasi Mata Silinder dan Plus

Operasi Lasik


Saya sudah mengidap mata silinder sejak usia 15 tahun hingga sekarang. Rasanya sangat tidak nyaman karena harus mengenakan kacamata. Terlebih sekarang dimana ketika saya melakukan pengecekan ulang, tidak hanya silinder tapi saya juga mengalami mata plus.

Mata silinder dengan atau tanpa mata plus, memang menjadi gangguan kesehatan yang menyebabkan kesulitan melihat suatu objek dengan jelas. Selain menggunakan kacamata, tahukah anda jika kini sudah ada solusi tepat dan efektif mengatasi mata silinder dan plus? Operasi lasik adalah jawabannya.

Bukankah operasi lasik untuk mata minus? Tidak! Operasi lasik dapat diterapkan untuk mengatasi semua jenis permasalahan mata, baik mata minus, silinder maupun plus. Yuk baca selanjutnya untuk mengetahui apa itu operasi lasik, tujuannya serta bagaimana prosedurnya.

Apa Itu Mata Silinder dan Mata Plus, Serta Penyebabnya

Gangguan Penglihatan Mata Silinder

Dikutip dari halodoc, mata silinder disebut juga astigmatisme yang merupakan gangguan penglihatan yang menyebabkan memiliki penglihatan kabur dari jarak dekat maupun jauh.

Astigmatisme dapat dialami oleh siapa saja tidak terbatas usia maupun jenis kelamin. Saya sebagai contohnya yang sudah mengidap mata silinder sejak usia remaja. Adapun ciri-ciri mata silinder adalah sebagai berikut:
  • Memiliki pandangan penglihatan kabur
  • Sering sakit kepala
  • Kesulitan fokus ketika menatap layar gadget seperti laptop dan smartphone
  • Kesulitan melihat cahaya saat malam hari atau kondisi ruangan redup
  • Kerap menyipitkan mata ketika melihat objek agar terlihat lebih jelas

Penyebab Mata Silinder

Menurut American Academy of Ophthalmology, mata silinder disebabkan oleh kelengkungan kornea atau lensa mata yang tidak teratur. Bila kornea atau lensa mata tidak melengkung secara merata, maka sinar cahaya tidak akan dibiaskan dengan benar. Hal inilah yang menyebabkan penglihatan dan pandangan menjadi kabur atau terdistorsi pada jarak dekat maupun jauh.

Intinya, mata silinder atau astigmatisme merupakan gangguan penglihatan yang disebabkan oleh ketidaksempurnaan bentuk kornea dan fokus cahaya pada retina.

Ciri - Ciri Pengidap Mata Silinder

  • Kesulitan membedakan kemiripan warna
  • Mengalami distorsi penglihatan, misalnya melihat garis lurus tampak miring
  • Kesulitan melihat saat malam hari
  • Pandangan jadi samar atau tidak fokus
  • Lebih sensitif terhadap sorotan cahaya
  • Sering menyipitkan mata saat melihat sesuatu

Gangguan Penglihatan Mata Plus


Mata plus atau rabun dekat merupakan kondisi gangguan mata dimana pengidapnya mengalami gangguan penglihatan melihat objek yang jaraknya dekat dimana objek terlihat buram atau tidak jelas.

Penyebab gangguan penglihatan mata plus adalah fokus cahaya yang masuk ke dalam mata tidak jatuh tepat di retina, tapi di belakang retina akibat bentuk bola mata yang terlalu pendek atau bentuk kornea maupun lensa mata yang tidak normal.

Umumnya mata plus dialami oleh mereka yang memiliki riwayat keluarga terutama orang tua yang menderita mata plus dan sudah memasuki usia 40 tahun. Wanita hamil, pengidap diabetes dan tumor juga lebih mudah mengalami gangguan penglihatan mata plus.

Apakah gangguan penglihatan mata silinder sama dengan mata plus? Jawabannya adalah berbeda.

Perbedaan mata plus dan silinder terletak pada posisi fokus cahaya di retina dimana mata plus, fokus cahaya berada di belakang retina, sehingga penglihatan jarak dekat kurang jelas.

Sementara mata silinder fokus cahaya terletak pada beberapa titik di retina secara bersamaan, sehingga pandangan kabur dan terdistorsi. Gangguan penglihatan mata silinder, dapat disertai atau tanpa mata minus dan plus tergantung pada kondisi kesehatan dan usia penderita.


mata silinder adalah
Definisi mata silinder dan mata plus

perbedaan mata silinder dan mata plus
Perbedaan mata silinder dan mata plus


Operasi Lasik, Solusi Efektif Mengatasi Mata Silinder dan Plus

Operasi lasik adalah salah satu solusi efektif dalam mengatasi gangguan penglihatan mata silinder dengan atau tanpa mata plus. Operasi lasik juga dapat digunakan untuk mengatasi mata minus.

Dikutip dari Wikipedia, Lasik (laser-assisted in situ keratomileusis) sering disebut juga dengan operasi laser, adalah operasi mata yang digunakan untuk mengobati rabun jauh, dekat, dan astigmatisme.

Operasi Lasik menggunakan sinar laser atau microkeratome untuk memperbaiki bentuk kornea mata untuk penderita rabun yang parah sebagai pengganti kacamata atau lensa kontak.

Sedangkan menurut halodoc, operasi lasik adalah pembedahan yang menggunakan laser untuk mengoreksi fungsi penglihatan mata yang bertujuan untuk memperbaiki kesalahan bias dengan membentuk kembali kornea.

Operasi lasik mengubah cahaya yang jatuh pada kornea dapat benar-benar fokus pada retina. Operasi lasik dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan gangguan penglihatan rabun dekat/mata plus (hipermetropi) dan mata silinder (astigmatisme) dan juga mata minus.

Kelebihan Operasi Lasik


Berikut beberapa hal yang menjadi kelebihan dari operasi lasik untuk mengatasi gangguan penglihatan mata silinder dan plus, yaitu :
  • Dapat mengatasi gangguan penglihatan mata silinder dan plus serta minus
  • Operasi lasik dapat mengatasi permasalahan penglihatan rabun jauh hingga -12 Dioptri, mata silinder +/- 6 Dioptri, rabun dekat hingga 8 Dioptre
  • Proses operasi lasik umumnya berlangsung selama 20 - 30 menit
  • Operasi lasik sangat minim rasa sakit karena sebelum prosedur operasi lasik dilakukan, pasien akan diberikan anestesi dalam bentuk tetes mata dan prosedur tidak melibatkan penggunaan jahitan
  • Proses recovery cepat dan mata akan kembali stabil hanya dalam beberapa hari pasca operasi lasik

operasi lasik
Definisi dan kelebihan dari operasi lasik


Kesimpulan


Kini anda tidak perlu risau lagi terkait bagaimana mengatasi gangguan penglihatan mata silinder dengan atau tanpa mata plus. Anda dapat melakukan operasi lasik yang merupakan prosedur operasi laser tanpa bedah untuk memperbaiki bentuk kornea mata.

Dengan operasi lasik, anda dapat memiliki penglihatan yang lebih jelas tanpa menggunakan kacamata ataupun lensa kontak.

Referensi :
https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/apa-itu-mata-silinder
https://www.halodoc.com/artikel/bedanya-mata-minus-dan-mata-silinder
https://www.alodokter.com/mata-plus-dan-cara-mengatasinya
https://id.wikipedia.org/wiki/Lasik
https://www.halodoc.com/artikel/cari-tau-manfaat-dan-resiko-lasik-mata
Lebih lamaTerbaru

Posting Komentar